Articles

Proteksi Jiwa Murni

Halo Planners!

Kamu pasti sudah tahu pentingnya proteksi sebagai salah satu bagian dari konsep Blueprint of Your Money yang digagas oleh Ligwina Hananto, lead trainer QM Financial. Nah, memilih proteksi memang gampang gampang susah dengan proses berbelit sehingga membuat calon nasabah enggan untuk membelinya. Ditambah lagi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2017, indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,76%.

Produk asuransi yang beredar di Indonesia beragam, dan tidak jarang masyarakat pun kebingungan memilih produk asuransi yang sesuai. Pemahaman dari agen asuransi yang kurang tepat juga salah satu faktor masyarakat Indonesia merasa bahwa asuransi menjadi tidak penting, karena banyak sekali orang yang merasakan tidak bermanfaatnya memiliki proteksi.

Proteksi berupa asuransi dapat meminimalkan risiko di segi keuangan yang timbul akibat terjadinya suatu kemalangan misalnya dirawat di rumah sakit, kecelakaan maupun meninggal. Agar fungsi proteksi maksimal, sebaiknya kamu membeli asuransi murni dengan premi yang sesuai dengan kemampuanmu. Harga premi yang bervariasi di setiap asuransi murni dilandasi oleh banyak hal, terutama jenis pelayanan dan jaminan yang akan kamu peroleh setelah menjadi nasabah di kemudian hari.

baca juga: Yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Asuransi

Asuransi murni merupakan perlindungan atau proteksi dan bukan investasi. Premi yang kamu bayarkan ke perusahaan asuransi akan disimpan dan dipergunakan pada saat kamu melakukan klaim. Ketika tidak melakukan klaim sejak menjadi nasabah sampai jangka waktu perjanjian berakhir, seluruh uang yang kamu bayarkan dalam bentuk premi tidak dapat ditarik kembali dengan jumlah yang sama atau hangus.

Asuransi jiwa murni terutama diperuntukkan bagi pencari nafkah utama yang menjadi tulang punggung keluarga. Asuransi jiwa murni memberikan perlindungan berupa kerugian finansialakibat kematian seseorang yang merupakan sumber nafkah keluarga. Asuransi jiwa murni akan menanggung kebutuhan finansial anggota keluarga yang ditinggalkan, sehingga kelangsungan hidup orang yang mereka tinggalkan pun tetap terjamin.

Jumlah uang pertanggungan dari asuransi jiwa telah disepakati di awal perjanjian. Untuk menerima manfaat ini, tertanggung wajib membayar premi secara bulanan atau tahunan. Asuransi jiwa murni juga dapat memberikan pertanggungan biaya perawatan dan pengobatan apabila terjadi kecelakaan. Selain itu, asuransi jiwa murni juga memberikan manfaat pemakaman ketika kamu meninggal. Tentunya kamu tidak ingin keluarga terbebani kebutuhan pemakaman bukan?! Apalagi kalau adat budaya keluargamu menggunakan prosesi pemakaman yang membutuhkan dana besar. Anggota keluarga yang masih hidup dapat melakukan klaim asuransi untuk mengganti biaya pemakaman sehingga akan meringankan beban mereka.

Premi yang relatif murah dan dapat disesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Meski preminya murah, uang pertanggungan asuransi jiwa murni tinggi.

Walau demikian, tidak ada satu produk keuangan yang sempurna. Asuransi jiwa murni memiliki kekurangan dalam hal premi hangus bila tidak ada klaim selama masa kontrak. Asuransi jiwa juga tidak bisa melindungi nasabah dari penyakit kritis.

baca juga: #FinClic Asuransi

Selamat berasuransi!

-Honey Josep-

Disclaimer: artikel ini adalah bagian dari edukasi publik tentang financial literacy – bukan untuk kegiatan komersil. Apabila mengunakan informasi dalam artikel ini untuk keperluan pengambilan keputusan, investor harus mempertimbangkan semua risiko dan skenario terburuk yang dapat terjadi. QM Financial tidak memberikan jaminan akurasi data dan tidak memberikan jaminan keuntungan atas produk keuangan dan investasi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch