Articles, Cash Flow, Personal

Song Hye Kyo Harus Segera Melakukan 5 Hal Ini Segera Setelah Bercerai Supaya Hidup Kembali Aman

Pasangan yang dijuluki #CoupleGoals oleh para pecinta drama Korea–Song Joong Ki dan Song Hye Kyo–resmi mengumumkan perpisahan mereka. Duh, siapa nih di sini yang ikutan patah hati?

Ternyata yang terlihat serasi di luar, belum tentu harmonis di dalam. Song Song Couple ini menikah 13 Oktober 2017, setelah keduanya berkenalan saat sama-sama membintangi Descendants of the Sun dan akhirnya berpacaran. Disebut sebagai true love symbol, digadang menjadi pasangan serasi yang langgeng, ternyata tanpa diduga, Song Joong Ki mengajukan cerai terhadap Song Hye Kyo tanggal 26 Juni 2019 lalu.

Lebih lanjut lagi, karena efek akan tekanan yang terjadi pada kehidupan pribadinya, Song Hye Kyo dikabarkan terancam kehilangan beberapa job iklan yang akan dibintanginya.

Waduh! Ini nih. Ini dia yang memang sering terjadi saat perceraian sedang terjadi.

Perpisahan memang tak pernah mengenakkan. Belum lagi, biasanya terjadi juga rentetan efek kurang nyaman di belakang. Terutama soal melanjutkan hidup. Karena kadang yang terjadi adalah saat menikah, si istri sudah rela melepaskan pekerjaan dan memilih untuk fokus pada keluarga. Hal ini membuat istri menjadi tertanggung bagi suami. Bagi sebagian orang, ini dianggap sebagai kewajiban suami sih, dan itu enggak salah. Namun, kalau terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti ini, lalu istri bisa hidup dari apa? Karena berarti ia sudah tak lagi menjadi tanggung jawab suami, setelah bercerai kan?

Song Hye Kyo masih beruntung karena namanya masih cukup dikenal oleh masyarakat. Kalau ia kembali berakting pun, rasanya bakalan masih banyak yang mau nonton. Meski mungkin berefek sementara waktu, seperti penangguhan kontrak bintang iklan. Lha, kita? Yang tadinya bekerja kantoran, lalu resign karena alasan menikah? Apa kabar?

Rumah tangga boleh retak, but life must go on, right? Hidup bisa jadi porak poranda bagi sang istri yang digugat cerai, tapi hidup masih panjang ke depan.

Salah satu yang paling penting dan harus segera dipikirkan adalah masalah keuangan. Segera kuatkan diri untuk bangkit lagi dan lanjutkan hidup. Segera lakukan langkah tepat untuk menata keuangan, seperti berikut ini.

 

5 Hal keuangan yang harus segera Song Hye Kyo lakukan setelah bercerai dari Song Joong Ki, demikian pula kita jika kita sedang menjalani proses yang sama

 

Song Hye Kyo Harus Segera Melakukan 5 Hal Ini Segera Setelah Bercerai Supaya Hidup Kembali Aman

1. Lakukan financial checkup

Memang nggak mudah mengambil keputusan finansial dengan cepat dan tepat saat masih dalam proses perceraian seperti Song Hye Kyo. Tapi cepat ataupun lambat, kita mesti melakukannya. Tunggu sampai emosi agak reda dan stabil, dan segera lakukan tindakan cepat.

Lakukan financial checkup. Buka lagi buku catatan keuangan pribadi, kalau memang sudah ada. Teliti, apakah masih ada utang tertunggak, berapa pemasukan kita jika tanpa uang belanja suami, dan berapa pengeluaran rutin setiap bulan.

Jika ada anak-anak biasanya nanti suami akan punya kewajiban untuk memberi nafkah bagi mereka. Tapi untuk si (mantan) istri, ia harus berusaha sendiri. Maka mengetahui kondisi kesehatan keuangan sendiri ini penting, agar dapat mempertimbangkan langkah apa selanjutnya yang harus diambil.

 

2. Bereskan administrasi

Segera selesaikan urusan administrasi, tak perlu menunda lagi. Ketika kita terpaksa harus kembali ke status lajang karena perpisahan seperti Song Hye Kyo, biasanya akan ada masalah administrasi yang harus segera diselesaikan. Mengurus surat perceraian, misalnya.

Bereskan semua masalah ini satu per satu hingga tuntas. Periksa juga dokumen resmi yang lain. Asuransi, kartu kredit, ataupun rekening bank, adalah beberapa dokumen penting yang harus segera diperjelas statusnya. Terutama jika punya rekening bersama.

 

3. Kendalikan semua pengeluaran

Setelah itu, segeralah ambil langkah untuk mengendalikan anggaran kembali. Dengan perubahan yang terjadi, buat anggaran yang sesuai dengan kondisi status yang kini kembali lajang. Rancang kembali anggaran pribadi agar kondisi keuangan tetap terkendali.

Seperti Song Hye Kyo, ada kemungkinan akan mendapatkan tunjangan dari Soong Jong Ki. Tapi mengingat mereka belum punya anak, bisa saja hal ini meleset. Jika kita sendiri ragu akan mendapatkan tunjangan dari mantan, maka sebaiknya jangan dulu dimasukkan ke dalam anggaran.

Emosi boleh, tapi tetap realistis. Di awal, akan terasa sulit. Tapi, hal ini akan lebih mempermudah di kemudian hari.

 

4. Lunasi tagihan

Jika ada, segera selesaikan tagihan dan kredit-kredit yang masih tertunggak. Terlambat melunasi tagihan akan membuat kita harus menanggung beban yang lebih berat lagi nantinya.

Kumpulkan semua detail tagihan dan kredit, lalu teliti, mana yang sudah dilunasi oleh (mantan) suami dan mana yang belum. Jangan sampai membayar sesuatu yang enggak perlu.

 

5. Segera move on, cari cara untuk mencari pemasukan

Dan yang terakhir, segera cari solusi untuk mendapatkan pemasukan sendiri lagi. Apakah kembali ngantor? Atau, mau coba berbisnis sendiri dengan mulai berdagang kecil-kecilan? Atau, mau memanfaatkan keahlian khusus yang kita punya–atau hobi yang kita gemari–untuk mendapatkan penghasilan?

Yang mana saja bisa dilakukan, asal halal. Setelah mulai mendapatkan pemasukan sendiri, kembali atur cash flow agar bisa menyisihkan sedikit penghasilan untuk investasi. Jangan lupa juga membuat proteksi ya, karena siapa yang akan tahu jalan hidup kita ke depan.

 

Fiuh! Sungguh deretan PR yang panjang dan melelahkan. Tapi ya, mau bagaimana lagi? Ada perubahan drastis yang terjadi dalam hidup, dan enggak bisa hanya didiamkan saja. Segera bangkit dan benahi, maka kita akan lebih mudah menjalaninya.

Oh well, berharap yang terbaik untuk Song Hye Kyo maupun Song Joong Ki deh ya. Siapa tahu mereka juga baca artikel ini, boleh lo kalau mau gabung ke kelas-kelas finansial online QM Financial yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari yang basic hingga yang advance. Boleh juga kalau mau follow Instagram QM Financial, atau barangkali butuh tim QM untuk jadi figuran di drama terbaru? Leh uga.


Satu tanggapan untuk “Song Hye Kyo Harus Segera Melakukan 5 Hal Ini Segera Setelah Bercerai Supaya Hidup Kembali Aman”

  1. […] the new relationship goal! Setelah Song Song couple bercerai, tampaknya kita memang butuh role model baru untuk sebuah relationship goal. Bener nggak […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch