Articles

Kenali 4 Macam Benefit dan Tunjangan Kesehatan Karyawan yang Diberikan oleh Perusahaan

Katanya, sakit itu mahal. Karena itu, jangan sampai deh kita sakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu juga, kita sebagai karyawan harus aktif untuk menjaga kesehatan, jangan sampai sakit. Meskipun perusahaan menyediakan beberapa macam benefit dan tunjangan kesehatan karyawan.

Ya, biaya pengobatan semakin mahal. Jenis penyakitnya sendiri semakin beragam, dan dari hari ke hari rasanya semakin mengancam nyawa kita. Dan, sebagai perusahaan yang sehat, kantor tempat kita bekerja akan peduli terhadap kesehatan karyawannya, karena karyawan yang sehat sudah pasti akan produktif dan bisa menghasilkan output kerja yang berkualitas.

Setiap perusahaan memang bisa saja mempunyai kebijakan masing-masing yang berbeda terkait benefit dan tunjangan kesehatan karyawan ini. Namun, pada dasarnya, pemberian fasilitas ini didasarkan pada satu pemikiran yang sama, yaitu menjamin kesehatan karyawan–seperti yang sudah disebutkan di atas.

Benefit dan tunjangan kesehatan karyawan apa saja yang biasanya dan bisa diberikan oleh perusahaan? Mari kita lihat.

 

Beberapa Macam Benefit dan Tunjangan Kesehatan Karyawan

Kenali 4 Macam Benefit dan Tunjangan Kesehatan Karyawan yang Diberikan oleh Perusahaan

1. Penggantian biaya pengobatan

Tunjangan kesehatan karyawan yang biasanya selalu ada di setiap perusahaan adalah penggantian biaya pengobatan.

Biasanya perusahaan akan mengikutkan karyawan dalam program BPJS Kesehatan, yang sebenarnya sudah meng-cover banyak sekali jenis biaya pengobatan termasuk biaya cek kesehatan selama kehamilan hingga melahirkan dengan segala keuntungannya. Meski mungkin kita harus sedikit bersusah payah saat mengurusnya lantaran harus prosedural, tapi terbukti di beberapa kasus, BPJS Kesehatan ini sangat membantu.

Selain dengan BPJS Kesehatan, ada pula perusahaan yang membuat asuransi kesehatan sendiri bagi karyawannya. Untuk hal ini, perusahaan harus membuat prosedur yang tepat bagi karyawan saat mengklaim. Misalnya, mau cashless atau sistem reimbursement? Adakah plafon yang berlaku untuk biaya pengobatan? Bagaimana dengan rawat inap? Dan seterusnya.

 

2. Benefit dan tunjangan biaya kehamilan hingga melahirkan

Ada pula perusahaan yang memberikan tunjangan kesehatan karyawan wanita yang hamil hingga melahirkan secara terpisah dari tunjangan pengobatan umum di atas.

Biasanya ada term & condition yang berlaku juga dalam tunjangan biaya kehamilan dan melahirkan ini. Mungkin tunjangan ini berlaku bagi para calon ibu yang periksa hamil di dokter kandungan tertentu yang ditunjuk oleh perusahaan, atau hanya berlaku untuk proses persalinan normal, dan sebagainya.

Jika perusahaan tempat kita bekerja mempunyai fasilitas tunjangan kesehatan karyawan yang hamil dan melahirkan ini, ada baiknya kita mencari informasi mengenai prosedur dan kebijakan apa saja yang mengaturnya, sehingga bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya.

Benefit lain yang diberikan oleh perusahaan terkait kesehatan kehamilan dan melahirkan ini adalah pemberian cuti. Pada umumnya, perusahaan-perusahaan di Indonesia memberikan 3 bulan cuti pada karyawan yang hendak melahirkan. Tapi di luar negeri, banyak pula perusahaan yang memberikan cuti lebih dari 3 bulan, bahkan ada yang sampai 1 tahun, baik kepada si ibu maupun ayah baru.

 

3. Menyediakan fasilitas kesehatan di dalam kantor

Mungkin tujuannya hampir sama dengan menyediakan tunjangan kesehatan karyawan yang mengganti biaya pengobatan di atas. Bedanya pada benefit ketiga ini, perusahaan menyediakan dokter pribadi di dalam kantor.

Seperti di Google, misalnya. Mereka menyediakan dokter dan fasilitas kesehatan yang lengkap di dalam kompleks kantor headquarter-nya. Setiap karyawan yang punya masalah kesehatan sekecil apa pun dipersilakan datang berkonsultasi dengan dokter, yang pastinya digaji secara tetap oleh perusahaan. Jika harus ada obat-obatan yang dikonsumsi oleh karyawan, biaya pembelian obat juga ditanggung oleh perusahaan.

 

4. Mendukung gaya hidup sehat

Ada banyak perusahaan yang sudah aware dengan kesehatan karyawan, bahkan sebelum si karyawan itu sakit. Yaitu dengan mendukung karyawan untuk menjalankan gaya hidup sehat sehari-harinya.

Ada beberapa perusahaan yang menawarkan program berhenti merokok, seperti halnya 3M–perusahaan manufaktur yang menyediakan berbagai produk kimia–ini memberikan fasilitas khusus bagi karyawannya yang mengalami kesulitan untuk berhenti merokok.

Ada pula beberapa perusahaan yang memberikan uang tunjangan kesehatan karyawan tambahan, untuk membeli jus sehat setiap hari. Ada pula perusahaan yang memberikan fasilitas kesehatan berupa keanggotaan pusat kebugaran secara gratis.

Semua fasilitas ini diberikan tentunya sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

 

Nah, bagaimana dengan perusahaan Anda, atau perusahaan tempat Anda bekerja? Sudahkah memberikan setidaknya salah satu benefit dan tunjangan kesehatan karyawan seperti di atas?

Jika tertarik untuk tahu lebih banyak mengenai seluk beluk keuangan korporasi, hubungi tim QM Financial untuk mengadakan #QMTraining, yaitu program pelatihan interaktif untuk karyawan di perusahaan. Anda dapat menyusun program bersama konsultan dan pembicara dari QM Financial, sesuai dengan kebutuhan literasi finansial Anda.

Hubungi kami melalui WhatsApp ke 0811 1500 688 (NITA/MIA). Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas finansial online terbaru.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch