Articles, Practical Tips

Karyawan Institusi Keuangan Harus Mengerti Kebutuhan Pelanggan, Apa Saja yang Harus Diketahui?

Sebagai seorang karyawan institusi keuangan, pastinya Anda harus tahu mengenai seluk beluk dan berbagai jenis produk keuangan yang hendak ditawarkan pada pelanggan. Mulai dari seputar tabungan, kartu kredit, KPR, kredit kendaraan, asuransi jiwa, dana pensiun, hingga segala jenis produk investasi.

Tentunya, agar bisa bisa memberikan pelayanan yang tepat bagi pelanggan, seorang karyawan institusi keuangan harus tahu betul sifat, syarat, ketentuan, dan manfaat masing-masing produk tersebut. Hal ini penting agar Anda bisa merekomendasikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Berikut adalah beberapa hal yang biasanya akan ditanyakan oleh pelanggan terkait produk keuangan yang hendak mereka gunakan.

 

6 Informasi yang Harus Diketahui oleh Karyawan Institusi Keuangan Agar Bisa Mengerti Kebutuhan Pelanggan akan Produk Keuangan

 

Karyawan Institusi Keuangan Harus Mengerti Kebutuhan Pelanggan, Apa Saja yang Harus Diketahui?

1. Apa manfaat langsungnya?

Jelaskan manfaat yang paling nyata dan dapat dicapai, yang bisa langsung dirasakan oleh pelanggan.

Manfaat produk keuangan ini bisa mengenai keamanannya, kenyamanan pakainya, kepraktisannya, kemampuannya untuk membeli aset bernilai tinggi, pertumbuhannya sehingga akan memberikan keuntungan lebih bagi pelanggan, dan seterusnya.

 

2. Tentang cost

Misalnya, untuk membuka rekening, berapa saldo minimalnya? Apakah cost produk hanya diminta sekali saja, atau secara periodik, misalnya bulanan atau tahunan?

Akankah cost ini meningkat seiring dengan laju inflasi? Akankah berubah tingkat bunganya, atau flat saja? Atau mungkin malah menurun?

Jelaskan pada pelanggan selengkap mungkin, apakah biaya ini akan sepadan dengan manfaat yang diberikan oleh produk yang ditawarkan.

 

3. Tingkat fleksibilitas

Tingkat fleksibilitas yang harus diketahui oleh pelanggan, misalnya soal fleksibilitas waktu. Apakah pelanggan bisa membatalkan keikutsertaannya kapan saja, ataukah bakalan ada penalti jika pelanggan ingin berhenti menggunakan produk keuangan tersebut? Jika ada penalti, berapa besarnya?

Apakah ada kemungkinan spesifikasi, syarat, atau sifat produk yang akan berubah nantinya? Jika ya, maka hal ini pun harus diinformasikan sejak awal.

 

4. Waktu proses

Seberapa lama proses penyelesaian yang diperlukan jika ada query, komplain, ataupun klaim? Jika waktunya tidak pasti, Anda bisa berikan perkiraan, misalnya 1 x 24 jam, 5 hari kerja, atau mungkin satu bulan.

Atau dalam jangka waktu berapa lama produk keuangan tersebut jatuh tempo? Bulanan, tahunan, atau 3 tahunan, atau lebih lama lagi?

 

5. Fasilitas-fasilitas lain yang mungkin ada

Misalnya seperti apakah produk keuangan yang ditawarkan ini ada aplikasinya di smartphone, sehingga memudahkan pelanggan untuk memonitor penggunaannya? Apakah pengoperasiannya cukup mudah, adakah manualnya?

Adakah call center yang bisa dihubungi oleh pelanggan jika ada kondisi darurat?

 

6. Kekurangan

Meski mungkin kurang mengenakkan, namun kekurangan produk keuangan yang sedang ditawarkan juga harus dijelaskan pada calon pelanggan.

Mungkin Anda harus berstrategi sedikit, agar tak terlalu kelihatan sebagai suatu kekurangan yang bisa mengurangi value produk Anda.

 

Nah, apakah Anda sebagai karyawan institusi keuangan masih belum menguasai informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan terkait produk keuangan seperti di atas? Masih ada waktu kok untuk meng-upgrade pengetahuan Anda lagi.

Tertarik untuk mengundang QM Financial untuk memberikan program edukasi keuangan di perusahaan Anda? Sila WA ke 0811 1500 688 (NITA/MIA). Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas terbaru.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch