Articles

Sumpah Pemuda dan keterkaitan dengan keuangan

Sumpah Pemuda,

“Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia,
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia,
Kami poetra dan poetry Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.”

Tanggal 28 Oktober 2019 diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda yang ke-91. Sejarah Sumpah Pemuda sejatinya bermula saat bangsa Indonesia berupaya membebaskan diri dari belenggu kolonialisme. Pembacaan ikrar Sumpah Pemuda di rumah pondokan atau asrama pelajar/mahasiswa merupakan milik seorang keturunan Tionghoa bernama Sie Kok Liong, yang beralamat di Jalan Kramat Raya 106, Jakarta Pusat. Kini Gedung tersebut diabadikan sebagai Museum Sumpah Pemuda.

Kongres Sumpah Pemuda dihadiri oleh kaum muda lintas suku, agama, dan daerah, lalu tujuh belas tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Hadir pula Wage Rudolf Supratman yang memainkan lagu Indonesia Raya dengan alunan biolanya dan dinyanyikan untuk pertama kalinya oleh Dolly Salim yang tidak lain adalah putri dari Haji Agus Salim.

Peristiwa bersejarah ini mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda Membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Nilai patriotisme, gotong royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai serta tanggung jawab adalah nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik, bukan justru terpecah belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa sendiri.

Kalau dulu saat Sumpah Pemuda lahir, para pemuda sebagai agent of change bangkit bersatu melawan penjajah. Namun saat ini, semangat melawan penjajah perlu dimaknai secara baru. Definisi penjajah saat ini tentu bukan kolonialisme tetapi dalam wujud baru berupa penjajahan ekonomi. Tidak sedikit pemuda bangsa yang terninabobokan dengan kondisi ekonomi yang kelihatannya engenakkan tetapi sejatinya menjerumuskan.

Menjamurnya produk keuangan menyasar kaum muda, oleh sebab itu, kamu perlu melek keuangan terutama mengatur keuangan pribadi dengan baik.

Di hari Sumpah Pemuda ini, kamu sebaiknya memiliki kebiasaan keuangan yang baik agar dapat mengelola keuangan pribadi dan keluarga dengan cara sebagai berikut:

Kebiasaan Mencatat

Mencatat pengeluaran adalah langkah sederhana untuk memulai mengatur keuangan. Dalam satu bulan, kamu bisa mengetahui di pos mana pengeluaran terbesarmu. Kamu bisa mencatat pengeluaranmu setiap hari melalui aplikasi personal finance yang kini banyak bertebaran di android dan Ios.

baca juga: Daily Tracking

Financial Check Up

Untuk mengetahui sehat atau tidaknya keuanganmu, lakukan financial check up minimal setahun sekali. Dengan demikian kamu akan dapat mengetahui seberapa besar kekuatan keuanganmu untuk mencapai tujuan tujuan keuangan yang kamu tetapkan.

Tujuan Lo Apa

Sebelum menabung atau berinvestasi, kamu harus menetapkan tujuan keuangan terlebih dahulu. Tujuan keuangan memiliki tig elemen penting yaitu Judul, Jangka Waktu dan Nilai Masa Depan. DEngan tujuan keuangan yang beraneka ragam jangka waktunya, kamu bisa mulai mempelajari produk keuangan mana yang dapat melayani tujuan keuanganmu agar tercapai sesuai dengan yang dibutuhkan.

Proteksi

Hal yang penting didalam perencanaan keuangan yang baik adalah memiliki proteksi atas semua tujuan tujuan keuangan yang ingin kamu capai berupa asuransi. Asuransi terpenting yang wajib dimiliki setiap orang adalah asuransi kesehatan.

Review Financial Plan

Satu hal yang belum banyak diketahui adalah kamu perlu mengadakan review untuk mengevaluasi tujuan finansial yang ingin dicapai. Evaluasi tujuan keuangan ini minimal perlu kamu lakukan setiap setahun sekali. Bila bertahun-tahun lalu kamu kesulitan untuk melakukan review ini, sekarang dengan kelas finansial online FCOS yang available, accessable dan affordable, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi zoom. Untuk jadwal kelas dan pendaftarannya, bisa melalui event.qmfinancial.com

Selamat Hari Sumpah Pemuda! Mari sehat keuangan agar nusa bangsa juga semakin kuat!

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch