Articles, Topik Terkini

#FinClic Pengeluaran di bulan Ramadhan

Kurang lebih 2 minggu lagi umat Islam akan menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan lamanya. Kamu sudah mempersiapkan ibadah puasa dari segi finansial kah? Berdasarkan hasil survei yang didakan di IG QM Financial, biasanya terjadi bocor halus atau ambyar saat bulan Ramadhan tiba.

baca juga: Ramadhan Sebentar Lagi

Agar pengeluaranmu saat bulan Ramadhan bisa dikendalikan, mari cek  hal berikut:

Perubahan kebiasaan. Saat berpuasa, sedikitnya ada 2 kali pengeluaran makan yang dapat dihemat yaitu sarapan dan makan siang ditambah juga tidak jajan cemilan atau kopi sebulan penuh. Atau justru menu makanan bertambah dan bervariasi menjelang berbuka puasa, ini juga harus masuk ke dalam perhitungan anggaran pengeluaran di bulan puasa. Biasanya saat bulan Ramadhan, kamu pasti mendapatkan banyak undangan berbuka puasa, nah perlu dipilah pilih mana acara berbuka yang memang harus didatangi agar kantong tidak merana. Yuk dibuat daftar perubahan kebiasaan yang mengurangi atau bahkan menambah pengeluaran di bulan puasa.

Berhemat. Dari daftar perubahan kebiasaan di atas, coba kamu teliti kembali bagian mana yang dapat dihemat, siapa tahu dari daftar tersebut ternyata kamu beli hanya karena lapar mata.

Anggaran tambahan. Bila kamu tidak berhasil untuk menemukan bagian mana saja yang bisa dihemat, maka perlu membuat anggaran tambahan yang diambil dari Dana Darurat tapi begitu menerima Tunjangan Hari Raya (THR) maka kamu harus segera mengembalikan Dana Darurat yang dipinjam sebagai anggaran tambahan untuk pengeluaran di bulan puasa.

Peluang Usaha. Kamu bisa menggunakan momen Ramadhan untuk berdagang makanan atau minuman yang banyak dicari saat bulan puasa. Bahkan, di Yogyakarta ada warung yang hanya buka saat bulan Ramadhan tiba! Tertarik untuk mencoba? Siapa tahu dengan peluang usaha ini selain bisa mengendalikan pengeluaran siapa tahu bisa berkembang menjadi bisnis!

Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Terus follow Instagram QM Financial serta twitter @QM_Financial. Ada juga #FinClic dan IG Live yang seru setiap Senin jam 19:00!

-Honey Josep-


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch