Articles

10 Orang Sukses dan Ritual Mereka Sebelum Bekerja

Kamu punya ritual apa sebelum bekerja? Tahu nggak sih, bahkan para orang sukses pun punya ritual-ritual tertentu sebelum bekerja yang khusus, agar supaya semangat kerjanya terpompa. Kadang, ritualnya ini terlihat aneh. Tapi, bisa ditiru kok untuk bisa membangkitkan semangat kerja siapa saja, termasuk kita.

 

10 Orang sukses dan ritual sebelum bekerja yang mereka lakukan demi memompa semangat kerja

1. Barack Obama

Ritual orang sukses saat bekerja - Barack Obama

Ritual orang sukses saat bekerja – Barack Obama. Sumber: cnn.com

Orang sukses pertama yang akan kita kepoin ritualnya adalah mantan orang nomor satu di Amerika Serikat. Barack Obama punya kebiasaan tidur larut malam, namun ia tetap bisa bangun pagi lo!

Hal pertama yang dilakukannya di pagi hari adalah olahraga. Seperti yang dikatakan oleh penulis Gedung Putih, Robert Pagliarini, Obama sangat memperhatikan kesehatan. Karena itu, dia selalu memastikan punya waktu untuk olahraga sebelum bekerja.

 

2. Anna Wintour

Ritual orang sukses saat bekerja - Anna Wintour

Ritual orang sukses saat bekerja – Anna Wintour. Sumber: Telegraph.co.uk

Ada yang belum pernah dengar nama Anna Wintour? FYI, beliau adalah editor in chief majalah Vogue, sebuah majalah fashion dunia yang sangat kondang.

Tahukah kamu apa ritualnya sebelum bekerja? Sebagai orang sukses, Anna Wintour selalu datang ke kantor pukul tujuh pagi. Ia biasa bangun pukul 5.45 setiap pagi, dan sebelum kantor ia melakukan dulu ritual hariannya.

Apa hayo?

Bermain tenis.

 

3. Margareth Thatcher

Ritual orang sukses saat bekerja - Margaret Thatcher

Ritual orang sukses saat bekerja – Margaret Thatcher. Sumber: BT.com

Mantan perdana menteri Inggris ini mengaku hanya butuh 4 jam tidur saja dalam sehari. Biasanya sih beliau baru bisa tidur menjelang pukul 3 dini hari.

Saat bangun, yang pertama kali dilakukannya adalah mendengarkan siaran radio Farming Today dari BBC Inggris.

 

4. Vladimir Nabokov

Ritual orang sukses saat bekerja - Vladimir Nabokov

Ritual orang sukses saat bekerja – Vladimir Nabokov. Sumber: The National

Novelis asal Rusia ini suka bekerja di pagi hari. Ia menceritakan ritual-ritualnya sebelum bekerja setiap hari dalam sebuah wawancara bersama New York Times.

“Setelah bangun tidur antara pukul 6 dan 7 pagi, saya menulis sampai pukul 10.30. Saat istirahat adalah makan pagi bersama istri saya, sekitar pukul 8.30.”

 

5. Tim Armstrong

Ritual orang sukses saat bekerja - Tim Armstrong

Ritual orang sukses saat bekerja – Tim Armstrong. Sumber: MSNBC.com

Ia adalah mantan presiden Google, yang kini menjabat sebagai CEO AOL (American Online), dan selalu bangun sekitar pukul 05.00 pagi. Ya telat-telatnya pukul 05.15.

Yang dilakukannya pertama kali setelah bangun tidur adalah menjawab email.

“Biasanya, saya menjawab email begitu bangun. Tidak setiap pengirim email berada di zona waktu yang sama dengan saya, sehingga saya selalu berusaha membalasnya sebelum pukul 07.00 pagi.”

Begitu katanya.

Kalau kamu, pertama kali membuka smartphone di pagi hari untuk apa? Skrol Instagram ya?

 

6. Gwyneth Paltrow

Ritual orang sukses saat bekerja - Gwyneth Paltrow

Ritual orang sukses saat bekerja – Gwyneth Paltrow. Sumber: Page Six

Aktris papan atas satu ini sangat peduli pada kesehatan lo. Ia mengaku kalau bukan morning person, tapi ia bisa bangun sekitar pukul 04.30 demi bisa melakukan yoga asanas dulu sebelum mulai bekerja.

“Saya memang bukan morning person, tapi saya punya disiplin diri yang sangat tinggi untuk bisa bangun pagi dan melakukan yoga. Berlatih selama 6 hari dalam seminggu dan makan makanan sehat buat saya sangat membahagiakan.”

Wah! Luar biasa deh!

 

7. Frank Lloyd Wright

Ritual orang sukses saat bekerja - Frank Lloyd Wright

Ritual orang sukses saat bekerja – Frank Lloyd Wright. Sumber: offecct.com

Kenal enggak dengan Frank Lloyd Wright ini? Ia adalah seorang arsitek dunia, sekaligus penulis dan pendidik dari Amerika. Ia mengaku waktu paling efektif untuknya bekerja adalah pukul 04.00 hingga pukul 07.00 pagi.

“Kalau sudah bangun pukul 04.00 pagi, saya enggak bisa tidur lagi. Malahan pikiran ini menjadi sangat jernih. Jadi, saya bangun dan bekerja selama 3 – 4 jam. Baru kemudian tidur lagi.”

Wah, enggak harus nganter anak-anak sekolah nih pasti si Opa mah. #eh

 

8. Michelle Obama

Ritual orang sukses saat bekerja - Michelle Obama

Ritual orang sukses saat bekerja – Michelle Obama. Sumber: Washington Times

Sama seperti suaminya, mantan First Lady Amerika Serikat ini selalu melakukan olahrag pagi hari sebelum mulai bekerja.

Dalam suatu wawancara bersama Oprah Winfrey, Mrs. Obama bilang begini, “Kalau enggak melakukan olahraga, perasaan saya jadi buruk seharian, dan bisa depresi.”

Wah, cocok sih, karena olahraga konon memang mampu melepaskan hormon bahagia.

 

9. Simone De Beauvoir

Ritual orang sukses saat bekerja - Simone De Beauvoir

Ritual orang sukses saat bekerja – Simone De Beauvoir. Sumber: The Telegraph

Penulis dan feminis asal Prancis ini bukanlah morning person. Begitu bangun ia akan menikmati dulu secangkir tehnya, baru deh mulai bekerja di pukul 10.00.

 

10. Robert Iger

Ritual orang sukses saat bekerja - Robert Iger

Ritual orang sukses saat bekerja – Robert Iger. Sumber: Mint.

Ritual berikutnya yang bisa disontek adalah kebiasaan Robert Iger, sang CEO Disney. Ia termasuk dalam 4.30 am club nih.

Akunya, ia sangat menikmati saat-saat me time begitu bangun tidur. Inilah saat–ia menyebutnya–me-recharge battery. Di waktu yang bersamaan, ia akan membaca-baca surat, mengecek email, surfing di internet, dan menonton televisi.

 

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga penganut paham Benjamin Franklin, “Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy, and wise”? Atau kamu punya ritual sendiri sebelum bekerja?

Kalau dilihat-lihat sih, kebanyakan orang sukses di atas punya kebiasaan untuk menjaga agar tubuh mereka sehat sebelum mulai bekerja ya?

Saya punya ritual sebelum kerja juga. Sebelum memulai pekerjaan rutin, saya akan buka dompet lalu menghitung uang belanja untuk hari ini. Dari dompet besar, saya pindahkan ke dompet kecil. Saya hanya “boleh” menggunakan uang di dompet kecil itu saja untuk hari ini.

Ha! Ritual kerja yang aneh mungkin, tapi ritual itu juga ada hubungannya dengan kesehatan. Kesehatan keuangan, terutama. Memenuhi 3 “syarat” utama dari Benjamin Franklin kan? Healthy, wealthy, and wise.

Yang pasti, semangat kerja itu memang harus selalu dijaga. Meski terlihat sepele, semangat kerja itu bisa menentukan kariermu di masa depan lo! Kamu enggak akan bisa mendapatkan promosi itu kalau kamu tak punya semangat kerja. Kamu juga enggak akan bisa mendapatkan kenaikan gaji, kalau nggak semangat kerja. Kamu pun tidak akan termotivasi untuk lebih baik tanpa semangat kerja.

Jadi, semangat kerja untuk hari ini ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch