Articles

5 Hal Finansial Untuk Usia Senior

Ada di level mana kah Anda sekarang dalam tingkat kehidupan (life stage)?

Apakah dalam tahap memulai karir (20-30 tahun), meningkatkan kapasitas diri (30-40 tahun), mulai mengalokasikan aset aktif (40-50 tahun) atau menikmati kehidupan di masa pensiun (> 50 tahun)?

Bagi Anda yang sudah memasuki usia pensiun atau bahkan sudah ingin mempersiapkan masa pensiun yang menyenangkan sebelum terlambat, ini adalah 5 Hal Keuangan Yang Perlu Anda Ketahui:

Penghasilan Pasif. Ini merupakan pendapatan ketika kita pensiun, uang terus mengalir karena ada aset aktif yang bekerja dengan sendirinya. Anda memang tidak perlu melakukan pekerjaan rutin layaknya bekerja dari pagi sampai sore, hanya saja untuk memperoleh dan mempertahankan sumber penghasilan pasif, Anda harus mau menanam modal dan melakukan pengawasan. Contoh penghasilan pasif, mendapatkan penghasilan dari aset rumah yang dikontrakkan, mendapatkan dividen dari saham perusahaan milik sendiri atau bunga deposito yang cukup untuk pengeluaran bulanan saat pensiun.

Utang lunas. Utang akan menjadi beban yang berat di masa pensiun karena saat pensiun Anda tidak lagi mendapatkan penghasilan bulanan yang jumlahnya tetap. Pada masa pensiun harapannya utang berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Kendaraan Bermotor sudah lunas. Kalau pun belum lunas, pastikan Anda memiliki uang yang cukup untuk bisa membayarkan cicilan utang setiap bulannya sampai KPR atau kredit kendaraan selesai.

Rumah Pensiun. Menurut Direktur Riset Centre for Independent Studies (CIS), “Satu hal yang pasti yaitu, orang yang memiliki rumah sendiri, standar hidupnya jauh lebih baik saat pensiun daripada mereka yang tidak punya rumah.” Masa pensiun harus dinikmati dengan ketenangan hati dan dimulai dengan memiliki rumah yang tenang, nyaman dan bisa Anda tata sendiri sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Realokasi investasi menjadi risiko rendah. Dana Pensiun yang telah terkumpul selama ini dapat dicairkan dan dialokasikan ke instrumen keuangan dengan risiko rendah misalnya deposito. Hal ini dimaksudkan agar apabila sewaktu-waktu Dana Pensiun mau digunakan dapat dengan mudah diakses.

Lifestyle pensiun. Dalam setiap pelatihan, seminar maupun kelas finansial yang QM adakan, kami selalu bertanya kepada peserta yang ingin mempersiapkan Dana Pensiun, “Gaya hidup seperti apa yang akan dijalani oleh Anda?” Pilihan lifestyle menjadi penting karena menurunkan standar gaya hidup lebih sulit ketimbang mempertahankannya.

Mari siapkan Dana Pensiun Anda segera untuk masa pensiun yang tetap menyenangkan!

Ikuti Financial Clinic Online Series untuk belajar mempersiapkan Dana Pensiun, jadwal bisa dilihat di event.qmfinancial.com!

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch