Articles, Practical Tips

Selalu Merasa Gaji Tak Cukup, Begini Cara Mengatur Uang yang Jitu

Banyak karyawan yang selalu merasa gaji tak cukup.

Bahkan sering di kalangan karyawan terdengar jokes begini, “Gaji 1 koma 4”. Bukan, bukan berarti mereka menerima gaji Rp1.400.000 per bulan, tetapi “gajian tanggal satu, sudah koma di tanggal empat.” Mungkin nggak hanya “gaji 1 koma 4” saja sih. Di kalangan PNS barangkali juga berlaku “gaji 25 koma 1”. Gajian tanggal 25, udah langsung koma di tanggal 1.

Sepertinya gaji berapa pun rasanya memang selalu kurang ya? Bahkan saat Anda sudah naik gaji pun, rasanya masih tak bisa mengejar harga-harga barang-barang yang ada di pasaran.

Apa yang salah? Apakah gajinya yang salah? Apakah ini berarti gaji Anda tidak ideal?

Bukan, ini bukan karena gaji yang tidak ideal. Bukan karena gaji tak cukup.

Yang harus Anda benahi adalah cara Anda mengatur gaji sehingga bisa dipakai hingga akhir bulan. Pada dasarnya, mau gaji berapa pun itu tetap bisa kok dipakai untuk mencukupi kebutuhan dalam satu bulan. Bahkan, bisa juga disisihkan untuk menabung dan investasi.

Coba ikuti beberapa tip berikut ya.

 

3 Cara Jitu Mengatur Keuangan bagi Karyawan yang Selalu Merasa Gaji Tak Cukup

Selalu Merasa Gaji Tak Cukup, Begini Cara Mengatur Uang yang Jitu

1. Tetapkan skala prioritas

Dalam artikel Karyawan Bisa Gampang Belajar Atur Pengeluaran Dengan Rasio Keuangan Ini ada nih dijelaskan mengenai rasio mengatur pengeluaran, yaitu 30% cicilan, 10% tabungan. Inilah yang harus menempati prioritas utama Anda.

Selanjutnya, adalah memenuhi kebutuhan harian. Selain membuat daftar semua cicilan untuk mendapatkan rasio cicilan utang, Anda juga harus membuat daftar prioritas kebutuhan yang harus dibeli setiap bulannya.

Dengan memetakan kebutuhan mana yang lebih penting dari yang lainnya, Anda lantas bisa membuat perencanaan pengeluaran dengan lebih baik. Bisa jadi, Anda bisa melihat, bagian pos mana yang bisa dihemat agar bisa memenuhi kebutuhan yang lainnya.

 

2. Disiplin

Sudah mempunyai skala prioritas dan kemudian juga sudah membuat rencana anggaran pengeluaran setiap bulan, maka selanjutnya Anda harus disiplin.

Jangan sampai nih, sepulang dari belanja kebutuhan pokok malah ada barang-barang lain yang ada dalam daftar. Kebutuhan pokok yang penting malah dilupakan.

Rencana anggaran ini kan dibuat untuk ditaati, jadi disiplin ini sangat penting ya.

 

3. Butuh atau ingin?

Setiap kali tertarik untuk membeli sesuatu, selalu tanyakan pada diri sendiri, butuh atau pengin? Kalau butuh, berarti kalau tanpa barang tersebut, maka hidup keseharian Anda terganggu. Kalau pengin, saat barang tersebut tidak ada, maka sebenarnya Anda tidak terganggu atau mungkin masih bisa menggunakan barang pengganti lain yang harganya lebih terjangkau atau bahkan sudah Anda punya.

Nah, hanya Anda sendiri memang yang bisa memutuskan, butuh atau ingin?

 

Selain ketiga tip di atas, karyawan juga mesti tahu beberapa teori mengatur keuangan dari gaji yang didapat, dan sekaligus praktik memeriksa kesehatan keuangan pribadi masing-masing. Ingat lo, masalah keuangan karyawan bisa memengaruhi perkembangan bisnis perusahaan.

Jadi, yuk, sehatkan bisnis dengan menyehatkan kondisi keuangan karyawan lebih dulu dengan membuat mereka merasa cukup dengan gaji yang diterima.

Tertarik untuk mengundang QM Financial untuk memberikan program edukasi keuangan bagi karyawan di perusahaan Anda? Sila WA ke 0811 1500 688 (NITA/MIA). Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas terbaru.

 

-Carolina Ratri-


Satu tanggapan untuk “Selalu Merasa Gaji Tak Cukup, Begini Cara Mengatur Uang yang Jitu”

  1. […] meraih promosi karena pengin gaji naik. Keinginan ini timbul karena gaji yang memang kecil, ataukah kita yang merasa gaji tak cukup? Kalau yang jadi alasan adalah yang terakhir, hmmm … mungkin ini saatnya kita ikutan kelas […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch