Articles, #finclic, financial clinic, finclic

#FinClic Gaji Naik, Lifestyle Naik?

Halo planners!

Financial Clinic (#FinClic) awalnya merupakan sebuah talkshow radio pada tahun 2006 di salah satu radio di Jakarta. Kemudian berkembang menjadi #FinClic seminar series, #FinClic Tweet series di twitter dan sekarang di Instagram live setiap Senin malam jam 19:00. #FinClic pada pertengahan tahun 2018 sampai detik ini berkembang menjadi kelas finansial online melalui aplikasi zoom yang dinamakan Financial Clinic Online Series (FCOS).

Apakah kamu masih ingat topik #FinClic minggu lalu yang membahas financial check up? Dari hasil financial check up kamu bisa juga mendeteksi kebocoran di dalam keuanganmu seperti seringnya membeli kopi kekinian atau boba drink. Walaupun kelihatannya nilai sekali beli cukup terjangkau, dengan frekuensi pembelian yang melebihi tiga kali seminggu, kamu sudah bisa menggunakan nilai itu untuk berinvestasi Dana Pensiun lho!

Topik #FinClic kali ini akan membahas apakah dengan naiknya penghasilan menyebabkan naiknya gaya hidup yang kamu miliki.

Pengeluaran untuk gaya hidup (lifestyle) setiap bulannya diperbolehkan hanya sebatas 20% dari penghasilan setiap bulannya. Bagi kamu yang masih lajang, gaya hidup merupakan godaan terbesar yang bisa mengakibatkan keuangan bocor ambyar.

Ketika gaji naik, sebaiknya kamu tetap mencatat pengeluaran bulanan yang bisa dilakukan secara manual maupun melalui aplikasi sehingga tidak ada alasan bagi kamu untuk malas mencatat ya! Yang tadinya kamu memiliki penghasilan Rp5juta dan hanya bisa liburan ke Bandung, kemudian penghasilan kamu naik 10%, artinya kamu bisa liburan ke tempat yang lebih jauh dari Bandung. Nah ini kan artinya penghasilan kamu naik juga diiringi pengeluaran yang naik juga.

Beberapa tips keuangan saat gaji naik,

Mempertahankan lifestyle saat ini

Naik gaji bukan berarti kamu harus mengubah gaya hidup saat ini menjadi gaya hidup konsumtif. Dengan menjalani gaya hidup standar sama seperti sebelum kamu mengalami kenaikan gaji akan memberikan keleluasaan dalam menabung dan mewujudkan tujuan keuangan yang kamu miliki.

Alokasi kenaikan gaji untuk tujuan keuangan

Sebaiknya kamu mulai membuat perencanaan keuangan seiring kenaikan gaji. Kalau sebelumnya kamu sudah melakukan hal ini, tentunya akan mudah untuk mengatur keuangan dengan lebih baik. Biasakan saat mengalami kenaikan gaji, kamu pisahkan untuk ditabung atau diinvestasikan ke dalam tujuan keuangan yang kamu miliki. Siapa tahu dengan disiplin melakukan penyelamatan uang kenaikan gaji yang dialokasikan untuk tujuan finansial, tujuanmu akan lebih cepat tercapai.

Tahan godaan

Seharusnya kenaikan pendapatan berdampak pada kenaikan jumlah tabungan atau penghasilan dan bukannya peningkatan pengeluaran yang hanya mengikuti nafsu dan keinginan semata. Menahan diri untuk tidak boros berbelanja barang atau jasa yang tidak dperlukan memang bukan perkara mudah. Ketakutan atas penilaian orang seperti ketinggalan zaman, tidak gaul, cupu dan gengsi menyebabkan kamu mau tidak mau mengikuti arus.

Keluhan pendapatan tidak pernah mencukupi kebutuhan lebih banyak disebabkan pleh gaya hidup yang terlalu tinggi dari penghasilanmu. Kebanyakan orang terlalu percaya diri bisa membeli barang yang sejatinya belum pntas dan belum mampu untuk dia miliki.

Tertarik untuk dapat mengatur keuangan dengan baik? Mari ikuti kelas finansial online dengan menggunakan aplikasi zoom yuk! Di Financial Clinic Online Series (FCOS) kamu bisa belajar lebih mendalam untuk melakukan financial check up dengan worksheet yang diberikan dan menjadi milikmu untuk melakukan penghitungan tersebut. Jadwal dan pendaftaran FCOS melalui event.qmfinancial.com.

Terus follow Instagram QM Financial serta twitter @QM_Financial. Ada juga #FinClic dan IG Live seru setiap Senin jam 19:00!

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch