Articles, #QMBisnis, #QMTraining, Profil, sop, Start A Business!

Jadi Pebisnis Berawal Dari Nge-blog!

Kamu pernah merasa kagum dengan blogger yang di media sosialnya penuh dengan foto saat liburan? Dulu, menjadikan blog sebagai pekerjaan mungkin sama sekali belum terpikirkan tapi sekarang, blogger pun bisa menjadi pebisnis! Sama seperti halnya dengan Aliya Muafa, seorang travel blogger yang memulai bisnisnya sendiri sejak November 2011.

 

Hai Aliya, bagaimana kisah awal terbentuknya usaha yang dijalani sejak November 2011?

Berawal dari kecintaan saya menuliskan perjalanan wisata yang dilakukan ke dalam blog pribadi. Lambat laun, saya mulai membuat perjalanan secara kolektif yang dimaksudkan untuk berbagi biaya perjalanan agar menjadi lebih murah. Kemudian datang permintaan dari sebuah korporasi untuk mengatur employee outing. Sejak itu, saya memantapkan diri untuk berbisnis dengan menyediakan jasa travel dan event organizer yang saya beri nama Triphemat.com

 

Apakah kekhasan dari jasa travel dan event organizer Triphemat.com?

Jasa yang Triphemat.com tawarkan berupa customized sesuai dengan anggaran, kebutuhan dan tema dari klien yang kami layani secara langsung (handle with personal touch). Sebagai certified travel consultant, Triphemat.com dapat memberikan konsultasi perjalanan wisata secara gratis.

 

Bagaimana perkembangan Triphemat.com dari November 2011 sampai saat ini?

Triphemat.com sudah berbadan usaha dan memiliki kelengkapan legaitas lainnya sebagai sebuah bisnis. Kami mengembangkan usaha dengan meningkatkan portofolio dan diversifikasi produk layanan yang ditawarkan. Walau termasuk usaha kecil dan menengah, kami sudah memiliki kantor offline lho! Di tengah persaingan yang ketat, kami bersyukur masih bisa berdiri sampai hari ini saat usaha sejenis berguguran walau sudah disokong investor besar sekalipun.

 

Strategi apa yang Aliya gunakan untuk pengembangan Triphemat.com?

Kami melakukan pemasaran secara online di berbagai platform media dan terlibat aktif di berbagai komunitas bisnis baik yang sejenis maupun berbeda. Kami juga disiplin untuk melakukan pencatatan keuangan bisnis dan menjalankan Strandard of Procedure (SOP) yang telah dibuat. Selalu belajar hal baru melalui kolaborasi dengan komunitas bisnis sejenis dan mengikuti pelatihan seperti yang QM Financial adakan.

 

Selain Triphemat.com, apakah Aliya memiliki usaha lain?

Punya dong! Saya merintis usaha katering yang dinamakan Katering Betawi (kateringbetawi.wordpress.com)

 

Kisah duka apa yang Aliya alami selama mengembangkan bisnis?

Ternyata bisnis tidak melulu menyenangkan! Di tahun-tahun awal saya mengalah untuk tidak gajian agar bisa membayar gaji karyawan dengan cara kerja sambilan sebagai IT Trainer. Enggak sampai di situ, saya beberapa kali menggadaikan perhiasan untuk menalangi pengeluaran event klien dan pernah menjual kendaraan bermotor untuk menutupi operasional Triphemat.com!

 

Apa pesan Aliya bagi QM Readers yang ingin memulai bisnisnya sendiri?

Mental harus siap lahir batin (all out)  untuk membesarkan bisnis yang sudah dianggap seperti anak sendiri. Kamu harus terjun langsung menangani bisnismu di tahun-tahun awal. Teruslah belajar, konsisten dan disiplin terutama untuk masalah keuangan bisnis yang harus terpisah dari keuangan pribadi. Terakhir, jangan gampang terpengaruh terhadap bisnis orang lain, karena apa yang dia jalani berbeda dengan apa yang kamu jalani dan jangan minder kalau usahamu belum sebesar mereka, tetap semangat!

 

Terima kasih Aliya sudah mau berbagi cerita mengenai usahanya, Sukses selalu untuk Triphemat.com!

-Honey Josep-

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch