Hidup Nyaman Saat Pensiun? Yuk Rencanakan!

#QMTraining, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Event, Event Review, Financial Plan, Practical Tips, Training

Hidup Nyaman Saat Pensiun? Yuk Rencanakan!

Program Masa Persiapan Pensiun atau yang sering disebut dengan MPP diperlukan oleh setiap tenaga kerja baik itu aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMN maupun karyawan swasta. Karena ada beberapa hal yang kerap terjadi kepada para tenaga kerja menjelang masa pensiun seperti masalah mental, ekonomi maupun sosial. Permasalahan tersebut muncul karena kebanyakan dari mereka yang belum memiliki rencana apa yang akan dilakukan pada saat pensiun. Namun tidak semua tenaga kerja memilki permasalahan menjelang masa pensiunnya.

baca juga: Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Pensiun?

Dalam faktanya, tingkat kesadaran tenaga kerja di Indonesia untuk mempersiapkan masa pensiunnya masih terbilang rendah. Sebagian besar dari mereka masih mengandalkan jaminan dana pensiun yang diberikan oleh perusahaan atau instansi tempat mereka bekerja sebagai sumber pendapatan di masa pensiunnya kelak.

baca juga: Cukupkah dengan Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan?

Padahal harus kita akui bahwa besaran dana pensiun tersebut mungkin tidak akan cukup untuk menjamin kehidupannya di masa pensiun kelak. Kondisi inilah yang mendorong PT. TASPEN (persero) untuk mengadakan Program Wirausaha ASN dan Pensiunan yang diselenggarakan pada tanggal 16 Januari lalu yang berlokasi di Sentul International Convention Center dan dibuka oleh Presiden RI Bapak H Ir. Joko Widodo.

Program ini diselenggarakan selama 1 (satu) hari dan dihadiri oleh 4.000 orang ASN yang akan memasuki usia pensiun. Dalam program ini, ada beberapa pembicara yang hadir untuk memberikan edukasi seputar masa persiapan pensiun, salah satunya adalah lead trainer dari  QM Financial Ligwina Hananto.

Ligwina Hananto menyampaikan bahwa untuk bisa hidup nyaman di masa pensiun nanti, maka kita harus mempersiapkannya sedini mungkin. Berikut poin-poin penting dari program persiapan pensiun untuk Anda yang berusia di bawah 30 tahun, antara lain:

  • Wujudkan good money habit agar kondisi keuanganmu tetap sehat.
  • Atur cashflow dan kebiasaan pengeluaran lifestyle.
  • Punya rumah pertama.
  • Punya tujuan finansial penting seperti dana darurat, dana pendidikan dan dana pensiun.
  • Pelajari jenis-jenis aset aktif: bisnis, properti dan surat berharga.

baca juga: 5 Alasan Kamu Perlu Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Namun tidak perlu khawatir juga, jika Anda belum menyiapkan rencana keuangan padahal sudah memasuki usia pensiun. Berikut Poin-poin penting dari program pensiun khusus usia 50 tahun ke atas ini, antara lain:

  • Pastikan utang Anda LUNAS saat masuk periode pensiun.
  • Sesuaikan cashflow biaya hidup saat masuk periode pensiun.
  • Periksa fasilitas kesehatan yang dapat digunakan di masa pensiun.
  • Periksa daftar aset mana yang dapat dioptimalkan sebagai sumber penghasilan di masa pensiun
  • Pelajari kembali jenis-jenis aset aktif: bisnis, properti dan surat berharga.

Baca juga: Kapan perusahaan harus membuat program persiapan pensiun?

Tidak hanya berhenti di situ, para peserta juga mendapat arahan khusus untuk bisa mengelola keuangan pribadinya agar bisa berkembang menjadi sumber penghasilan di masa pensiunnya, tentunya dengan mengembangkan usaha/bisnis.

baca juga: Blueprint of Your Money

Dengan diselenggrakannya Program Wirausaha ASN dan Pensiunan ini, maka harapan kedepannya adalah para calon pensiunan ASN ini dapat hidup lebih baik dari segi mental, sosial dan perekonomian.

-Nita Kurniawati


Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch