#QMTraining, Articles, Cash Flow, Investasi, Investasi, Saham

5 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Bagi Investor

Bagi kamu yang ingin berinvestasi saham secara langsung dan sudah membaca 5 Hal tentang Investasi Saham, saatnya kamu naik kelas untuk belajar membaca laporan keuangan dari perusahaan-perusahaan yang sahamnya diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia. Laporan keuangan adalah laporan yang menunjukkan kondisi finansial suatu perusahaan dalam periode tertentu. Informasi mengenai kondisi finansial tersebut nantinya dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan seperti pihak manajemen, pemberi pinjaman, investor, hingga pemegang saham untuk menilai kinerja perusahaan dan menentukan langkah apa yang harus diambil setelahnya.

Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia, laporan keuangan lengkap terdiri dari 5 jenis laporan, yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Dan inilah 5 jenis laporan keuangan perusahaan yang perlu kamu ketahui sebagai investor:

Laporan Laba Rugi
Ini adalah salah satu komponen dari Laporan Keuangan yang melaporkan pendapatan perusahaan pada jangka waktu tertentu. Selain menunjukkan pendapatan yang dihasilkan pada periode tersebut, biaya-biaya yang terjadi juga dicatat dalam Laporan Laba Rugi.
Bagi investor dan analis, pendapatan dan biaya perusahaan menjadi suatu ukuran kinerja perusahaan dan sebagai komponen alat analisis keuangan pada periode tersebut. Mereka bisa melihat rasio keuangan yaitu rasio profitabilitas perusahaan dari informasi yang termuat di dalam Laporan Laba Rugi.
Tujuan dibuatnya Laporan Laba Rugi adalah untuk melaporkan pendapatan (laba) serta pengeluaran perusahaan pada suatu periode. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan transparansi bisnis kepada pemegang saham, investor dan kreditur.

Laporan Arus Kas
Pernah mendengar jargon “Cash is King”? Cashflow menjadi penting dalam menilai kesehatan fiscal dan keseluruhan bisnis. Laporan Arus Kas digunakan perusahaan untuk menunjukkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada periode tertentu. Sedangkan bagi investor, itu artinya perusahaan dapat memanfaatkan peuang investasi di instrument keuangan lainnya karena uang yang tersedia sehingga bisa melakukan ekspansi pasar. Laporan ini berfungsi sebagai indicator jumlah arus kas di masa mendatang berdasarkan data arus kas terkini. Serta menjadi alat pertanggungjawaban arus kas masuk dan keluar selama periode pelaporan.

Laporan Perubahan Modal
Informasi jumlah modal yang dimiliki perusahaan selama periode tertentu disediakan melalui laporan ini. Melalui laporan perubahan modal, kamu bisa mendapatkan data mengenai seberapa besar perubahan modal yang telah terjadi lengkap dengan penyebab perubahannya.

Laporan Neraca
Laporan ini selalu disajikan bersamaan dengan laporan laba rugi. Kenapa? Karena laporan neraca berisikan informasi yang berfungsi untuk menunjukkan kondisi serta posisi keuangan perusahaan yang sahamnya kamu miliki pada tanggal yang ditentukan. Dari laporan neraca, kamu bisa mengetahui data mengenai jumlah aktiva berupa harta (asset), keajiban (liability) dan modal (equity) perusahaan. Dari laporan neraca kamu bisa melihat rasio keuangan berupa rasio likuiditas, rasio liquid asset to net worth, rasio utang terhadap harta, rasio utang (debt service) dan rasio net investment asset to net worth.

Catatan atas laporan keuangan
Mungkin kamu belum terlalu familiar dengan jenis laporan keuangan yang satu ini. Pembuatan laporan ini berkaitan dengan laporan keuangan yang disajikan. Tujuannya adalah untuk memberikan penjelasan yang lebih rinci mengenai hal-hal yang tertera di laporan lainnya dan juga untuk menyediakan sebab tau alasan terkait data keuangan yang disajikan. Penyusunan catatan atas laporan keuangan akan memudahkan kamu dalam memahami laporan keuangan lainnya secara mudah dan efisien.

Kelima laporan keuangan perusahaan yang sahamnya kamu miliki melalui Bursa Efek Indonesia bisa didapat melalui situs

Bila kamu ingin belajar membaca laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di BEI sebelum memutuskan membeli sahamnya yang biasa juga dinamakan analisis fundamental? Mari ikuti kelas finansial online Financial Clinic Online Series (FCOS).
Financial Clinic (FinClic) awalnya merupakan sebuah talkshow radio pada tahun 2006 di salah satu stasiun radio di Jakarta. Kemudian berkembang menjadi FinClic seminar series, FinClic Tweet series di twitter dan sekarang di Instagram live setiap Senin malam jam 19:00. #FinClic pada pertengahan tahun 2018 sampai detik ini berkembang menjadi kelas finansial online melalui aplikasi zoom yang dinamakan Financial Clinic Online Series (FCOS). Untuk jadwal dan pendaftaran bisa dilihat di event.qmfinancial.com

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch