Articles, Human Capital, Korporasi

Bekerja di Perusahaan Kecil, Ini Dia 5 Keasyikannya

Hampir setiap orang biasanya selalu kepingin bekerja di perusahaan bonafid, besar, dan terkenal. Harapannya sih pastinya bisa berkembang dengan baik, banyak pengalaman, gaji besar, tunjangan lengkap, jenjang karier panjang, dan seribu alasan lain. Tapi, sebenarnya, bekerja di perusahaan kecil pun bisa sebaik itu lo.

Mau tahu beberapa keasyikan bekerja di perusahaan kecil?

 

5 Asyiknya bekerja di perusahaan kecil

 

Bekerja di Perusahaan Kecil, Ini Dia 5 Keasyikannya

1. Kesempatan berkembang besar

Menjadi bagian dalam tim kecil, ada kemungkinan setiap karyawan akan memiliki skill yang berbeda, bahkan multitalenta.

Misalnya saja, kita adalah desainer grafis yang bekerja di perusahaan kecil berbasis advertising agency, bisa jadi hanya kita sendirilah yang akan memegang posisi tersebut.

Dan, seiring waktu, kita juga dituntut untuk mempelajari keterampilan lain pula–yang bisa jadi malah membuat kita semakin ahli di bidang yang kita geluti. Misalnya lagi, untuk desainer grafis, mungkin mau enggak mau kita pun jadi harus belajar copywriting.

Hal seperti ini enggak mungkin jadi kerugian kan? Bahkan keuntungan, karena semisal kita harus mencari pekerjaan lain karena suatu sebab, CV kita bisa bertambah panjang dengan sendirinya. Pasti banyak deh yang mau menerima seorang desainer grafis yang gape juga copywriting.

 

2. Mengasah semangat entrepreneur

Bekerja di perusahaan kecil membuka kesempatan karyawan untuk lebih banyak berinteraksi langsung dengan pemilik perusahaan. Sehingga kita pun menjadi punya banyak waktu untuk belajar langsung darinya mengenai entrepreneurship. Mulai dari membangun bisnis hingga pola pikir yang ia punyai.

Sebuah pelajaran yang mungkin enggak akan bisa kita temukan di sembarang tempat, secara cuma-cuma dan dengan mudah saat bekerja di korporasi besar.

Siapa tahu kan, kita akhirnya punya nyali untuk membangun perusahaan sendiri?

Tapi, untuk tipe-tipe orang yang lebih suka pekerjaan dengan ritme yang teratur, tak terlalu nyaman dengan perubahan-perubahan baru, bekerja di perusahaan kecil mungkin akan terasa menyiksa. Tsah. Ya, tipe yang begini memang lebih cocok untuk bekerja di korporasi besar.

Karena, bekerja di perusahaan kecil menuntut kita untuk lebih adaptif, baik soal skill, job description, hingga peraturan perusahaan. Belum lagi soal rekan kerja yang kadang juga lebih “eksentrik” ketimbang mereka yang bekerja di korporasi besar.

 

5 Langkah Mengendalikan Turnover Karyawan untuk Kestabilan Bisnis Perusahaan

3. Bisa jadi ikan besar lebih cepat

Mungkin akan butuh waktu bertahun-tahun bagi seorang manajemen trainee untuk menjadi seorang manajer beneran di perusahaan besar. Akan butuh waktu lama kalau kita memulai dengan menjadi desain grafis untuk menjadi creative director jika kita bekerja di perusahaan advertising besar.

Namun, kita bisa mencapai posisi tersebut lebih cepat ketika kita bekerja di perusahaan kecil, dengan cara menunjukkan kinerja yang baik–bahkan jika bisa sampai melampaui target–dan menjalin hubungan baik dengan pemilik perusahaan dan rekan kerja yang lain.

Kita akan lebih mudah menonjolkan diri di antara rekan yang lain ketimbang saat kita bekerja di korporasi besar.

 

4. Kepuasan kerja lebih terpenuhi

Masalah besaran gaji itu relatif. Gaji berapa pun bisa kita rasakan besar, jika kita bisa mengelolanya dengan baik, termasuk saat kita bekerja di perusahaan kecil.

Bekerja di perusahaan kecil, setiap kinerja yang baik maupun pencapaian prestasi akan lebih mudah terlihat, sehingga kepuasan kerja bisa jauh lebih tinggi. Berlaku juga sebaliknya sih. Ketika kita menunjukkan kinerja yang kurang bagus, maka tim juga akan sangat mudah mendeteksinya.

 

Ternyata Ada Hubungan Antara Masalah Keuangan Pribadi Karyawan terhadap Kinerja di Kantor

5. Lebih bebas berekspresi

Aturan yang ditetapkan oleh perusahaan kecil biasanya juga enggak (belum) seketat korporasi besar. Soal baju kerja, misalnya. Karyawan akan lebih dibebaskan dalam hal berpakaian dan mengenakan makeup, sesuai gaya masing-masing.

Selain itu, kita juga punya banyak kesempatan untuk dilibatkan dalam proyek-proyek baru yang membuat skill bertambah.

 

So, memang tinggal gimana kita aja sih, mau besar di kolam kecil ataukah jadi ikan kecil di kolam besar. Yang pasti, kalau mau punya gaji besar, atau jaminan jenjang karier, itu enggak hanya dengan bekerja di korporasi besar kok. Dengan bekerja di perusahaan kecil pun bisa.

Bekali diri juga secara lengkap terutama soal mengatur gaji. Karena, sekali lagi, gaji besar atau gaji kecil itu semua tergantung pada mindset kita. Kita juga bisa mengusulkan pada pemilik perusahaan untuk mengadakan training keuangan demi meningkatkan keterampilan mengelola keuangan karyawan.

#QMTraining dari QM Financial juga sangat affordable untuk perusahaan-perusahaan kecil, karena materinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan karyawan. Hubungi kami melalui WhatsApp ke 0811 1500 688. Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas finansial online terbaru.

Sekalian saja, ikutan #CelebrateYou dalam rangka ulang tahun QM Financial yang ke-16! Ceritakan pencapaian finansialmu yang paling berarti bagi kamu!

Rayakan pencapaianmu yang paling berarti dengan QM Financial. Karena siapa tahu cerita kamu bisa jadi salah satu dari 16 cerita terpilih. Bagi 16 cerita terpilih, kalian berhak mendapatkan special gift dari QM Financial senilai 1,6 juta untuk setiap cerita terpilih!

 

Share ceritamu di Google Form ini, atau di kolom komentar post Instagram QM Financial di atas, ya! Atau, bisa juga DM langsung ke QM Financial. It’s time to #CelebrateYou!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch