#QMBisnis, #QMTraining, Articles, Start A Business!, Training

Business Traction

Halo pemilik usaha! Apakah kamu masih ingat tentang 4 POIN penting di dalam bisnis? Salah satunya adalah solusi (BAGAIMANA) yang ditawarkan bisnismu untuk menjawab problem (APA) yang terjadi di masyarakat.

Solusi bisnismu hadir dengan jenis produk atau jasa yang menjawab kebutuhan pasar dengan segala keunggulannya. Tapi bisnis tidak bisa berjalan kalau kamu tidak memiliki tim yang solid, karyawan yang bisa diandalkan dan sumber daya manusia sebagai aset perusahaan yang berharga.

Kamu bisa belajar lebih lanjut mengenai pengelolaan sumber daya manusia untuk bisnismu melalui kelas Financial Clinic Online Series (FCOS) bersama Audi Lumbantoruan, Senior Human Capital Business Partner dari One HR. Jadwalnya bisa dilihat di event.qmfinancial.com!

Selanjutnya, setelah bisnismu memiliki produk atau jasa yang bagus dan sumber daya manusia terbaik, bisnismu perlu daya tarik untuk bertumbuh, inilah yang dinamakan traction. Walau produk atau jasa bagus dan didukung karyawan yang mumpuni, kalau tidak ada yang membeli, buat apa membuat usaha? Pastinya kamu juga mau agar produk atau jasa yang dijual dapat dibeli oleh yang membutuhkannya. Coba cek siapa pembelimu, bisa menyebutkan 3 nama dan mendeskripsikannya?

Traction tidak melulu bicara besaran penjualan yang dapat dilakukan tetapi di zaman serba digital sekarang ini, traction juga bisa dilihat dari banyaknya jumlah pengguna. Maka penting bagi bisnismu untuk membuat traction dari konten yang akan disampaikan.

Contohnya, bagi kaum langgas, mereka sangat dekat dengan beragam media sosial maka bisnismu perlu mengadakan pendekatan melalui saluran tersebut dan selanjutnya membangun hubungan (engagement) dengan pembelimu.

Edmund McCarthy di dalam bukunya Basic Marketing: A Managerial Approach yang terbit tahun 1960 mengusulkan konsep 4P yang dikenal sebagai Product, Price, Place, Promotion. Dan kini traction di dalam marketing bertambah dengan konsep 4E yaitu Engagement, Experience, Exclusivity dan Emotion.

Engagement

Memasarkan produk atau jasa bisnismu tidak lagi hanya satu arah melainkan dua arah di mana pelangganmu juga ikut terlibat. Dengarkan dan pahami keinginan serta kebutuhan pelangganmu, apa yang membuat mereka bahagia? Ini akan membuka jalan bagi mouth to mouth strategy.

Experience

Pengalaman pelanggan saat membei produk atau jasa bisnismu adalah bagian terpenting. Coba tanyakan pada bisnismu, “Apa yang ditemui pelanggan terkait dengan pembelian atau penggunaan produk atau jasa bisnismu?”

Contohnya, bisnis yang mengandalkan situs seperti e-commerce tentunya penting unutk dirancang dengan baik seperti ramah dibuka dengan ponsel pintar dan proses check out yang mudah.

Exclusivity

Eksklusivitas menjual dan inilah strategi yang dilakukan oleh merek ternama untuk menjaring pelanggan. Rasa spesial atas kepemilikian sebuah produk atau jasa membuat pelanggan terutama yang fear of missing out akan menciptakan keinginan menggebu-gebu atas kepemilikan produk atau jasa tersebut.

Emotion

Kombinasi dari 3E pertama di atas menghasilkan E yang terakhir yaitu emosi. Dan inilah yang menentukan kesuksesan suatu merek untuk jangka waktu yang panjang. Emosi unik yang menghubungkan pelanggan dengan merek yang mereka pahami menghasilkan loyalitas.

Jadi, sudah siap membawa bisnismu menjadi skala yang lebih besar lagi? Yuk, ikutan FCOS Bisnis setiap Rabu malam dan pendaftaran bisa dilihat di event.qmfinancial.com

-QM Admin-

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch