Articles

#FinClic Daily Tracking

Halo planners!

Financial Clinic (#FinClic) awalnya merupakan sebuah talkshow radio pada tahun 2006 di salah satu radio di Jakarta, Bandung dan Surabaya serta Bali. Kemudian berkembang menjadi #FinClic seminar series, #FinClic Tweet series di twitter dan sekarang Instagram live setiap Senin malam jam 19:00. #FinClic pada pertengahan tahun 2018 sampai detik ini berkembang menjadi kelas finansial online melalui aplikasi zoom yang dinamakan Financial Clinic Online Series (FCOS).

Daily tracking merupakan sebuah metodologi dalam pencatatan keuangan namun caranya bukan dengan mencatat semua pengeluaran tetapi yang dicatat hanya pengeluaran yang sifatnya harian.

Fungsi dari daily tracking adalah untuk mengecek pengeluaran yang sifatnya harian sebagai penunjang aktivitas. Dengan daily tracking kamu juga bisa melihat pola pengeluaranmu seperti apa sehingga kamu lebih berhati-hati dalam melakukan pengeluaran uang.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam melakukan daily tracking, yaitu

Nominal

Berapa Rupiah yang sudah kamu keluarkan untuk melakukan aktivitas pada hari ini?

Kategori

Bebas saja kategori apa yang akan kamu berikan, transportasi, makan, jajan, senang-senang (lifestyle). Kalau kamu ingin memanjakan diri ke salon, spa atau belanja, diperbolehkan dong.

Metode pembayaran

Ada beberapa metode pembayaran yang bisa kamu pakai yaitu tunai, kartu kredit, kartu debit atau menggunakan electronic wallet serta financial technology (Gopay, OVO, Dana, emoney, flazz, Jenius).

Contoh pencatatan daily tracking:

Tadi pagi Ligwina Hananto, lead financial trainer QM Financial mencatat pengeluaran yang terjadi saat Wina dan suaminya mengantar anaknya yang bungsu berangkat sekolah. Si bungsu diantar dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tentu saja aktivitas ini tidak gratis karena ada biaya bahan bakar atau bensin yang dikeluarkan. Namun karena Wina baru saja mengisi BBM kemarin maka pencatatan untuk biaya antar anak adalah nol.

Sehabis mengantar anak ke sekolah, Wina diantar ke sebuah pusat perbelanjaan, lokasi di mana pekerjaan sebagai financial trainer akan dilakukan. Di QM Financial, ada peraturan bila karyawan QM akan berangkat untuk memberikan pelatihan maka biaya transportasi ditanggung kantor, bisa dengan menggunakan voucher taksi yang dapat diklaim ke kantor.

Bahkan Wina sebagai CEO QM Financial memiliki fasilitas dapat mengklaim biaya transportasi kemana pun dia pergi namun Wina tetap memilah-milah mana yang dia klaim ke kantor dan mana yang merupakan pengeluaran pribadinya. Sehingga biaya transportasi menuju pelatihan dan kembali ke kantor masih belum mengeluarkan uang.

Pengeluaran untuk sarapan dan makan siang pun tidak ada karena pada hari itu Wina sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk makan malam, ada acara makan-makan di kantor dengan menu bakso Malang. Jadi, pengeluaran makan hari ini Wina tidak mengeluarkan uang sama sekali.

Berlatih di pusat kebugaran juga merupakan jadwal aktivitas harian Wina. Ada gym membership yang sudah dibayarkan tapi Wina juga terkadang mengunjungi gym lain sehingga ada biaya sekitar Rp100ribu yang dikeluarkan bilan mengunjungi gym tersebut. Tetapi hari ini Wina memutuskan untuk berisitrahat dan tidak mengunjungi gym ini sehingga tidak ada uang yang dikeluarkan untuk gym ini.

Untuk pengeluaran transportasi pulang ke rumah setelah seharian beraktivitas pun Wina tidak mengeluarkan sepeser pun karena menggunakan voucher taksi yang dapat diklaim ke kantor.

Dari contoh di atas, kategori yang timbul adalah transportasi (BMM, taksi, biaya tol dan parkir). Setidaknya ada enam kali frekuensi pengeluaran transportasi saat berangkat bekerja sampai pulang. Bila Wina makan hari ini berarti ada tiga kali pengeluaran makan yang terjadi. Karena Wina melakukan pencatatn daily tracking hari ini maka Wina mengurungkan niat untuk jajan sehabis berbuka puasa. Efek yang Wina rasakan adalah menjadi lebih aware tentang pengeluaran hariannya.

Yuk cobain metode daily tracking ini di mana kamu hanya mencatat pengeluaran yang terjadi agar kamu bisa survive di hari ini! Jadi enggak ada tuh ribet dalam hal pencatatan keuangan karena kamu hanya mencatat pengeluaran yang terjadi atas aktivitas yang kamu lakukan.

Terus follow instagram QM Financial serta twitter @QM_Financial. Ada juga #FinClic dan IG Live yang seru setiap Senin jam 19:00!

Kalau kamu ingin belajar tentang financial literacy, yuk ikutan kelas finansial online Financial Clinic Online Series (FCOS) melalui aplikasi zoom. Pendaftaran melalui event.qmfinancial.com!

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch