Articles, #finclic, financial clinic, finclic

#FinClic Financial Check Up

Halo planners!

Financial Clinic (#FinClic) awalnya merupakan sebuah talkshow radio pada tahun 2006 di salah satu radio di Jakarta. Kemudian berkembang menjadi #FinClic seminar series, #FinClic Tweet series di twitter dan sekarang di Instagram live setiap Senin malam jam 19:00. #FinClic pada pertengahan tahun 2018 sampai detik ini berkembang menjadi kelas finansial online melalui aplikasi zoom yang dinamakan Financial Clinic Online Series (FCOS).

Di dalam sebuah perencanaan keuangan, ada satu langkah sederhana yang penting kamu lakukan sebelum memutuskan untuk memilih produk investasi yaitu melakukan cek kondisi kesehatan finansial (financial check up).

Apakah Financial Check Up itu?

Seperti halnya untuk memeriksa kesehatan, kamu pasti akan diminta untuk mengambil sampel darah kemudian dilakukan pengetesan atas sampel darah tersebut. Segala sesuatu yang kamu konsumsi dan gaya hidup yang kamu jalani akan tercermin dari hasil laporan medical check up.

Begitu pun halnya dengan financial check up, kamu akan diminta untuk mengisi form data keuangan. Dalam mengisi form data keuangan kamu akan diminta untuk mengisi status harta dan utang yang kamu miliki saat ini. Kemudian data tersebut diolah menjadi Neraca dan Arus Kas.

Dari financial check up kamu bisa juga mengetahui status harta dan utang yang sebenarnya punya siapa. Bagi yang lajang sudah tentu aset dan utang yang dimiliki adalah milik sendiri. Tetapi berbeda halnya dengan kamu yang sudah menikah karena bercampurnya harta dan utang. Atau bagi kamu yang memutuskan berpisah dari pasangan, kamu perlu menghitung terutama status utang yang dimilki.

Walau kamu merasa memiliki banyak aset, apakah kamu sudah mengakui utang yang terjadi atas bertambahnya aset yang kamu miliki? Banyak terjadi aset diakui tetapi utangnya tidak padahal di dalam neraca, posisi harta dan utang harus selalu seimbang.

baca juga: 3 Alasan Kamu Perlu Financial Check Up

Kapankah kamu perlu melakukan financial check up?

Biasanya financial check up dilakukan setahun sekali. Kamu bisa memilih pada akhir tahun atau menjelang pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pribadi. Setiap tahun pasti terjadi perubahan terhadap kehidupan serta keuanganmu. Mulai dari harta yang bertambah atau berkurang juga utang yang berkurang atau bertambah. Berapa banyak kah pertambahan aset atau berapa turun kah utang yang kamu miliki?

baca juga: Bingung Mengisi SPT Pribadi? Financial Check Up Saja!

Kamu mungkin ingin tahu bagaimana cara melakukan financial check up, ikuti kelas finansial online dengan menggunakan aplikasi zoom yuk! Di Financial Clinic Online Series (FCOS) kamu bisa belajar lebih mendalam untuk melakukan financial check up dengan worksheet yang diberikan dan menjadi milikmu untuk melakukan penghitungan tersebut. Jadwal dan pendaftaran FCOS melalui event.qmfinancial.com.

Terus follow Instagram QM Financial serta twitter @QM_Financial. Ada juga #FinClic dan IG Live seru setiap Senin jam 19:00!

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch