Articles, #finclic, Dana Pendidikan, financial clinic, finclic, Topik Terkini, Tujuan Finansial

#FinClic Tujuan Finansial Uang Pangkal Masuk SD

Financial Clinic (FinClic) awalnya merupakan sebuah talkshow radio pada tahun 2006 di salah satu stasiun radio di Jakarta. Kemudian berkembang menjadi FinClic seminar series, FinClic Tweet series di twitter dan sekarang di Instagram live setiap Senin malam jam 19:00. #FinClic pada pertengahan tahun 2018 sampai detik ini berkembang menjadi kelas finansial online melalui aplikasi zoom yang dinamakan Financial Clinic Online Series (FCOS).

Merencanakan Dana Pendidikan anak merupakan topik yang paling sering ditanyakan oleh peserta pelatihan di pelatihan yang diadakan oleh QM Financial. Banyak sekali khususnya orang tua muda ingin mencapai tujuan finansial Dana Pendidikan Anak yang nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun antara 10% – 20%. Walaupun sekarang sekolah negeri sudah semakin baik dan gratis tapi persaingan untuk masuk ke sekolah negeri unggulan sangat ketat. Sehingga hal ini menyebabkan kamu perlu mempersiapkan Dana Pendidikan Anak dengan angka sekolah swasta. Ingat, jangan sampai biaya menghalangi pendidikan anakmu, lebih baik Dana Pendidikan Anak berlebih daripada kurang!

Untuk menghitung Dana Pendidikan Anak dengan kebutuhan Uang Pangkal masuk Sekolah Dasar (SD) maka kamu perlu menetapkan berapa lama lagi dana ini harus siap untuk digunakan. Apakah kamu perlu ngebut untuk mengejar Dana Pendidikan Anak atau justru kamu perlu slow down karena dananya sudah mau dipakai sebentar lagi, inilah yang dinamakan Tujuan Lo Apa. Prinsip Tujuan Lo Apa memberikan fokus pada goals (tujuan finansial) yang diinginkan sehingga produk yang dipilih menyesuaikan goals tersebut. Dengan tahu Tujuan Lo Apa maka kamu bisa dengan mudah menentukan langkah finansial seperti apa yang akan diambil. Tujuan keuangan sederhananya merupakan mimpi yang ingin kamu raih.

Prinsip Tujuan Finansial memiliki 3 elemen penting yaitu,

Judul. Tujuan finansial tidak bisa dibuat abu-abu dan dibuat dengan sangat spesifik. Setiap tujuan keuangan harus punya “muatan”, sebuah judul agar uang yang sedang kamu upayakan bermanfaat bagi kehidupanmu. Ada banyak judul yang bisa kamu gunakan untuk tujuan finansialmu. Untuk #FinClic kali ini kita akan membicarakan mengenai Dana Pendidikan Anak untuk uang pangkal masuk SD swasta nasional.

Nilai masa depan. Selain tujuan keuangan harus memiliki makna di dalam kehidupan, tujuan finansial juga erat kaitannya dengan nilai di masa depan. Dana Pendidikan Anak untuk uang pangkal masuk SD yang akan kita hitung saat ini adalah Rp20juta. Uang pangkal masuk SD ini nilainya tidak statis tapi berubah dari tahun ke tahun tergantung dari inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Jangka Waktu. Setelah kamu tahu judul dan nilai masa depan, kamu perlu tahu kapan dana tersebut dibutuhkan. Untuk Dana Pendidikan Anak yang kita bahas saat ini, dana tersebut dibutuhkan pada 6 tahun akan datang.

baca juga: Komponen Dana Pendidikan Konvensional dan Komponen Dana Pendidikan Homeschooling

Sekarang kamu sudah tahu bahwa tujuan finansial yang ingin dicapai adalah Dana Pendidikan Anak berupa Uang Pangkal masuk SD swasta dengan nilai saat ini Rp20juta. Dengan menggunakan asumsi inflasi 12% per tahun maka Dana Pendidikan Anak berupa Uang Pangkal masuk SD swasta pada 6 tahun yang akan datang menjadi Rp39.476.454. Untuk mencapai Dana Pendidikan Anak berupa Uang Pangkal masuk SD swasta sebesar Rp39.476.454, kamu hanya perlu berinvestasi bulanan sebanyak Rp450.000 di produk keuangan yang memberikan imbal hasil (return) 8% per tahun. Jumlah investasi yang ringan bukan?! Maka kamu perlu action sekarang agar tujuan finansial Dana Pendidikan Anak berupa Uang Pangkal masuk SD swasta bisa tercapai, dan jangan ditunda-tunda lagi! Semakin cepat semakin baik!

Kamu mungkin bertanya, bagaimana cara menghitung tujuan finansial Dana Pendidikan Anak, ikutan kelas finansial online dengan menggunakan aplikasi zoom yuk! Di Financial Clinic Online Series (FCOS), kamu bisa belajar lebih mendalam untuk menghitung Dana Pendidikan dengan rumus yang diberikan dan worksheet yang menjadi milikmu untuk melakukan penghitungan tersebut. Jadwal dan pendaftaran FCOS bisa dilihat di event.qmfinancial.com!

Terus follow instagram QM Financial serta twitter @QM_Financial. Ada juga #FinClic dan IG Live yang seru setiap Senin jam 19:00!

-Honey Josep-

 

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch