Articles, Topik Terkini

Ide Liburan Sekolah Anak Ramah Kantong

Akhirnya, setelah hampir satu tahun belajar di sekolah, masa liburan tiba juga. Masa liburan sekolah memang merupakan masa yang sangat menyenangkan bagi anak. Karena, saat liburan, anak bisa mengerjakan kegiatan-kegiatan yang menggembirakan. Mereka juga terbebas dari tugas sekolah yang rutin dilakukan.

Pada dasarnya setiap manusia perlu liburan, tidak terkecuali anak-anak. Liburan dibutuhkan karena tubuh dan pikiran memerlukan penyegaran terutama setelah menjalani aktivitas rutin harian selama beberapa waktu lamanya. Kegiatan liburan yang menyenangkan akan membuat anak terhindar dari kejenuhan dan penurunan semangat pada saat kembali ke sekolah dan melakukan tugas rutinnya nanti. Walau anak juga membutuhkan liburan, jenisnya akan berbeda dari orang dewasa. Sebagai orangtua, kita harus mengatur jenis kegiatan yang mengakomodasi kebutuhan anak dan mengalokasikan waktu secara khusus terutama bagi orangtua yang bekerja.

Berikut beberapa ide liburan anak sekolah ramah kantong,

Berkunjung ke sanak keluarga. Liburan anak bisa diisi dengan mengunjungi sanak saudara dalam rangka mempererat hubungan keluarga. Hal ini mengajarkan dan melatih emosional serta perilaku positif bagi anak yaitu berinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi, berkunjung ke sanak saudara bukan hal mudah bagi anak yang mungkin sebelumnya belum pernah melihat keluarga atau saudaranya sehingga seringkali tidak bisa menyesuaikan diri dan hanya mengandalkan keberadaan orang tuanya. Diperlukan keterlibatan dan peran dari orang tua agar anak tetap merasa nyaman berada di lingkungan yang asing bagi mereka. Biaya yang dikeluarkan untuk berlibur dan berkunjung ke sanak keluarga pun masih terjangkau apalagi kalau hanya di dalam kota, kamu hanya perlu membawakan buah-buahan untuk yang empunya rumah.
baca juga: 3 Tips Atur Dana Sosial Agar Tidak Memberatkan Keuanganmu dan Kenali 5 Masalah Keuangan di Keluarga

Berkegiatan di rumah.
Liburan sekolah di rumah saja? Walau terdengar membosankan, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di rumah lho, mulai dari nonton film Disney secara marathon sampai melahap habis film Marvel Comics Universal. Orangtua juga dapat mengajak anak melakukan hobi mulai dari merawat binatang peliharaan sampai membuat percobaan sains. Satu hal penting yang bisa diajarkan orangtua kepada anak saat liburan sekolah yaitu membantu melakukan pekerjaan rumah tangga seperti melipat baju, mencuci peralatan makan sampai mencuci kendaraan. Gunakan liburan sekolah untuk anak belajar bahwa di dalam keluarga harus saling tolong menolong dan bergotong royong mengerjakan pekerjaan rumah tangga bersama agar keluarga senantiasa nyaman dan sehat. Kegiatan liburan sekolah ini merupakan kegiatan paling minim biaya yang dapat dilakukan bersama-sama.

Traveling.
Liburan sekolah memang erat kaitannya dengan traveling, mulai dari jalan jalan ke luar negeri , jelajah Indonesia atau berkeliling di dalam kota saja. Liburan keluarga memang selalu seru! Tapi untuk liburan keluarga, kamu perlu merencanakan Dana Liburan dengan baik dengan 7 Tips #Senang Liburan (Bagian 1) dan (Bagian 2). Kamu bisa juga mengajarkan anak bahwa ada peluang usaha yang bisa dilakukan saat liburan! Senang-senang tetap berjalan sekaligus anak belajar menghasilkan uang melalui traveling.
baca juga: 7 Tips Liburan Anti Utang dan Anti Bokek Paska Liburan

Keterampilan Baru. Bila ada waktu tersisa, kamu bisa mengisi liburan sekolah anak dengan mengikutsertakan anak ke dalam kelas-kelas dengan keterampilan baru, misalnya kelas pubic speaking, kelas memasak atau membuat kue, kursus robotik, kursus renang dan kelas perencanaan keuangan untuk anak. Percaya deh, dengan bertambahnya keterampilan baru semakin membuat anak percaya diri dan mandiri tapi tentu saja ada biaya yang harus dibayarkan untuk mengikuti kursus yang ada. Walau ada biaya kalau untuk anak pasti akan dan bisa kamu usahakan, benar nggak?!

Semoga beberapa contoh kegiatan di atas bisa menjadi ide untuk mengisi liburan sekolah ya! Yang terpenting adalah kamu sebagai orangtua hadir dan memiliki waktu berkualitas bersama anak saat liburan sekolah.

Oh iya, kalau kamu ingin belajar kelas finansial online dengan topik seru sesuai dengan kebutuhanmu, yuk bergabung di Financial Clinic Online Series (FCOS) melalui aplikasi zoom. Jadwal dan pendaftaran FCOS dapat dilihat di event.qmfinancial.com

Selamat mengisi liburan sekolah!

-Honey Josep-

 

TOPICS


Satu tanggapan untuk “Ide Liburan Sekolah Anak Ramah Kantong”

  1. […] kamu sudah disibukkan dengan masa di mana anak-anak kembali bersekolah? Setelah liburan sekolah anak yang panjang, saatnya kembali beraktivitas belajar di sekolah selama lebih kurang satu tahun […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch