Articles

Mendapat Tawaran Kerja di Perusahaan Lain Selagi Masih Bekerja, Terima Atau Tolak?

Kadang ada yang terjadi, mendapatkan tawaran kerja selagi kita masih bekerja di satu perusahaan. Wah, bikin galau deh.

Apalagi kalau situasinya, sebenarnya kita masih betah bekerja di perusahaan lama, tapi ada sesuatu yang bikin tawaran kerja yang baru ini menjadi lebih menarik. Yah, namanya juga sedang berusaha membujuk kita untuk pindah kerja, makanya tawaran kerja baru selalu akan lebih menggoda.

Dari sisi diri kita sendiri, mau menolak sayang, mau menerima mungkin juga pekerjaan baru tersebut akan lebih baik dari yang sekarang.

Salah satu hal yang biasanya menjadi pertimbangan utama adalah gaji yang ditawarkan oleh perusahaan baru itu, apakah lebih tinggi daripada gaji yang diterima saat ini dari perusahaan yang lama.

Namun, gaji bukanlah satu-satunya faktor penentu apakah kita mau menerima tawaran kerja yang baru, ataukah menolaknya. Setidaknya ada 5 hal ini yang menjadi pertimbangan, dan harus dipikirkan masak-masak.

 

5 Hal yang Harus Menjadi Pertimbangan Jika Kita Mendapatkan Tawaran Kerja Selagi Masih Bekerja

 

Mendapat Tawaran Kerja di Perusahaan Lain Selagi Masih Bekerja, Terima Atau Tolak?

1. Bonafiditas perusahaan

Tentu saja jika bonafiditas perusahaan baru tidak lebih baik dari bonafiditas perusahaan lama, maka hal ini perlu kita pertimbangkan benar-benar. Tapi juga sebaliknya, jika bonafiditasnya lebih baik, kita tetap harus mempertimbangkan faktor lain juga, yang bisa memengaruhi keputusan kita untuk pindah kerja.

Jadi, lakukan riset, serta cek semua hal tentang perusahaan baru yang memberikan tawaran kerja tersebut. Jenis usahanya, bentuk usahanya, dan lain-lain.

Terutama, apakah perusahaan baru tersebut kondisinya lebih sehat ketimbang perusahaan tempat kita bekerja sekarang?

Jangan sampai nih, baru bekerja sebulan dua bulan, kita sudah kehilangan pekerjaan karena perusahaan baru itu gulung tikar. Duh.

 

2. Jenjang karier

Bagaimana dengan jenjang karier di perusahaan yang baru? Kita juga harus membandingkannya dengan perusahaan yang sekarang.

Cek apakah posisi yang sedang ditawarkan ini menjanjikan jenjang karier yang panjang atau pendek, dan apakah mampu memberi kita kesempatan untuk mengembangkan diri dengan lebih leluasa?

 

3. Suasana kerja

Poin ketiga ini sangat penting lo! Biarpun gaji yang ditawarkan besar, tapi kalau suasana kerjanya enggak asyik, pastinya kita tak akan nyaman dalam bekerja bukan?

So, jika memungkinkan coba lakukan riset, di perusahaan yang baru tersebut, bagaimana hubungan antar rekan kerjanya? Kalau nanti seumpama pindah kerja ke perusahaan baru, siapa bosnya? Dan, seperti apa?

Iya sih, mungkin akan sulit merisetnya, tapi setidaknya kita bisa mencoba sampai sejauh mana kita bisa mencari informasi bukan?

 

4. Deskripsi pekerjaan

Cari informasi juga mengenai deskripsi pekerjaan untuk posisi yang ditawarkan pada kita. Apakah pekerjaan di perusahaan baru tersebut sesuai dengan keterampilan atau keahlian kita? Apakah deskripsi pekerjaan itu akan penuh dengan tantangan sehingga bisa mendorong kita untuk lebih baik? Cek juga, apakah beban kerja di pekerjaan yang baru tersebut lebih berat dari yang sekarang?

Kalau pekerjaannya bagus dalam menambah skill dan wawasan kita, maka hal tersebut tentunya akan bisa menjadi hal yang harus dipertimbangkan.

 

5. Benefit apa selain gaji yang ditawarkan

Benefit tentunya merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan utama saat kita mendapatkan tawaran kerja di tempat baru.

Cek, apakah perusahaan yang baru ini menawarkan benefit lain selain gaji? Misalnya, bagaimana jaminan kesehatan, tunjangan pensiun, serta apakah ada tunjangan-tunjangan lainnya?

Kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan karyawannya merupakan salah satu indikasi yang paling mudah terlihat mengenai apakah perusahaan tersebut sehat secara finansial atau tidak.

 

Jika dari kelima pertimbangan di atas, kita akhirnya bisa mendapatkan kesimpulan yang baik, maka tak ada salahnya sih kita menerima tawaran kerja di perusahaan yang baru. Bagaimanapun, kita kan berhak atas sesuatu yang lebih baik, termasuk soal penghidupan, bukan?

Namun, jika kesimpulannya tidak begitu baik, maka jangan ragu pula untuk menolaknya. Yang pasti, bebaskan diri dari semua emosi negatif saat sedang mempertimbangkan hal-hal di atas. Jangan pertaruhkan masa depan hanya karena emosi sesaat.

Tertarik mengundang QM Financial untuk memberikan program edukasi keuangan dan HR di perusahaan Anda? Sila WA ke 0811 1500 688 (NITA/MIA). Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas finansial online terbaru yang sesuai kebutuhan.

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch