Articles, #finclic, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, financial clinic, Financial Plan, finclic, Practical Tips

#FinClic Pentingnya Membuat Perencanaan Keuangan

Rasanya semua orang suka traveling bukan? Biasanya, kendaraan apa yang kamu pakai untuk bepergian? Bisa saja mobil, kereta api, pesawat atau kapal laut. Nah, perencanaan keuangan (PLAN) adalah jalur yang kamu tempuh dengan moda transportasi yang digunakan. Misalnya, kamu menggunakan mobil dari Jakarta ke Bandung maka plan-nya adalah jalur tol Cikampek. Atau kamu naik kereta api dari Gambir ke Bandung maka plan-nya adalah jalur kereta api mulai dari Gambir sampai Bandung.

Kalau traveling, kamu pasti tahu dan menentukan di mana titik berangkat dan titik tujuannya. Kalau sudah membuat rencananya (plan) bisa jadi ada perubahan. Apakah saat menggunakan mobil perlu mengganti arah karena macet tidak terkira, apakah perlu mobilnya diganti agar muat lebih banyak, perlukah istirahat di rest area dan lainnya.

Di dalam kehidupan ini tidak ada hal yang pasti. Kehidupan bisa berubah mulai dari yang awalnya lajang kemudian menikah, ada juga yang menikah akhirnya berpisah, bertambahnya anggota keluarga baru mebuktikan bahwa kehidupan itu bergerak dan tidak statis.

Begitu juga halnya dengan rencana keuangan (PLAN), bisa berubah. Awalnya kamu mempersiapkan Dana Pensiun tapi terpaksa harus dicairkan untuk Dana Menikah. Hal ini enggak salah lho! Justru dengan adanya rencana keuangan (PLAN) setiap tujuan keuangan bisa diwujudkan karena ada uangnya. Ketika kamu memiliki rencana dalam hidup, uangnya jelas mau dari mana.

Yang seringkali menjadi penghalang untuk tidak membuat perencanaan keuangan adalah persepsi bahwa apabila membuat plan akan ada hal-hal kesukaan yang dihalangi padahal tidak. Atau merasa kemahalan membayar jasa perencana keuangan independen. Menurut Ligwina Hananto, lead trainer QM Financial, membuat perencanaan keuangan bisa dilakukan sendiri dan tersedia modulnya di Financial Clinic Online Series, cek jadwalnya di event.qmfinancial.com!

Memiliki perencanaan keuangan menjadi penting karena,

  • Banyak kemauan tetapi sumber daya terbatas. Siapa yang ingin bisa terus traveling tanpa khawatir soal uang? Siapa yang ingin bisa pensiun dengan lifestyle yang nyaman? Semua pasti ingin tapi ternyata sumber daya keuangan terbatas, maka perlu membuat perencanaan keuangan agar ada tujuan yang ingin dicapai dengan sumber daya keuangan yang tersedia.
  • Inflasi. Setiap tahun kita menghadapi inflasi dan perencanaan keuangan membantu kamu untuk menghitung inflasi agar tujuan keuangan bisa dicapai dengan produk keuangan yang dapat mengalahkan inflasi.
  • Risiko. Di dalam kehidupan ini, tidak ada hal yang pasti dan semuanya mengandung risiko. Dengan adanya perencanaan keuangan maka kamu dapat memitigasi risiko menjadi minimal.

Untuk memiliki perencanaan keuangan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah Financial Check Up. Sama halnya dengan medical check up yang biasa dilakukan, kamu akan diambil sampel darahnya untuk mengecek kadar gula darah, kolesterol dan indikasi lain mengenai kesehatan tubuhmu. Begitu juga dengan financial check up, kamu akan diminta untuk mengisi data keuangan berupa neraca dan arus kas dan dari sana akan terlihat rasio keuangan yang membuktikan kesehatan keuanganmu.

Yuk, mulai langkah perencanaan keuanganmu dengan mengikuti #KelasFinansialOnline via aplikasi zoom. Kamu, bisa belajar di mana saja dari handphoen atau laptopmu. Sila cek daftar kelasnya di sini: http://event.qmfinancial.com.

Sampai jumpa di kelas online!

-Honey Josep-


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch