#QMBisnis, #QMTraining, Articles, Practical Tips, Start A Business!

4 POIN Rencana Bisnis

Apakah kamu termasuk orang yang bermimpi menjadi serang pengusaha besar dan sukses? Apakah kamu sudah benar-benar hidup menjalani mimpimu tersebut? Merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan, apalagi kalau kamu sama sekali belum tahu dari mana harus memulai membuat rencana bisnis.

Baca juga: Pitch Deck Dalam Sebuah Bisnis

Setidaknya ada 4 langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat rencana bisnis:

Target Market (SIAPA). Kira-kira, kalau kamu mau membuat sebuah bisnis, siapakah yang akan menjadi target pasar dari produk/jasa yang kamu tawarkan? Siapa orang bersedia membayar atas barang dan jasa dari bisnis yang kamu buat? Buatlah se-spesifik mungkin untuk target pasar produk/jasa usahamu. Misalnya kalau kamu berencana untuk membuka salon anak, maka target pasarmu adalah anak laki dan perempuan dengan rentang umur 0-12 tahun.

Problem (APA). Coba jawab pertanyaan ini, “Apa masalah hidup yang sedang kamu coba pecahkan?”. Ambil contoh salon anak tadi, mungkin saja saat kamu membuat rencana bisnis tersebut karena banyak anak kecil yang mengalami hal tidak nyaman ketika memotong rambut.

Solution (BAGAIMANA). Setelah kamu tahu siapa target pasar serta masalah apa yang mau dipecahkan dari bisnis yang dimiliki, bagaimana cara menyelesaikan problem target pasar dari produk/jasa bisnismu? Lalu, bagaimana caranya memperkenalkan produk/jasa kepada pembeli? Kamu juga bisa memasarkan produk/jasa dari bisnismu melalui digital maupun toko secara fisik.

Baca juga: Rencana Bisnis: APA, SIAPA, dan BAGAIMANA

Competitor. Persaingan dalam dunia bisnis memang wajar terjadi dan sebagai pemilik bisnis, kamu memiliki tugas untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. Untuk bisa mendapatkan pelanggan yang baru dan mempertahankan pelanggan lama, diperlukan strategi untuk bersaing dengan kompetitor.

Jangan pernah menutup mata terhadap kehadiran kompetitor. Kamu bisa belajar dari mereka, apa saja keunggulan yang mereka miliki. Jadikan itu sebagai alasan untuk produk/ jasa bisnismu memperbaiki kualitas.

Sebagai pemilik usaha, kamu bisa melakukan analisa dengan competitor matrix seperti contoh di bawah ini:

Dari matrix di atas kita bisa menganalisa competitor dari:

  • Kelengkapan mutu, desain serta bentuk produk
  • Harga yang ditawarkan
  • Lokasi cabang atau saluran distribusi
  • Promosi yang dijalankan

Ingin belajar lebih banyak tentang bisnis? Yuk, ikutan Financial Clinic Online Series Bisnis setiap Rabu malam dan pendaftaran bisa dilihat di event.qmfinancial.com

– QM Admin –


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch