Articles, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Topik Terkini

5 Hal Agar Literasi Finansial Perempuan Meningkat

Bagi dunia internasional, bulan Maret erat kaitannya dengan perempuan. Setiap 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia untuk merayakan pencapaian secara politik, ekonomi, kultural dan sosial.

Perempuan selalu berhubungan dengan finansial dan dianggap lebih pandai dalam mengatur keuangan. Benarkah demikian? Kenyataannya, menurut survei Otoritas Jasa Keuangan pada tahun 2016, tingkat literasi keuangan perempuan hanya 25,5%, lebih rendah bila dibandingkan pria yaitu 33,2%.

Setidaknya ada 5 hal keuangan yang dapat dilakukan perempuan agar semakin berdaya dan kuat secara finansial:

Belajar Menghasilkan Uang

Apapun tahapan kehidupan yang sedang dijalani saat ini, kamu tetap perlu belajar menghasilkan uang. Mulai dari fresh graduate, perempuan pekerja, ibu rumah tangga, keluarga mapan hingga pensiunan. Tidak akan ada kata berhenti untuk belajar menghasilkan uang. Banyak sekali alternatif untuk perempuan menghasilkan uang, baik profesional, pekerja maupun ibu rumah tangga mulai. Kamu bisa mulai dari menjadi freelancer, self employed sampai berbisnis yang diawali dengan berdagang.

Baca juga: Perempuan Belajar Menghasilkan Uang

 

Dana Darurat dan aksesnya

Dana Darurat merupakan sumber dana untuk berjaga-jaga dan membiayai hal yang tidak terduga. Artinya, dana ini hanya akan kamu gunakan saat menghadapi hal-hal darurat yang tidak bisa diatasi dengan anggaran tetap yang sudah ada. Dana Darurat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai kondisi seperti, biaya hidup saat mencari pekerjaan baru (setelah resign atau PHK), biaya pengobatan, biaya pernaikan rumah akibat musibah (banjir, atap rubuh, kebakaran) serta kondisi darurat lainnya.

Status

Besaran Dana Darurat

Lajang dan tidak memiliki tanggungan 4x Pengeluaran Rutin Per Bulan
Menikah 6x Pengeluaran Rutin Per Bulan
Menikah dengan satu anak 9x Pengeluaran Rutin Per Bulan
Menikah dengan dua anak 12x Pengeluaran Rutin Per Bulan
Freelancer 12x Pengeluaran Rutin Per Bulan

Baca juga: Sekali Lagi Tentang Dana Darurat

 

Proteksi

Seperti halnya sebuah rumah yang membutuhkan atap untuk dapat melindungi bangunan dan isinya, begitu juga halnya dengan perencanaan keuangan juga membutuhkan proteksi. Sederhananya, jika terjadi suatu kemalangan yang dapat menyebabkan kesulitan finansial pada diri sendiri dan keluarga, maka kamu dapat menggunakan proteksi untuk menjaga diri sendiri dan keluarga.

Baca juga: Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Asuransi

Selain proteksi berupa asuransi, perempuan juga dapat melakukan medical check up (papsmear, USG mamae/mamografi) serta vaksinasi untuk mencegah penyakit kritis yang dapat dialami oleh perempuan seperti kanker serviks.

 

Rumah Pertama

Kamu merasa sudah dewasa dan ingin hidup mandiri terpisah dari orangtua tentu berpikir untuk memiliki rumah pertama. Begitu pun kamu yang baru saja menikah dengan pasangan hidup, tentunya akan tidak nyaman jika tinggal bersama orangtua sehingga rumah pertama menjadi tepat tinggal impian. Kalaupun saat ini kamu belum mau memutuskan untuk membeli rumah pertamamu, tetap siapkan down payment-nya ya, karena harga properti yang naik setiap tahunnya. Jangan sampai, masa tuamu tidak memiliki rumah karena terlena dengan kemudahan hidup saat ini.

Baca juga: Jangan Gentar Beli Rumah Pertama, Ini Dia 5 Tipsnya!

 

Dana Pensiun

Pernahkah kamu membayangkan akan seperti apa saat pensiun nanti? Kalau kamu ingin tetap bisa menikmati gaya hidup yang sama saat pensiun nanti, seharusnya itu menjadi alasan yang kuat untuk menyiapkan Dana Pensiun mulai dari sekarang! Menurunkan gaya hidup saat pensiun nanti akan menjadi lebih sulit ketimbang mempertahankannya. Ditambah lagi dengan inflasi yang terjadi maka biaya pengeluaran saat pensiun nanti akan menjadi sangat besar pdahal untuk mencapai Dana Pensiun sangatlah terjangkau kalau kamu mulai dari sekarang! Mempersiapkan Dana Pensiun bisa hanya dengan ½ harga sepatumu per bulan!

 

Semoga perempuan Indonesia semakin memiliki literasi finansial yang lebih baik lagi!

Kalau kamu ingin belajar tentang perencanaan keuangan lebih lengkap, yuk ikutan Financial Clinic Online Series (FCOS) dan lihat jadwalnya di event.qmfinancial.com!

-Honey Josep-

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch