Articles

Cara Mudah Membuat Dana Liburan

Halo planners!

Sebuah pesan masuk melalui grup WhatsApp orangtua murid yang berbunyi, “Libur tengah semester dimulai Jumat ini dan anak-anak kembali beraktivitas di sekolah pada awal bulan.” Setelah hampir tiga bulan bersekolah, anak anak akan libur pertengahan semester. Biasanya untuk mengisi liburan pendek ini, saya memilih untuk traveling keluar kota yang dekat seperti Bogor, Bandung atau Cirebon. Liburan keluarga membutuhkan persiapan yang berbeda karena jumlah peserta atau anggota keluarga yang lebih banyak dan usia yang berbeda-beda. Ditambah lagi setiap anggota keluarga memiliki kesukaan dan keinginan yang berbeda.

Agar liburan keluarga menjadi momen yang tidak terlupakan bagi seluruh anggota keluarga, mari kita buat anggaran atau Dana Liburan.

Begini cara mudah membuat anggaran atau Dana Liburan,

Tujuan Lo Apa

Semua anggaran keuangan yang mau dibuat ditentukan dari #TujuanLoApa. Tujuan finansial berisikan Judul + Nilai yang ingin dicapai + Jangka Waktu. Judul Dana Liburan merupakan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi bersama keluarga. Nilai yang ingin dicapai adalah jumlah pengeluaran yang sekiranya akan timbul saat liburan dan jangka waktu bisa berupa durasi liburan atau kapan liburan akan dilaksanakan.

Liburan lokal tentu saja harganya akan lebih murah ketimbang liburan keluar negeri. Keluarga dengan satu anak pengeluarannya juga akan berbeda dibandingkan keluarga dengan dua anak atau lebih. Hal ini berpengaruh terhadap pos pengeluaran yang akan terjadi saat liburan.

Pos Pengeluaran Saat Liburan.

Transportasi

Inilah pos pengeluaran terbesar dari suatu Dana Liburan. Pos ini semakin membesar bila tujuan liburan kamu adalah wisata keluar negeri. Biaya transportasi sangat tergantung pada moda transportasi yang digunakan, jarak dan jumlah anggota keluarga yang berangkat. Bila kamu merencanakan untuk liburan di tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kamu dan menggunakan kendaraan pribadi, ada pengeluaran tambahan untuk perawatan kendaraan di bengkel. Lakukan pengecekan kendaraan pribadi sebelum berlibur road trip seperti Sam dan Happy di film Kulari Ke Pantai.

Akomodasi

Pilihan menginap di tempat tujuan liburan sekarang semakin beragam dan mudah didapatkan mulai dari hotel birbintang sampai rumah yang disewakan. Biayanya pun semakin terjangkau dan tergantung dari jumlah anggota keluarga yang berlibur. Pos pengeluaran ini merupakan pos kedua yang cukup besar selain pos transportasi.

Makan Minum

Saya perhatikan kalau liburan di tempat wisata yang ramah anak maka pengeluaran makanan tidak terlalu membengkak. Beda halnya jika bepergian ke lokasi wisata yang tidak ramah anak sehingga kamu perlu mencari restoran yang menyajikan menu untuk anak dan biasanya harganya cukup menguras kantong.

Tiket Tempat Wisata

Berlibur dengan anak artinya kamu wajib mengunjungi tempat wisata dan atraksi yang dikhususkan untuk anak. Pilih saja apa yang sedang ingin kamu ajarkan kepada anak. Misalnya anak sedang belajar tentang suku dari daerah yang ada di Indonesia, kamu bisa mengajak anak ke Taman Mini Indonesia Indah yang menyediakan anjungan dari setiap propinsi yang ada. Sambil menyelam minum air, kamu bisa berlibur dan berwisata sambil memberikan edukasi kepada anak.

Belanja

Pos pengeluaran ini adalah pos pengeluaran yang boleh ada atau bahkan tidak perlu. Tentukan saja berapa besarnya anggaran yang kamu butuhkan untuk berbelanja oleh-oleh dan berbelanjalah sesuai dengan anggaran. Bila anggaran sudah habis artinya kamu harus berhenti berbelanja.

Cara Mencapai Dana Liburan

Setelah tujuan finansial berupa Dana Liburan terbentuk, kamu bisa menabung atau menggunakan produk investasi seperti deposito, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap atau bahkan produk yang agresif seperti reksa dana saham untuk pemenuhan Dana Liburan. Bisa juga kamu menggunakan penghasilan bulanan berupa gaji yang disisihkan di rekening terpisah untuk Dana Liburan. Kalau kamu memiliki sisa THR dan baru saja menerima bonus tahunan, kamu bisa menggunakan sumber keuangan ini untuk Dana Liburanmu.

Semoga tips ini bermanfaat agar keuanganmu tetap sehat walau kamu sering liburan dengan keluarga.

Kamu ingin belajar perencanaan keuangan? Ikutan kelas finansial online FCOS melalui aplikasi zoom yuk! Jadwal dan pendaftaran bisa dilihat di event.qmfinancial.com

-Honey Josep

TOPICS


3 tanggapan untuk “Cara Mudah Membuat Dana Liburan”

  1. […] yang memungkinkanmu keliling dunia seperti ini, kamu bisa menghemat satu tujuan finansial nih; dana liburan. How about, alihkan saja dana liburan itu menjadi dana rumah pertama? Ha, pastinya akan lebih […]

  2. […] buat anggaran dana liburan, alokasikan secara khusus. Kalau perlu, bikin deh rekening khusus liburan. Ini penting banget ya. […]

  3. […] kalau gitu. Butuh berapa giga untuk beberapa minggu liburan sekolah? Kalau tadinya sudah punya pos dana liburan buat pergi keluar kota bisa dimanfaatkan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch