Articles

Strategi Cerdas Menuju Sehat Finansial

Halo planners!

Tahukah kamu bila kesehatan merupakan hal yang berharga di dalam kehidupan? Akan tetapi hidup sehat secara fisik masih belum cukup di era saat ini. Kondisi finansial juga harus sehat karena keduanya saling berkaitan. Banyak orang yang merasakan kondisi finansialnya akhir-akhir ini kurang sehat. Masalah finansial merupakan sumber stress yang berkepanjangan sehingga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Kondisi stres akan mempengaruhi sistem fisiologis di mana tubuh menghasilkan dua jenis hormon yaitu catecholamines dan corticosteroid yang menekan sistem kekebalan tubuh sehingga seseorang mudah sakit.

8 November 2019, Ligwina Hananto selaku lead trainer dari QM Financial membawakan pelatihan “Strategi Cerdas Menuju Sehat Finansial” untuk karyawan Bank Mandiri di kota Solo, Jawa Tengah.

Bagaimana Strategi Cerdas Menuju Sehat Finansial? Setidaknya ada 3 strategi yang bisa kamu lakukan untuk menyehatkan keuanganmu:

Strategi Cashflow

Sebanyak lebih kurang delapan puluh persen kesehatan finansial seseorang bermula dari cashflow. Bila keadaan cashflow positif, kamu sudah memiliki modal awal menuju sehat finansial. Tapi kalau kondisi cashflow kamu masih negatif, maka perlu dibenahi agar berubah menjadi positif.

Cara mengukur cashflow adalah dengan melakukan financial check up sebagai langkah awalnya. Financial check up dilakukan berdua dengan pasangan bila sudah menikah. Dokumen yang dibutuhkan untuk financial check up berupa dokumen neraca dan dokumen arus kas.

Neraca berisikan harta dan kewajiban yang kamu miliki. Harta dibagi menjadi harta lancar (kas, tabungan, deposito, logam mulia, reksa dana, obligasi, dan saham) dan harta tidak lancar (perhiasan emas, piutang, barang koleksi, nilai bersih usaha, properti dan kendaraan). Sedangkan kewajiban dibagi menjadi kewajiban jangka pendek (utang kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), kredit kendaraan dan pinjaman lainnya) serta kewajiban jangka panjang (KPR/KPA, pinjaman lunak perusahaan dan pinjaman lainnya).

Arus kas berisikan pencatatan berupa penghasilan serta pengeluaran baik secara bulanan maupun tahunan. Dari arus kas ini kamu akan bisa melihat kesehatan keuanganmu yang tercermin dari rasio keuangan.     

Strategi Akumulasi Investasi

Strategi kedua dalam rangka mencapai sehat finansial adalah dengan melakukan strategi akumulasi investasi. Strategi investasi ini dilakukan agar tujuan finansial yang menjadi targetmu dapat tercapai sesuai dengan nilai dan jangka waktu yang kamu tetapkan.

Misalnya, kamu ingin menyiapkan Dana Pensiun di tahun 2064 dengan target Rp2Milyar. Apakah kamu sanggup untuk menabung sebesar Rp7juta per bulannya selama 25 tahun? Strategi akumulasi investasi menggunakan instrumen keuangan sesuai dengan profil risikomu sehingga hanya dengan berinvestasi sebesar Rp1juta per bulan, kamu sudah dapat mempersiapkan Dana Pensiun Rp2Milyar tersebut.  

Strategi Aset Aktif

Bagaimanakah kamu membayangkan kondisi finansialmu nanti saat pensiun? Kehidupan tidak berhenti saat masa pensiun tiba, artinya walau sudah dalam masa pensiun, kamu tetap memiliki pengeluaran bulanan yang harus dibayarkan atau bahkan tetap ingin bisa mempertahankan gaya hidup sama seperti sebelum pensiun. Oleh sebab itu penting sekali untuk mempersiapkan kehidupan saat pensiun nanti dengan memiliki aset aktif. Aset aktif terbagi menjadi tiga jenis yaitu bisnis, properti dan surat berharga.

Kamu perlu melakukan strategi aset aktif dimulai dari sekarang agar dapat menikmati hidup di masa pensiun nanti. Dan kabar baiknya lagi, kamu bisa mulai memiliki Dana Pensiun dengan hanya berinvestasi setengah harga sepatumu!

Semoga finansialmu semakin sehat dengan ketiga strategi cerdas di atas ya!

Pelatihan finansial seperti ini sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan karyawan atau perusahaan. Bersama QM Financial, pelatihan finansial menjadi lebih menyenangkan, praktis dan bermanfaat. Sila hubungi 0811 1500 688 untuk ngobrol pelatihan seperti apa yang cocok untuk perusahaan kamu.

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch