Articles

Mencari Peluang Bisnis Sampingan Sebagai Karyawan, Mulailah dari 3 Jenis Usaha Ini

Sedang berpikir dan menimbang untuk menambah penghasilan dengan mencari peluang bisnis sampingan?

Sah-sah saja kok. Namanya juga usaha agar hidup lebih sejahtera, apalagi kebutuhan zaman sekarang semakin meningkat. Belum lagi kalau memikirkan saat kita harus pensiun kelak, kondisi saat kita mesti tetap hidup meski sudah nggak bisa mendapat penghasilan lagi.

Makanya, rasanya wajar banget kan, kalau kita tak puas hanya dengan gaji karyawan yang setiap bulan diterima? Kalau bisa sih, kita juga mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha atau bisnis sampingan, tentu saja sepanjang kita mengerjakannya secara etis sehingga nggak mengganggu pekerjaan utama kita di kantor.

Tapi, masih bingung, mau usaha apa?

Yang pasti, ada beberapa syarat yang harus kita ingat saat mencari peluang bisnis sampingan ini, supaya semua tetap aman terkendali, yaitu:

  • Modal sebisa mungkin tidak terlalu besar
  • Waktu pengelolaan pastinya kita menginginkan yang lebih fleksibel, mengingat kita masih punya pekerjaan utama yang menuntut perhatian lebih besar.
  • Berpeluang memberikan keuntungan yang lumayan
  • Target pasar sebisa mungkin tak perlu jauh-jauh amat. Sepertinya akan lebih bagus lagi kalau kita menyasar teman-teman sekantor kita sebagai target.

Thanks to technology, peluang bisnis sampingan ini kini terbuka bagi siapa saja. Bahkan yang bukan karyawan pun banyak yang punya beberapa macam bisnis sekaligus yang dijalankan dengan memanfaatkan teknologi.

Teknologi telah mempersingkat waktu dan jarak yang lebih fleksibel. Promosi juga lebih mudah dilakukan, lantaran nggak butuh tempat yang besar dan lebih terjangkau. Apalagi sekarang, sebut saja untuk bisnis online, ecommerce misalnya, berkembang gila-gilaan. Kita tak hanya bisa berjualan di toko online kita sendiri, tapi bisa menitipkan lapak kita juga di beberapa marketplace one stop shopping yang sekarang menjamur.

Nah, kalau mau mulai mencari peluang bisnis sampingan sekarang, berikut ada 3 jenis usaha sampingan yang cocok banget nih dijalankan oleh karyawan aka pebisnis pemula karena membutuhkan modal kecil namun tetap menjanjikan keuntungan yang lumayan.

 

3 Jenis Usaha yang Bisa Dicoba oleh Karyawan yang Mencari Peluang Bisnis Sampingan Sambil Terus Bekerja di Kantor

Mencari Peluang Bisnis Sampingan Sebagai Karyawan, Mulailah dari 3 Jenis Usaha Ini

1. Franchise (bisnis waralaba)

Peluang bisnis semakin luas terbuka membuat sebagian pengusaha juga membuka kesempatan pada orang lain yang ingin bermitra usaha dengan asas saling menguntungkan.

Bisnis waralaba adalah salah satunya. Kini semakin banyak pihak yang menawarkan kerja sama untuk bergabung untuk mengembangkan bisnis yang sudah dibangunnya, menjadi bisnis waralaba.

Dengan modal yang cukup terjangkau, kita bisa mendapatkan paketan usaha yang bisa menjadi milik kita sepenuhnya. Namun ada beberapa hal yang mesti juga diperhatikan, jika kita memilih bisnis waralaba ini sebagai peluang bisnis sampingan untuk menambah penghasilan kita–selain dari sisi modal–di antaranya:

  • Pilihlah bisnis waralaba yang sudah banyak dikenal. Dengan demikian, kita bisa menekan biaya promosi, lantaran orang sudah mengenal produk yang akan kita jual lebih dulu. Dengan branding produk yang sudah jalan, pastinya sudah lebih trustable kualitasnya bukan?
  • Pilih lokasi untuk membuka lapak yang tak jauh dari rumah, atau kalau bisa malah buka di rumah saja. Jarak yang jauh dari rumah ke tempat usaha bisa membuat kita kewalahan sendiri nanti saat menjalankan bisnis ini. Apalagi kita juga masih ngantor kan?
  • Jika kita tak mungkin menjalankannya sendiri, segera rekrut orang terdekat supaya bisa membantu mengelola lapak sementara kita bekerja di kantor. Perhitungkan upahnya dengan saksama, agar bisa tercover dalam biaya operasional harian atau bulanan.

Jika punya modal lebih, kita bisa mencoba untuk membuat konsep yang lebih kreatif dan membangun bisnis waralaba kita sendiri, kemudian menarik orang lain untuk bergabung.

 

2. Usaha rumahan

Kue dan berbagai camilan kering bisa banget dijadikan sebagai peluang bisnis sampingan yang menjanjikan.

Selain itu yang juga sedang marak adalah bisnis perlengkapan rumah tangga, misalnya bantal, karpet, aksesori dan pernak pernik home decor. Produk fashion juga masih tetap laris, seperti baju, sepatu, tas, kalung dan aksesoris fashion lain. Semua bisa dikerjakan saat kita sudah berada di rumah.

Jika pesanan meningkat dan kita kewalahan, cobalah untuk memanfaatkan tenaga kerja di sekitar rumah. Bagi orderan pada tetangga kiri kanan. Siapa tahu, kita malah bisa memberikan penghasilan pada orang-orang di sekitar kita.

Jual produk-produk yang kita hasilkan secara online. Bikin lapak di marketplace-marketplace, belajar jualan di Instagram dan Facebook, miliki akun WhatsApp bisnis, agar memperlancar proses jualan.

Kalau mau memanfaatkan pasar yang terdiri atas rekan-rekan sekantor, kita bisa membuat bisnis paket sarapan. Edarkan menu sarapan pada teman-teman sekantor, dan catat pesanan mereka. Keesokan harinya, mereka bisa mendapatkan paket sarapan sehat dari kita.

 

3. Jasa

Jasa ini tak harus selalu menuntut keterampilan khusus dari kita lho. Kita bisa mencoba membangun peluang bisnis sampingan berupa jasa jual beli tiket pesawat atau kereta, jasa pemesanan hotel, jasa percetakan brosur atau kartu nama, jasa menulis artikel, dan lain-lain.

Yang kita perlukan adalah mencari vendor yang tepat dan terpercaya, dengan demikian kita bisa menjalankan kerja sama yang saling menguntungkan.

 

Nah, gimana? Sudah memutuskan mau melakukan apa sebagai usaha sampingan selain sebagai karyawan untuk menambah penghasilan? Jangan ragu lagi. Mulailah dari peluang bisnis sampingan berskala kecil, lalu dengan perlahan dikembangkan hingga bisa menjadi bisnis yang bisa diandalkan.

Tertarik mengundang QM Financial untuk memberikan program edukasi keuangan dan HR di perusahaan Anda? Sila WA ke 0811 1500 688 (NITA/MIA). Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas finansial online terbaru yang sesuai kebutuhan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch