Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Atur Keuangan Paska Lebaran

Halo Planners, mohon maaf lahir dan batin ya! Bagaimana Lebaran kemarin? Apakah kamu mendapatkan pengalaman seru dari libur Idul Fitri? Lebaran telah usai namun ada hal yang harus kamu pikirkan setelah kembali dari kampung halaman atau menikmati libur panjang yaitu kondisi keuangan paska Lebaran. Tidak heran kalau keuangan menipis setelah Idul Fitri karena kebanyakan orang menggunakan momen libur panjang untuk mudik atau liburan ke luar negeri. Kamu perlu belajar atur keuangan paska Lebaran agar keuanganmu sehat

9 Cara Atur Keuangan Setelah Idul Fitri

Berhitung. Cobalah menghitung semua pengeluaran yang terjadi selama Idul Fitri. Apakah THR masih ada sisanya? Kalau iya, sisa THR tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sampai gajian berikutnya ditransfer ke rekening.

Dana Darurat. Bila THR tidak ada sisa dan pengeluaran Lebaran melebihi anggaran yang telah dibuat, kamu dapat menggunakan Dana Darurat untuk menutupi kelebihan anggaran namun kamu harus segera mengembalikan nilai Dana Darurat yang dipinjam apabila sudah menerima gaji selanjutnya.

Uang Tunai. Gunakan hanya uang tunai untuk bertransaksi sehingga kamu tahu berapa jumlah uang riil yang ada di dalam dompet dan kamu menjadi tidak delusional merasa memiliki uang tanpa batas (kartu kredit).

Berhemat. Hal ini memang paling menyebalkan namun terpaksa dilakukan agar keuanganmu tidak terlilit utang. Sebenarnya banyak yang bisa dihemat dari pengeluaran sehari-hari. Untuk sementara waktu, kamu bisa menggunakan transportasi umum saat berangkat dan pulang kantor karena jalanan terutama kota besar seperti Jakarta masih cukup lengang seminggu paska Lebaran. Bagi kamu yang biasanya ngopi, tahan diri sebentar dan kamu bisa menjalankan ibadah puasa Syawal agar memperoleh lebih banyak pahala. Kalau biasanya kamu makan di kantin, karena masih banyak penjual yang masih tutup maka kamu dapat memasak dan membawa makan siang buatanmu sendiri. Tentunya hal ini jauh lebih hemat dibandingkan kamu membeli makanan.

Substitusi. Kamu dapat melakukan penghematan dimulai dari pilihan atas barang-barang yang kamu gunakan sehari-hari. Apakah kamu pernah membandingkan produk merek A dengan merek B yang kamu gunakan dari segi harga? Cobalah mulai sekarang kamu perhatikan, seringkali produk sejenis yang memiliki fungsi sama namun harganya terpaut jauh berbeda. Bisa jadi produk yang kamu gunakan sekarang harganya lebih mahal dibandigkan produk sejenis yang berbeda merek. Enggak ada masalah kan untuk beralih dan berganti merek karena fungsinya tetap sama malahan bisa menghemat keuanganmu. Apabila keuanganmu sudah sehat dan terkendali, kamu diperbolehkan untuk kembali menggunakan barang kebutuhan sehari-harimu dengan merek favorit.

Pekerjaan Tambahan. Untuk bertahan hidup dengan kondisi keuangan pas-pasan sampai gajian berikutnya tiba, kamu bisa melakukan pekerjaan tambahan. Saat ini sudah banyak pilihan untuk melakukan pekerjaan tambahan misalnya, menjadi ojek online atau bahkan membuat makanan untuk dijual, mumpung banyak kantin yang masih buka.

Garage Sale. Perhatikan bagaimana kondisi kamar serta lemari pakaianmu saat ini. Apakah kamarmu dipenuhi dengan pakaian yang tersusun di atas tempat tidur karena sudah tidak ada lagi tempat lagi di lemari pakaian? Sekarang, buka lemari pakaianmu, mungkin ada barang-barang yang sudah tidak terpakai untuk jangka waktu yang lama. Maka inilah saatnya kamu untuk melakukan garage sale! Saat ini sudah banyak online platform untuk menjual barang bekas pakai. Selain kamar dan lemari menjadi lebih rapi dan lapang, kamu juga mendapatkan uang.

Jual Aset. Bila keuanganmu paska Lebaran porak poranda dan kamu tergiur untuk mengambil pinjaman yang banyak ditawarkan, sebaiknya kamu menahan diri. Tidaklah bijak berutang untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari apalagi untuk pengeluaran yang sudah lewat. Hal ini hanya akan membuat keuanganmu terbebani dan tidak memberikan solusi. Lebih baik kamu menjual aset yang ada, misalnya barang berharga atau perhiasan yang kamu miliki.

Tidak Terulang di Tahun Depan. Hari Raya Idul Fitri datang setiap tahun maka sudah sebaiknya kondisi keuangan paska Lebaran bisa semakin sehat dari tahun ke tahun apabila direncanakan dengan baik. Yuk mulai merencanakan anggaran Ramadan dan Idul Fitri tahun depan mulai hari ini.

Semoga kondisi keuanganmu paska Lebaran dapat pulih segera dan tahun depan menjadi lebih baik!

Kamu bisa mengikuti kelas finansial online yang diadakan melalui aplikasi zoom. Financial Clinic Online Series (FCOS) menyediakan beragam kelas sesuai dengan kebutuhanmu untuk menjadi perencana keuangan handal untuk dirimu sendiri. Jadwal kelas dan pendaftaran dapat dilihat di event.qmfinancial.com

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch