Articles, Kompensasi dan Benefit, Korporasi

Bekerja Sambil Keliling Dunia: Inilah 3 Millenial and Gen Z’s Dream Job

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa orang-orang yang hidup di zaman serba media sosial sekarang ini pada suka traveling. Terutama para millenial dan gen Z. Barangkali sih, kalau boleh, nggak perlulah punya rumah asal boleh keliling dunia.

Ouch ouch. Itu sih keterlaluan ya. Bagaimanapun kan ada saat pergi, pasti ada saat pulang. Kalau enggak punya rumah di tanah air, terus pulang ke mana dong? Lagi pula, untuk bisa keliling dunia itu butuh modal banyak juga. Nggak bisa tanpa kerja dong berarti?

Eh tapi, ada lo profesi yang memungkinkan kita untuk keliling dunia. Keliling dunia dan dibayar. Aduh, dream job banget kan?

Apa aja ya? Yuk, kita lihat.

3 Dream job yang memungkinkanmu keliling dunia

1. Pengajar bahasa asing

Bekerja Sambil Keliling Dunia: Inilah 3 Millenial and Gen Z's Dream Job

Mempunyai kemampuan belajar bahasa ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya–yang kesemuanya adalah bahasa asing–maka manfaatkanlah untuk menjadi pengajar bahasa asing. Jadi dosen atau pengajar di lembaga bahasa asing, misalnya.

Apalagi kalau kamu lulusan fakultas sastra Mandarin, Inggris, Jerman, dan lainnya. Peluang untuk bisa mengikuti ajang pertukaran budaya dengan negara terkait bisa sangat besar. Bahkan mungkin juga kamu bisa apply beasiswa untuk belajar bahasa asing di negara asalnya.

Yang menarik dari profesi ini–selain memungkinkanmu untuk keliling dunia–adalah kamu bisa banyak berkenalan dengan orang baru, dan bisa membantu mereka untuk mengeri bahasa asing yang kamu kuasai. Nggak monoton di kantor, jadi sering jalan-jalan ke negara-negara yang punya berbahasa nasional yang kamu kuasai. Misalnya, kalau kamu fasih berbahasa Mandarin, kamu akan sering jalan-jalan ke Hongkong, Tiongkok, ataupun Taiwan. Kalau kamu mengajar di universitas, kamu akan sering ada kunjungan dengan dekan atau rektor ke negara-negara terkait.

Untuk gaji, biasanya sih semakin banyak job semakin banyak pendapatan. Semua bisa kamu atur sendiri. Pengin pemasukan banyak, ya carilah job sebanyak-banyaknya. Bisa jadi guru privat atau dosen.

 

2. Aktivis NGO Internasional

Bekerja Sambil Keliling Dunia: Inilah 3 Millenial and Gen Z's Dream Job

Kamu tertarik untuk melakukan misi sosial untuk kemanusiaan sambil keliling dunia? Nggak ada salahnya untuk bergabung dengan Non Governmental Organization (NGO) internasional.

LSM asing yang dipegang langsung oleh lembaga internasional–dan biasanya sudah punya kantor cabang dan badan hukum di Indonesia–ini sering membuka peluang bagi siapa saja yang pengin berpartisipasi menjalankan program yang telah mereka buat untuk beberapa wilayah di Indonesia. Kamu juga akan berkesempatan untuk bertemu dan merencanakan kolaborasi misi dengan tim dari negara lain di tempat yang sudah ditentukan–yang pastinya berada di luar negeri.

Misi sosial yang dijalankan bisa bermacam-macam, tergantung concern LSM yang kamu masuki. Biasanya sih seputar pendidikan, anak-anak, lingkungan, kesehatan, dan lain sebagainya.

NGO yang sering mengadakan rekrutmen misalnya seperti WWF, Ecpat, Save the Children–atau bahkan lembaga-lembaga bantuan internasional, misalnya UNICEF, UNESCO, atau ILO.

Untuk standar gaji, biasanya sih based on dollars. Kamu hanya dituntut untuk punya kemampuan berbahasa Inggris aktif, di samping ada kualifikasi-kualifikasi lain yang berbeda untuk setiap NGO. Kalau diterima, well, selamat keliling dunia dan Indonesia deh!

 

3. Diplomat kedutaan besar

7 Soft Skill Karyawan yang Harus Selalu Ditingkatkan di Zaman Teknologi

Nggak begitu suka kegiatan outdoor yang bakal sering dilakukan oleh aktivis NGO, tapi masih tetep pengin keliling dunia? Bisa saja.

Segera layangkan lamaranmu ke kedutaan besar negara asing tujuanmu. Kamu akan bekerja layaknya karyawan kantoran biasa. Posisi yang ditawarkan biasanya juga cukup beragam. Hanya saja, memang informasi lowongan enggak dipublikasikan secara umum. Yang bisa kita lakukan adalah mencari informasi langsung ke TKP.

Satu syarat mutlak untuk bisa bekerja di sini adalah mampu berkomunikasi dengan pemerintah negara terkait dengan baik. Jadi, misalnya kamu berminat untuk melamar ke Kedubes Korea Selatan, maka ya pastinya kamu harus menguasai betul bahasa Korea. Nggak cuma bisa bilang, “Annyeonghaseyo!” doang.

Makanya, perdalam mempelajari bahasa asing, tergantung kebutuhan.

Nah, yang menarik dari profesi ini adalah biasanya kamu akan diberi kesempatan untuk berkunjung ke negara yang bersangkutan seenggaknya setahun sekali. Dengan standar gaji dalam dolar, kamu bisa sekalian deh mampir ke negara-negara tetangganya dan keliling dunia.

Ugh, menarik banget kan? Dan, kabar baiknya lagi, kamu bisa mengawalinya dengan magang di sana.

 

Well, dengan punya pekerjaan yang memungkinkanmu keliling dunia seperti ini, kamu bisa menghemat satu tujuan finansial nih; dana liburan. How about, alihkan saja dana liburan itu menjadi dana rumah pertama? Ha, pastinya akan lebih berfaedah deh.

Cek jadwal kelas finansial online QM Financial, yang akan membahas dana rumah pertama ataupun tujuan-tujuan finansial lainnya ya. Supaya gajimu yang besar tak sia-sia, dan kamu bisa menikmati hidup sampai tua.

Jangan lupa follow juga akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan tip keuangan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch