Articles, #finclic, financial clinic, finclic

3 Hal tentang Mandiri Finansial

Halo planners!

Financial Clinic (#FinClic) awalnya merupakan sebuah talkshow radio pada tahun 2006 di salah satu radio di Jakarta. Kemudian berkembang menjadi #FinClic seminar series, #FinClic Tweet seris di twitter dan sekarang Instagram live setiap Senin malam jam 19:00. #FinClic pada pertengahan tahun 2018 sampai detik ini berkembang menjadi kelas finansial online melalui aplikai zoom yang dinamakan Financial Clinic Online Series (FCOS).

Menurutmu apa yang dimaksud dengan Merdeka Finansial? Berdasarkan polling di Instagram QM Financial, ada yang menjawab, “Merdeka Finansial itu bisa beli baju kayak ngambilin jemuran yang udah kering” dan ada juga yang menjawab, ”belanja online enggak perlu nunggu gratis ongkir”.

Merdeka Finansial ada dua jenis, yaitu yang pertama mandiri secara finansial dan yang kedua, menjadi bebas finansial. Dan yang akan dibahas di #FinClic kali ini adalah kemandirian finansial.

Mandiri finansial bukan berarti kamu tidak memiliki tanggung jawab finansial lagi lho tapi merdeka finansial artinya kamu mampu dan berdaya untuk diri sendiri dan orang lain secara finansial.

3 Hal yang perlu kamu ketahui tentang mandiri finansial:

Membayar biaya hidup sendiri

Hal pertama dari kemandirian finansial adalah kamu bebas ketergantungan finansial dari orang-orang yang mencintai kamu. Di manakah kamu tinggal saat ini? Apakah tinggal sendiri atau di rumah orangtua? Jangan sampai kamu menjalankan kemandirian finansial yang semu seperti contohnya kamu sudah berpenghasilan namun tinggal bersama orangtua dan tidak membayarkan pengeluaranmu sendiri seperti transportasi. Atau bahkan tagihan kartu kredit kamu masih dibayarkan orangtua walaupun sudah berpenghasilan?
Mandiri finansial artinya kamu memiliki kemampuan untuk membayarkan dirimu sendiri. Kamu memiliki tanggung jawab penuh secara mandiri atas hidupmu sendiri. Walaupun kamu tinggal bersama orangtua, yuk ikut turun tangan untuk membantu membayarkan pengeluaran yang terjadi di rumah orangtua seperti biaya listrik, telepon, tv kabel dan lainnya.
baca juga: 3 Tips Keuangan Ciamik Sebagai First Jobber

Membayar utang

Hampir kebanyakan orang memiliki kartu kredit yang berfungsi sebagai alat pembayaran resmi yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya dengan fasilitas dan hak serta kewajiban kedua belah pihak. Karena kartu kredit merupakan sebuah fasilitas pembayaran maka bisa dipastikan bahwa pemiliknya tidak memiliki dana sendiri di dalam kartu tersebut. Artinya, semua tagihan yang timbul di dalam kartu kredit kamu adalah utang kepada pihak bank yang menerbitkan kartu tersebut. Dengan begitu, semua tagihan yang muncul dalam kartu kredit harus dibayarkan kepada pihak bank penerbit. Itu artinya utang merupakan bagian dari tanggung jawab finansial yang harus kamu hadapi sebagai salah satu bagian dari kemandirian finansial.
baca juga: Hindari Utang dengan Mengatur Cashflow

Membeli Rumah Pertama

Salah satu simbol kemandirian finansial adalah membeli rumah pertama, bahwa kamu berdiri di atas kaki sendiri. Pengalaman memiliki rumah pertama adalah pengalaman yang memuaskan batin dan membanggakan. Rasa menempati rumah sendiri tidak dapat tergantikan dengan apa pun. Bahkan ketika kamu memutuskan untuk tinggal bersama orangtua, kamu tetap perlu membeli properti sendiri.Kamu bisa berkata pada diri sendiri, “Saya punya satu tempat yang bisa saya sebut milik saya sendiri!”
baca juga: Jangan Gentar Beli Rumah Pertama, Ini Dia 5 Tipsnya!

Semoga kamu bisa mandiri secara finansial segera ya!

Terus follow Instagram QM Financial serta twitter @QM_Financial. Ada juga #FinClic dan IG Live yang seru setiap Senin jam 19:00!

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch