100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Practical Tips, Topic of The Month

Tips Mensukseskan Resolusi Keuangan 2019

Good day semuanya! Semoga semuanya dalam keadaan baik dan sehat ya?!

Dua hari sudah kita melewati 2019, apa saja nih yang sudah dilakukan selama 2 hari belakangan? Apakah masih berkutat dengan resolusi yang mau dilakukan tahun ini? Atau sudah mulai memiliki tekad untuk mensukseskan resolusi keuangan tapi tidak tahu bagaimana memulainya?

Tenang saja, berikut tips mensukseskan resolusi keuangan 2019:

Rajin Mencatat. Langkah penting agar resolusi keuanganmu sukses adalah rajin mencatat pengeluaran. Memang mencatat pengeluaran sehari-hari merupakan aktivitas membosankan tapi percayalah, kamu hanya butuh melakukan langkah ini selama satu bulan. Sekarang sudah banyak aplikasi digital yang mempermudah kamu mencatat keuangan, jadi enggak ada alasan lagi kamu mengabaikan pencatatan pengeluaranmu. Kalau kamu merasa kesulitan untuk berkomitmen melakukan pencatatan pengeluaran selama sebulan penuh, coba deh lakukan 7 hari saja mulai dari hari Senin sampai Minggu, lalu kalikan 4 dan itulah kurang lebih pengeluaran yang kamu lakukan selama sebulan.

baca juga: 5 Pengeluaran Bulanan

Financial Check Up. Kamu pasti pernah melakukan medical check up dan biasanya sebelum mendapatkan hasilnya, kamu akan melakukan serangkaian tes yang direkam secara tertulis. Misalnya pengambilan sampel darah yang kemudian hasilnya tertuang di lembaran hasil check up. Hal ini sama juga dengan pencatatan pengeluaran sehingga kita bisa melihat kondisi finansial, apakah sehat atau perlu ditangani segera. Dalam financial check up, kamu bisa melihat kondisi aset (kas maupun harta lainnya) dan utang. Dari hasil financial check up, kamu bisa tahu kekuatan finansialmu. Misalnya, kalau kamu memiliki uang kas yang cukup besar sedangkan di sisi lain, utangmu juga banyak maka kamu bisa menyelesaikan utangmu dengan uang kas yang dimiliki.

baca juga: 3 Alasan Kamu Perlu Financial Check Up

Tujuan Lo Apa. Tips selanjutnya agar resolusi keuanganmu sukses adalah menentukan tujuan keuangan. Mulai dari tujuan keuangan yang sederhana seperti Dana Liburan. Menyenagkan sekali rasanya bisa berlibur ke destinasi impian tanpa berhutang dan menjadi bokek setelahnya lho! Apalagi mimpimu di tahun 2019? Menikah? Memiliki rumah atau apartemen? Yuk buat tujuannya, tentukan besaran nilai dan waktu pencapaiannya.

baca juga: Solo Travelling Around The World

Kebutuhan VS Keinginan. Memisahkan antara kebutuhan dari keinginan memang susah susah gampang. Terkadang apa yang kita pikirkan sebagai kebutuhan ternyata malah hanya keinginan semata. Lalu bagaimana caranya membedakan antara kebutuhan dengan keinginan? Mudah saja, sesuatu hanyalah keinginan apabila saat kamu tidak memilikinya tapi hidupmu baik-baik saja.

baca juga: Do You (Still) Have Shopping Problems?

Belajar tentang Keuangan. Kalau kamu merasa selama ini sudah berusah untuk mewujudkan resolusi keuangan bertahun-tahun lalu tapi selalu gagal? Mungkin sekarang saatnya kamu memakai jasa perencana keuangan profesional atau belajar keuangan secara mandiri melalui Financial Clinic Online Series (FCOS). QM Financial menyediakan beragam topic di FCOS, informasi lengkapnya bisa dilihat di event.qmfinancial.com

Semoga tahun ini resolusi keuanganmu berhasil!

-Honey Josep-

related article: Selamat Datang 2019!

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch