Articles

Jadi Investment Oriented Society Melalui SR-011

Bagi kamu yang ketinggalan untuk berinvestasi di SBR005 atau ST-003, jangan kuatir karena pada 1 Maret 2019 lalu, pemerintah Indonesia resmi membuka masa penawaran Sukuk Ritel seri SR-011 yang diwakili oleh Dr. Lucky Alfirman, Direktur Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Republik Indonesia (DJPPR Kemenkeu RI).

Sukuk Ritel merupakan produk investasi Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau biasa disebut dengan Sukuk Negara. Produk investasi syariah ini ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia kepada individu Warga Negara Indonesia (WNI), sebagai investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan.

SR-011 dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury) serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Struktur SR-011

Penerbit. Jelas apabila SR-011 merupakan instrument pembiayaan negara maka yang menerbitkannya adalah pemerintah Republik Indonesia. Pemerintah selalu berusaha mengelola pembiayaan dengan hati-hati dan memastikan bahwa setiap pembiayaan digunakan untuk kegiatan produktif. Seluruh dana yang diterima melalui penerbitan SR-011 juga akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

Underlying Asset. Yang menjadi jaminan atas SR-011 adalah proyek dalam APBN tahun 2019 dan Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah dan atau bangunan.

Akad. SR-011 menggunakan Akad Ijarah Asset to be Leased. Ini merupakan akad yang obyek ijarah-nya sudah ditentukan spesifikasinya dan sebagian obyek ijarah sudah ada pada saat akad dilakukan, tetapi penyerahan keseluruhan obyek ijarah dilakukan pada masa yang akan datang sesuai kesepakatan.

Imbal Hasil Tetap 8,05% p.a. SR-011 dengan imbal hasil tetap artinya besaran imbal hasil sebesar 8,05% per tahun akan dibayarkan setiap bulan selama tiga tahun mendatang.

Pemesanan. Minimum pemesanan SR-011 sebesar Rp1juta saja dan maksimum pemesanan Rp3Milyar, sehingga terjangkau bagi siapa saja yang ingin berinvestasi.

Masa Penawaran. SR-011 ditawarkan mulai 1-21 Maret 2019. Kamu bisa memesan SR-011 melalui mitra distribusi sebanyak 22 bank baik BUMN maupun swasta yang telah ditunjuk oleh Kemenkeu.

Penerbitan. SR-011 diterbitkan pada 1 Maret 2019.

Pembayaran Imbalan. Imbalan SR-011 dibayarkan tanggal 10 setiap bulannya.

Tenor. Masa jatuh tempo SR-011 adalah 3 tahun yaitu pada 10 Maret 2022.

 

Semoga kali ini kamu bisa ikut berinvestasi di SR-011!

 

-Honey Josep-

Disclaimer: artikel ini adalah bagian dari edukasi publik tentang financial literacy – bukan untuk kegiatan komersil. Apabila mengunakan informasi dalam artikel ini untuk keperluan pengambilan keputusan, investor harus mempertimbangkan semua risiko dan skenario terburuk yang dapat terjadi. QM Financial tidak memberikan jaminan akurasi data dan tidak memberikan jaminan keuntungan atas produk keuangan dan investasi.

Foto diambil dari akun twitter DJPPR Kemenkeu


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch