Korporasi, Kompensasi dan Benefit

5 Hal Pentingnya Mengelola Manajemen Keuangan yang Baik dalam Perusahaan

Bisa dibilang, bahwa kesehatan sebuah perusahaan itu sebagian besar ditentukan oleh sehat atau tidaknya manajemen keuangan di dalamnya. Apalagi di zaman sekarang, persaingan bisnis makin ketat, sehingga tak hanya harus bisa meningkatkan kualitas produk untuk dapat memenangkan hati pelanggan. Tetapi, juga didukung oleh usaha untuk mengelola manajemen keuangan perusahaan yang optimal.

Manajemen keuangan perusahaan ini meliputi berbagai kegiatan keuangan, mulai dari perencanaan, penganggaran, pengelolaan, pemeriksaan, pengendalian, pencarian, pelaporan, dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh perusahaan.

Manajemen keuangan perusahaan itu utamanya meliputi 3 macam aktivitas:

  1. Penggunaan dana, yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
  2. Perolehan dana, yaitu aktivitas tentang bagaimana mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
  3. Aktivitas pengelolaan, yaitu pengalokasian dan pengelolaan dana dalam bentuk aktiva seefisien mungkin, setelah dana diperoleh.

Seorang manajer keuangan dalam suatu perusahaan bertugas  mengelola keuangan dalam segala unsur dan segi. Rumit tentu saja, lantaran keuangan merupakan salah satu fungsi penting dalam mencapai tujuan perusahaan.

Lalu, mengapa perusahaan harus dapat mengelola manajemen keuangan dengan baik? Karena manajemen keuangan punya fungsi penting dalam beberapa hal berikut ini.

 

Pentingnya Mengelola Manajemen Keuangan yang Baik dalam Perusahaan

1. Perhitungan aset

Manajemen keuangan yang dikelola dengan baik akan memberikan data dan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan mengenai aset-aset yang dipunyai dan aset mana saja yang akan dibutuhkan.

Dengan mengelola manajemen keuangan yang baik, perusahaan dapat melihat aset mana yang bisa menghasilkan return yang baik bagi perusahaan saat membelinya. Antara dana yang dikeluarkan dan return yang diharapkan akan bisa diprediksi keseimbangannya, sehingga pada akhirnya nanti aset ini tidak akan merugikan perusahaan, namun justru berkembang baik sehingga bisnis perusahaan pun tumbuh dengan baik pula.

Jika manajemen keuangan sudah dikelola secara efektif, perusahaan bahkan tidak perlu meminjam ataupun menambah modal untuk membeli aset baru.

 

2. Arus kas yang baik

Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang mempunyai arus kas yang baik. Arus kas yang baik dihasilkan dari usaha perusahaan untuk mengelola manajemen keuangan dengan baik pula.

Dengan arus kas yang baik, segala kegiatan keuangan dalam operasional sehari-hari akan lancar pula; mulai dari membayar sewa gedung, membayar alat-alat komunikasi, pembayaran vendor, semua akan lancar terjadwal, sesuai dengan anggaran.

Arus kas yang baik juga dapat menjamin keseimbangan antara jadwal piutang dan jatah jatuh tempo dana yang terutang.

 

3. Untuk menstabilkan harga produk

Jangan salah. Manajemen keuangan perusahaan yang baik juga akan menjamin harga produk akan stabil.

Dengan mengelola manajemen keuangan secara efisien, perusahaan dapat mencoba melakukan berbagai cara untuk menekan ongkos operasional sehari-hari hingga seefektif mungkin, seperti pengendalian pemakaian listrik dan telepon. Atau, lebih memilih membeli bahan baku dalam jumlah banyak untuk mendapatkan potongan harga yang lumayan, dengan pembayaran terjadwal. Atau juga, membayar upah pekerja secara borongan alih-alih membayar secara harian.

Dengan efisiensi operasional sehari-hari ini, perusahaan dapat menekan biaya produksi sehingga harga produk pun bisa lebih stabil dan cenderung lebih terkendali, terutama di saat-saat harga-harga di pasaran naik. Kalau harga produk kompetitif, pastinya penjualan pun akan baik pula, bukan?

 

4. Perencanaan pajak yang baik

Jika perusahaan mengelola manajemen keuangan dengan baik, maka perencanaan pajak pun akan bisa dilakukan dengan baik pula.

Perencanaan pajak ini penting ya, demi membuat estimasi perpajakan yang harus dibayarkan setiap periodenya. Dengan manajemen keuangan yang baik, perusahaan akan dapat membayar pajak tepat waktu, sehingga denda pajak yang diberlakukan jika terlambat membayar pun bisa dihindari.

Pajak tanpa denda, pastinya juga akan lebih ringan bagi keuangan perusahaan.

 

5. Menjamin kesejahteraan karyawan

Selain berpengaruh pada proses operasional produksi, manajemen keuangan perusahaan yang baik akan menjamin kesejahteraan karyawan.

Tak hanya gaji yang besarnya sesuai dan tepat dibayarkan pada waktunya, tetapi perusahaan yang dapat mengelola keuangan perusahaan yang baik juga akan memberikan berbagai benefit untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Mulai dari penyediaan asuransi kesehatan dan keselamatan kerja, bisa juga memberikan fasilitas kredit tanpa bunga untuk perumahan bagi karyawan, hingga adanya car ownership program.

Sepertinya mustahil kan, perusahaan dapat memberikan semua itu untuk karyawan jika tidak bisa mengelola manajemen keuangan dengan baik?

 

Agar bisa mengelola manajemen keuangan perusahaan yang lebih baik, Anda bisa hubungi tim QM Financial untuk mengadakan #QMTraining, yaitu program pelatihan interaktif untuk karyawan di perusahaan. Anda dapat menyusun program bersama konsultan dan pembicara dari QM Financial, sesuai dengan kebutuhan literasi finansial Anda.

Hubungi kami melalui WhatsApp ke 0811 1500 688 (NITA/MIA). Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas finansial online terbaru.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch