Articles, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, financial clinic, finclic

#FinClic Mengatur Keuangan Karyawan

Halo planners!

Financial Clinic (#FinClic) awalnya merupakan sebuah talkshow radio pada tahun 2006 di salah satu radio di Jakarta. Kemudian berkembang menjadi #FinClic seminar series, #FinClic Tweet series di twitter dan sekarang Instagram live setiap Senin malam jam 19:00. #FinClic pada pertengahan tahun 2018 sampai detik ini berkembang menjadi kelas finansial online melalui aplikasi zoom yang dinamakan Financial Clinic Online Series (FCOS).

Apakah kamu tahu tentang visi Indonesia Emas 2045? Indonesia Emas 2045 adalah sebuah visi besar tentang Indonesia yang unggul, maju bersaing dengan bangsa bangsa lain dan telah cukup dewasa untuk mengatasi isu isu permasalahan klasik bangsa seperti korupsi, isu disintegrasi dan isu kemiskinan. Di masa 100 tahun Indonesia merdeka nanti pada tahun 2045, apa yang akan terjadi dan bagaimana cara kamu menghadapinya? Muhammad Chatib Basri, ekonom yang pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan sejak Mei 2013 sampai 20 Oktober 2014 pernah membahas bagaimana manusia Indonesia pada tahun 2045 dan kondisi keuangannya. Indonesia pada tahun 2045 akan memiliki sumber daya manusia yang produktif yang berusia 21 tahun sampai 55 tahun.

Yang perlu kamu perhatikan saat 2045 nanti, apakah kamu masih memiliki pekerjaan, jenis pekerjaan seperti apa dan masuk ke dalam kategori produktif?

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, ada pekerjaan pekerjaan yang hilang digantikan oleh komputer dan mesin. Kamu perlu selalu up to date  dan upgrade kemampuan untuk menghadapi perubahan yang terjadi serta menciptakan pekerjaan pekerjaan baru.

baca juga: #FinClic 5 Pekerjaan di Masa Lalu dan Masa Kini

Menurut Chatib Basri, orang Indonesia terancam untuk keburu tua sebelum kaya. Walaupun saat ini golongan kelas menengah di Indonesia jumlahnya cukup banyak, jangan sampai kamu mengalami middle income trap yaitu golongan menengah yang penghasilannya segitu-gitu saja sehingga tidak bisa menabung dan tidak dapat mempertahankan gaya hidup yang sama ketika pensiun nanti. Penghasilan Domestik Bruto Indonesia pada tahun 2045 diprediksi akan menjadi lebih rendah dibandingkan sekarang.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan karyawan?

Menghasilkan Uang

Langkah pertama, kamu belajar menghasilkan uang secara terus menerus dengan jumlah yang konstan atau jumlah yang meningkat untuk waktu yang lebih panjang. Salah satu cara menghasilkan uang adalah dengan menciptakan lapangan pekerjaan yang baik atau mendapatkan pekerjaan yang baik. Kemudian, bagaimana caranya ketika pensiun kamu tetap juga bisa menghasilkan uang? Kamu perlu mengecek bagaimana struktur penghasilan dan pola pengeluaran yang dimiliki. Yang paling sering ditemukan pada karyawan adalah gaji yang kecil dan kegelisahan mengenai penghasilan yang numpang lewat sehingga berutang.

baca juga: #FinClic Berapa Sih Gaji Ideal?

Keuangan karyawan memiliki korelasi terhadap kinerja di kantor. Bila karyawan merasa cemas dengan kondisi keuangannya, maka dia tidak akan bisa berkonsentrasi dengan pekerjaannya di tempat kerja. Hal ini diperparah apabila karyawan tersebut juga memiliki utang terutama utang kartu kredit.

Belasan tahun yang lalu, debt collector yang menagih utang akan menggunakan mesin facsimile untuk mengirimkan lembaran jumlah utang ke mesin facsimile kantor sehingga bisa dipastikan seisi kantor akan mengetahui besaran utang kartu kredit yang kamu miliki. Intinya kamu akan dipermalukan sedemikian rupa sehingga akhirnya kamu membayar utang tersebut.

Masa kini juga masih terjadi namun dengan metode yang berbeda. Bagi kamu yang berutang melalui pinjaman online, saat telat membayar pinjaman, pihak pemberi pinjaman akan menghubungi orang orang di sekitarmu melalui kontak di telepon selulermu. Hal ini bisa menyebabkan kamu dipecat dari pekerjaanmu bila memiliki utang terutama pinjaman online.

baca juga: #FinClic Bebas Utang

Menyiapkan Pensiun

Tahap ini sangat penting agar pada masa pensiun kamu tetap bisa produktif agar kebutuhan saat pensiun dapat terpenuhi. Masa pensiun jangkanya sangat dan tidak berhenti hanya saat kamu berusia 65 tahun. Jika kondisi kesehatanmu baik, kamu akan masuk ke dalam masa pensiun yang lebih lama maka kamu perlu memastikan keuanganmu cukup kuat untuk menopang kebutuhanmu selama masa pensiun yang mungkin bisa mencapai umur 99 tahun.

baca juga: #FinClic Dana Pensiun

Semoga kamu siap menghadapi Indonesia Emas 2045 dan Indonesia semakin kuat berawal dari kamu!

Terus follow instagram QM Financial serta twitter @QM_Financial. Ada juga #FinClic dan IG Live yang seru setiap Senin jam 19:00!

Kalau kamu ingin belajar tentang perencanaan keuangan lebih lengkap sebagai salah satu upaya agar keuanganmu sehat, baik dan kuat, yuk ikutan Financial Clinic Online Series di event.qmfinancial.com

-QM Financial-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch