Articles

Atur Bonus Tahunan Untuk Pengeluaran Tahunan

Apakah perusahaan tempatmu bekerja memberikan bonus tahunan sebagai apresiasi atas pekerjaan? Bonus merupakan tambahan uang yang diberikan kepada pekerja selain gaji. Biasanya bonus tahunan diberikan sesuai dengan prestasi dan kemampuan/keuntungan perusahaan di akhir tahun.

Bila bonus tahunan sudah di tangan, mari diatur untuk membiayai pengeluaran tahunan yang jumlahnya cukup besar. Apa sajakah pengeluaran tahunan yang dapat dibayarkan dari bonus? Yuk kita cari tahu!

7 Pengeluaran Tahunan Yang Dapat Dibiayai Dari Bonus Tahunan

Utang. Biasanya sisa utang jumlahnya cukup besar terutama utang kartu kredit sehingga kamu bisa menggunakan bonus tahunan untuk membayarkannya. Dengan membayarkan utang, setidaknya arus kas bulananmu akan terasa lebih ringan. Namun, untuk melunasi utang KPR, kamu perlu mempertimbangkannya dengan baik karena belum tentu melunasinya adalah salah satu jalan terbaik. Baca juga: 5 Langkah Agar Kamu Merdeka Dari Utang atau #FinClic Bebas Utang

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Kalau kamu memiliki kendaraan bermotor, setiap tahunnya tentu saja kamu perlu melakukan pembayaran pajak bersama dengan perpanjangan STNK. Dengan persyaratan yang mudah, kamu bisa melakukan perpanjangan STNK secara langsung dengan biaya yang lebih transparan. Selain itu, dengan mengurus STNK sendiri kamu turut mendukung pemerintah dalam upaya pemberantasan korupsi.

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). PBB adalah pungutan atas tanah dan bangunan yang muncul karena adanya keuntungan dan/atau kedudukan sosial ekonomi bagi seseorang atau badan yang memiliki suatu hak atasnya, atau memperoleh manfaat dari padanya. Jadi persiapkan pembayaran PBB dari bonus tahunan yang ditunggu sampai 31 Agustus setiap tahunnya.

Premi Asuransi. Perhitungkan besaran premi yang harus dibayarkan dengan jumlah pertanggungan yang akan kita dapatkan. Jangan memilih premi yang hanya akan memberikan pertanggungan tidak maksimal bagimu. Tapi jangan juga memaksakan diri untuk membeli polis asuransi dengan sejumlah premi yang besarnya di luar jangkauan keuanganmu.

Kenaikan kelas. Salah satu pengeluaran yang dapat dibiayai dari bonus tahunan adalah kenaikan kelas anak berupa uang daftar ulang, uang buku dan seragam serta uang SPP untuk yang membutuhkan pembayaran di muka.

Kurban Idul Adha. Kalau Tunjangan Hari Raya (THR) yang kamu terima tidak dapat membiayai pengeluara kurban Idul Adha, kamu bisa memanfaatkan bonus tahunan. Perkiraan kurban kambing mulai dari Rp1.900.000 dan kurban sapi mulai dari Rp23juta.

Liburan. Kamu boleh kok menggunakan bonus tahunan yang diperoleh untuk pergi liburan ke tempat yang sudah menjadi bucket list. Tapi kamu harus memastikan kalau uangmu memang cukup untuk liburan setelah membayarkan semua kewajiban-kewajiban yang harus kamu lunasi.

Kalau kamu ingin belajar mengenai mengatur bonus tahunan, ikuti kelas Financial Clinic Online Series (FCOS) melalui aplikasi zoom. Jadwal kelas dapat dilihat di event.qmfinancial.com

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch