Articles, Practical Tips

Daycare VS Preschool, Pilih Yang Mana?

Bagi kamu yang memiliki balita dan tinggal di kota besar, tuntutan biaya hidup yang lebih tinggi membuat kamu dan pasangan harus sama-sama bekerja. Walaupun tuntutan biaya hidup bisa diatasi dengan solusi bekerja bersama namun muncul masalah baru yaitu siapa yang akan menjaga balita ketika kedua orangtuanya bekerja? Apakah memilih menitipkan anak di day care atau malah menyekolahkan anak di playgroup?

Sebelum memutuskan untuk memilih daycare atau menyekolahkan anak, sebaiknya kamu perlu tahu hal berikut:

Lokasi
Hal pertama yang menjadi pertimbangan untuk memilih daycare atau sekolah adalah lokasi. Pilihannya hanya 2 yaitu, dekat dari rumah atau dekat dari kantor. Biasanya, orang tua yang memilih menempatkan anaknya di daycare akan memilih lokasi yang dekat dengan kantor karena dikuatirkan kalau lokasi dekat rumah, terlalu lama waktu yang dibutuhkan untuk menjemput balita. Sedangkan bila balita masuk sekolah, orang tua akan memilih lokasi dekat dengan rumah karena aktivitas di sekolah maksimal berlangsung selama 4 jam.

Biaya
Sama seperti halnya sekolah konvensional dan homeschooling, daycare atau pun preschool membutuhkan biaya yang cukup besar. Baik daycare maupun preschool, ada uang pangkal yang harus dibayarkan. Selain uang pangkal, untuk daycare biaya per bulan yang dibayarkan mulai dari Rp2,5juta sampai Rp4juta untuk balita umur 3 bulan sampai 3 tahun. Sedangkan biaya bulanan preschool mulai dari ratusan ribu Rupiah sampai Rp3juta, untuk balita umur 18 bulan sampai 3 tahun. Selain biaya bulanan yang timbul, ada juga biaya lain yang harus diperhatikan, kalau untuk preschool, ada biaya berupa seragam dan kegiatan tahunan seperti field trip. Belum lagi ditambah dengan biaya transportasi pulang pergi daycare atau preschool.

Bangunan dan Ruangan
Dikarenakan kamu akan menitipkan anak selama beberapa jam di preschool atau bahkan seharian di daycare maka kamu perlu memilih bangunan dengan luas yang layak serta sirkulasi udara baik dengan ruangan yang bersih. Penting juga untuk diperhatikan apakah bangunan dan ruangan aman untuk aktivitas balita.

Sumber Daya Manusia
Selain lokasi, biaya dan bangunan, kamu juga perlu memperhatikan faktor sumber daya manusia yang mengelola, menjaga dan mengajar balita di daycare maupun preschool. Semakin terlatih dan berpengalaman tentunya biaya daycare atau preschool akan lebih mahal. Tetapi, meski mahal, yang utama adalah kenyamanan dan keamanan balita saat berada di daycare atau preschool.

Nilai (Value)
Orangtua akan terbantu saat daycare atau preschool menerapkan nilai yang sama. Hal ini memudahkan pola ajar sehingga balita tidak mengalami kebingungan penerapan nilai-nilai saat berada di rumah atau di daycare maupun di preschool.

Nah, semoga kamu tidak kesulitan lagi untuk menentukan apakah balita akan masuk ke daycare atau preschool.

Bila kamu ingin tahu lebih lanjut cara menghitung Dana Pendidikan Anak mulai dari preschool sampai universitas, yuk ikuti kelas finansial online Financial Clinic Online Series (FCOS).
Financial Clinic (FinClic) awalnya merupakan sebuah talkshow radio pada tahun 2006 di salah satu stasiun radio di Jakarta. Kemudian berkembang menjadi FinClic seminar series, FinClic Tweet series di twitter dan sekarang di Instagram live setiap Senin malam jam 19:00. #FinClic pada pertengahan tahun 2018 sampai detik ini berkembang menjadi kelas finansial onlinemelalui aplikasi zoom yang dinamakan Financial Clinic Online Series (FCOS). Untuk jadwal dan pendaftaran bisa dilihat di event.qmfinancial.com

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch