Articles

Kiat Kelola Karyawan

Dalam salah satu survey di Instagram stories tentang masalah apa yang paling memusingkan bagi pemilik bisnis, jawabannya adalah: mengelola sumber daya manusia alias karyawan. Apakah kamu mengalami hal yang sama?

Proses kelola karyawan

Ada tiga proses utama dalam pengelolaan karyawan, yaitu recruit, retain, dan evaluate.

Recruit

Saat awal membangun bisnis, biasanya hanya ada satu orang karyawan, ya si pemilik bisnis itu. Mulai dari mengurusi penjualan dan promosi hingga menjalankan operasional, semua diurusi sendiri. Seiring dengan perkembangan bisnis, kita butuh merekrut karyawan. Proses rekrutmen ini tak selalu berjalan mulus. Tidak mudah menemukan kecocokan antara kebutuhan bisnis dan dana yang tersedia dengan ketersediaan tenaga kerja. Bagi bisnis besar, ini tentu bukan masalah. Namun bagi bisnis kecil, panjangnya proses rekrutmen bisa sangat menguras waktu, tenaga, dan juga uang.

Retain

Saat sudah berhasil menemukan karyawan yang tepat lega rasanya. Akhirnya ada sebagian pekerjaan yang bisa dialihkan ke tim. Masalah belum berhenti sampai di sini. Karyawan baru perlu mendapatkan kompensasi dan benefit yang sesuai. Mulai masuk ke sisi finansial nih. Apakah omzet bisnismu sudah mampu menutup biayanya? Biaya kompensasi dan benefit bisa bisa dibuat jadi biaya fixed, variable, ataupun kombinasi keduanya. Mana yang kamu pilih?

Karyawan juga perlu dibekali dengan training-training agar kompetensinya selalu relevan dengan perkembangan bisnis. Tak hanya perlu training pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan, karyawan juga perlu training pengelolaan keuangan pribadi loh. Dengan begitu, mereka bisa mengelola kompensasi dan benefit yang diberikan perusahaan dengan lebih baik.

 

Evaluate

Tahap selanjutnya dalam pengelolaan karyawan adalah evaluasi. Apakah karyawan berhasil mencapai target performa yang diharapkan? Untuk bisa mengevaluasi perfoma, kita perlu data. Kamu bisa mulai menerapkan Performance Management System di bisnismu.

 

Rumit ya ternyata urusan kelola karyawan ini. Biar gak makin pusing, mari kita belajar langsung dari pakarnya. Yuk ikutan, Financial Clinic Online Series QnA Human Resources Management bersama Audi Lumbantoruan, Senior Human Capital Business Partner. Kelasnya gratis! Terbatas untuk 90 orang pertama ya. Segera daftar di event.qmfinancial.com.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch