Korporasi, Kompensasi dan Benefit

5 Program Peningkatan Kesehatan Karyawan Selain BPJS Kesehatan yang Bisa Ditawarkan oleh Perusahaan

Banyak program bisa dilakukan oleh perusahaan sebagai usaha peningkatan kesehatan karyawan. Beberapa di antaranya adalah penggantian biaya pengobatan dan juga mengikutsertakan karyawan dalam BPJS Kesehatan.

Kalau penggantian biaya obat dan BPJS Kesehatan bisa dibilang sebagai program perawatan saat karyawan sudah sakit, lalu bagaimana dengan tindakan mencegah agar karyawan jangan sampai sakit? Pastinya hal ini juga penting dong ya, seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Tentu saja, hal ini penting. Banyak perusahaan yang juga sudah menyadarinya. Microsoft, salah satunya. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini mendukung peningkatan kesehatan karyawan dengan meng-cover biaya membership di gym. Tujuannya jelas, agar karyawan bisa lebih rutin berolahraga. Lain lagi dengan 3M yang menyediakan program khusus bagi mereka yang mau berhenti merokok.

Lalu, program peningkatan kesehatan karyawan seperti apa yang bisa ditawarkan oleh perusahaan pada karyawan, selain contoh di atas? Ada beberapa nih, yang mungkin bisa dilakukan. Mari kita lihat.

 

5 Program Peningkatan Kesehatan Karyawan yang Bisa Ditawarkan oleh Perusahaan

 

5 Program Peningkatan Kesehatan Karyawan Selain BPJS Kesehatan yang Bisa Ditawarkan oleh Perusahaan

1. Ruang kantor yang memenuhi syarat kebersihan dan kesehatan

Kebayang enggak, kalau kita harus bekerja di sebuah ruangan yang pengap, jarang dibersihkan, sirkulasi udara kurang, jendela minim, dan gelap?

Pasti tidak akan betah berada lama-lama di dalamnya kan? Apalagi untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, pasti akan sulit. Kondisi ruangan kerja yang tak sehat juga akan banyak menimbulkan penyakit, misalnya alergi.

Meski terlihat sepele, tapi ruang kerja haruslah menjadi hal pertama yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk peningkatan kesehatan karyawan. Pastikan sirkulasi udara lancar, meski saat jam kerja menggunakan AC, terang–akan lebih bagus jika ada waktu-waktu saat sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan–sehingga kita bisa bekerja dengan nyaman, dan kondisinya bersih, bebas debu.

Ini adalah jaminan pertama dalam peningkatan kesehatan karyawan. Kalau kebersihan ruang kerja saja sulit dipenuhi, maka rasa-rasanya program yang lain jadi tak ada artinya lagi.

 

2. Penyediaan makanan sehat

Beberapa perusahaan–Google, salah satunya–menyediakan free meals alias makanan dan camilan gratis di kantor. Tentu saja nggak sembarang makanan dan camilan, tapi pastinya yang memenuhi syarat kesehatan dan cukup gizi.

Ada lo perusahaan yang memberikan tunjangan khusus bagi karyawan agar bisa membeli healthy juice untuk dikonsumsi setiap hari, dalam usahanya dalam peningkatan kesehatan karyawan. Eventbrite, salah satunya.

Apalagi jika perusahaannya bergerak di industri yang harus beroperasi 24 jam. Pemerintah sendiri juga mewajibkan, agar pihak perusahaan menyediakan makanan cukup gizi yang memenuhi standar kalori tertentu–dan tidak boleh digantikan dengan uang–bagi karyawan yang bekerja malam hari.

 

3. Tunjangan ikut klub kebugaran

Bill Gates menyertakan karyawannya di gym, agar mereka bisa rutin berolahraga. Perusahaan mana pun bisa menyontek ide ini.

Pihak perusahaan bisa bekerja sama dengan pusat-pusat kebugaran tertentu, agar mendapatkan potongan harga membership bagi karyawan yang ingin memanfaatkan fasilitas di tempat tersebut. Atau, bisa juga perusahaan menyediakan ruangan khusus bagi karyawan yang mau berolahraga di kantor. Tak harus berperalatan lengkap bak gym juga sih, yang penting ada yang untuk kardio dan olahraga beban.

Atau barangkali bisa juga mengadakan zumba atau yoga bareng di hari-hari tertentu, dengan mengundang instruktur profesional. Jika ada di antara karyawan yang memang sudah terbiasa beryoga atau berzumba, bisa juga tuh diminta untuk memimpin kegiatannya. Sungguh sebuah usaha peningkatan kesehatan karyawan yang seru!

 

4. Jam kerja fleksibel

Zaman makin maju. Bekerja di zaman sekarang tidak selalu berarti setiap hari–from 9 to 5–berada di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan. Banyak perusahaan zaman now memberlakukan jam kerja fleksibel–bahkan remote–untuk karyawan, karena terbukti jam dan waktu yang fleksibel bisa meningkatkan kesehatan karyawan.

Dengan jam kerja yang fleksibel, banyak karyawan malah lebih produktif dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik sesuai dengan target. Hal ini dikarenakan karyawan dapat menyesuaikan dengan gaya hidup masing-masing, dan dapat mengatur jam istirahat dengan lebih baik.

Selain itu, hal ini justru juga dapat meningkatkan kepercayaan antara pihak manajemen dan karyawan itu sendiri.

 

5. Manajemen stres

Stres di kantor menjadi salah satu penyebab tingkat sick leave–alias ketidakhadiran karena alasan sakit–menjadi tinggi. Ya enggak bisa dimungkiri sih, karena stres ini bisa dibilang menjadi penyebab segala macam penyakit.

Pihak perusahaan seharusnya juga menaruh perhatian yang lebih terhadap hal ini, jika ingin meningkatkan kesehatan karyawan.

Liburan bareng bisa menjadi salah satu solusi. Agendakan liburan bareng dengan seluruh karyawan (dan keluarganya, jika mungkin) secara periodik. Tak perlu terlalu jauh dan mahal. Coba saja survei ke beberapa lokasi wisata yang masih searea. Asal dilakukan bareng-bareng dengan fun, hasilnya akan sama saja kalau kita bepergian jauh.

Yang penting, semua happy sehingga kondisinya kembali fresh saat harus bekerja lagi.

 

Nah, dari 5 program peningkatan kesehatan karyawan di atas, mana nih yang belum pernah dilakukan oleh perusahaan Anda? Sudah semua? Great!

Jika tertarik untuk tahu lebih banyak mengenai seluk beluk keuangan korporasi dan juga human capital, hubungi tim QM Financial untuk mengadakan #QMTraining, yaitu program pelatihan interaktif untuk karyawan di perusahaan. Anda dapat menyusun program bersama konsultan dan pembicara dari QM Financial, sesuai dengan kebutuhan literasi finansial Anda.

Hubungi kami melalui WhatsApp ke 0811 1500 688 (NITA/MIA). Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas finansial online terbaru.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch