Articles, Personal

5 Pentingnya Liburan Sekeluarga yang Diagendakan Rutin

Liburan sekeluarga itu membuat kita lebih bisa menerima perbedaan, lebih toleran, dan dilatih untuk konsisten terhadap apa yang kita tuju. Percaya enggak nih?

Yash, liburan sekeluarga itu bukan hanya soal gaya hidup atau mengikuti kekinian doang. Tapi liburan atau traveling memiliki pengaruh yang sangat besar pada diri seseorang, apalagi jika dilakukan sekeluarga. Rasanya beda banget dengan solo traveling.

Jadi jangan ragu-ragu untuk menjadwalkan liburan sekeluarga di sela waktu yang dimiliki. Liburan akan membuat kita menjadi pembelajar di dunia nyata. Iya, pembelajar yang tidak mentok di ruang kelas atau di buku pelajaran.

Liburan sekeluarga itu membantu kita membuka cara pandang dan wawasan akan budaya, tradisi dan juga pengalaman, juga merupakan cara terbaik untuk memperluas cakrawala dan prespektif kita, biar nggak terbatas cuma seputar dapur, tetangga, atau lingkungan kantor.

Liburan juga menghubungkan kita dengan dunia. Kita bisa melihat kehidupan orang-orang di sudut belahan bumi lain, dan mendapatkan inspirasi dan terberkahi karenanya.

Liburan dan perjalanan ke mana saja juga membuat kita lebih bisa menerima perbedaan dan lebih toleran. Pada tahap tertentu, berjalan menyisiri sisi lain dari hidup akan membuat kita bisa mensyukuri nilai yang kita anut atau bahkan mengevaluasinya.

But, wait, “menyusuri belahan bumi lain” ini jangan diartikan bahwa untuk liburan kita harus keluar negeri lo! Ke kabupaten sebelah, kota sebelah, provinsi sebelah, juga sudah merupakan “belahan bumi lain”.

Lalu, apa lagi yang bisa kita pelajari dari pengalaman melakukan traveling dan liburan sekeluarga ini?

5 Pentingnya Liburan Sekeluarga yang Diagendakan Rutin

1. Tinggalkan zona nyaman

Traveling dan liburan sekeluarga ke tempat lain itu artinya kita siap meninggalkan sejenak area nyaman dan familiar di lingkungan rumah untuk melakukan lompatan keyakinan atau kepercayaan.

Kita berkemas dan meninggalkan lingkungan yang sudah familier untuk menemui hal yang sama sekali baru.

Ini banget penting untuk memperluas wawasan kita lo! Sekali saja mencobanya dan menemukan satu tempat baru, kita akan merasakan hal yang sangat menyenangkan.

Berada di lingkungan yang tidak familier itu luar biasa! Kita bisa mendapatkan “timeless story” dari sana. Dan akan semakin priceless, ketika kita mengalaminya bersama orang-orang terdekat. Iya nggak sih?

2. Menghargai budaya lain

Saat liburan sekeluarga, kita bisa merasakan hidup dalam budaya yang berbeda dan mengalami tradisi mereka. Ini adalah pengalaman terbaik yang bisa didapatkan secara nyata, enggak hanya dengan membaca buku saja.

Melihat sendiri dan menjadi bagian dari suatu budaya yang berbeda membuat kita memahami esensi sesungguhnya dari budaya tersebut. Hal ini tentu akan membantu kita memahaminya, dan bahkan jika beruntung kita bisa belajar bahasa baru, ragam busana yang baru, kuliner yang baru. Seru kan?

Kita hanya akan menghargai sesuatu ketika kita bisa melihat dan merasakannya langsung.

Makanya, sebelum melakukan liburan sekeluarga ke suatu tempat, alangkah baiknya kita membuat dulu itinerary-nya, rencana perjalanan, juga membaca-baca dulu berbagai tip perjalanan, sehingga kita bisa tahu hal apa saja yang harus dan akan dijumpai di lokasi liburan.

Singkat kata, jangan sampai melewatkan tempat-tempat yang wajib dikunjungi di sana.

5 Alasan Liburan Karyawan Itu Penting dan Berefek Baik untuk Perusahaan

3. Belajar tentang kehidupan dari suatu peristiwa

Ketika kita melihat keajaiban dunia seperti Piramida di Mesir, Great Wall di Tiongkok, atau Borobudur di Jawa Tengah, kita akan menikmati suatu peristiwa atau momen. Kita akan bisa menyelami, peristiwa besar dan bersejarah apa yang direpresentasikan melalui tempat-tempat liburan tersebut.

Ya, nggak usah jauh-jauh juga kok. Saat kita melakukan perjalanan ke Gunung Merapi di Yogyakarta, dan melakukan napak tilas Lava Tour, misalnya. Kita pasti akan merasa bersyukur bahwa kita masih diberi hidup sampai sekarang.

Atau jika sempat mengunjungi berbagai jejak tsunami di Aceh, kita pun akan bahagia akan hidup kita ini dan selanjutnya. Semangat seperti ini akan dengan mudah ditanamkan pada masing-masing anggota keluarga, dengan mengajak mereka mengunjungi langsung juga.

Melalui liburan sekeluarga, kita akan bisa memaknai suatu peristiwa penting untuk menjalani hidup yang bahagia dan berisi. Kita sekeluarga akan bisa belajar untuk menikmati setiap menit, setiap peristiwa dalam hidup.

Yes, traveling–apalagi bersama keluarga–jadi mengajarkan kita untuk menangkap momen dan membuatnya menjadi bagian penting dalam hidup kita. Sekecil apa pun itu.

4. Hidup dengan sederhana

Bertahan dalam kondisi minim sangat mungkin dilakukan saat liburan, dan traveling mengajarkan kita sekeluarga tentang hal ini.

Kita nggak bisa bergerak dengan nyaman karena ada tas yang berat di punggung. Atau, mesti memutar otak agar si kecil nggak rewel dan tetap merasa nyaman selama di jalan. Harus bisa fleksibel dengan kondisi dan situasi yang kadang mendadak berubah. Kita harus berpergian dengan ringkas dan ringan.

Apalagi soal bekal uang. Wah, mesti kreatif terus sepanjang perjalanan, supaya bekalnya bisa cukup sampai pulang nanti. Padahal banyak hal terjadi di luar dugaan, dan bisa jadi bikin anggaran jebol enggak keruan.

Rasa petualangannya lengkap dan nano-nano banget deh. Begitu pulang, rasanya jadi makin pinter aja ngatur ini-itu. Nggak percaya? Cobain deh.

Liburan sekeluarga itu enggak harus berarti kemewahan dan kenyamanan. Ini tentang pengalaman menikmati segala hal yang ditawarkan oleh dunia.
Percaya deh setelah melakukan liburan ini, kita akan sangat bersyukur dan menghargai “kemewahan” di rumah dan di kehidupan kita sekarang ini.

5 Trik Liburan Keluarga On Budget di Akhir Tahun

5. Menilai pengalaman lebih dari hal-hal yang bersifat materi semata

Sekali mengecap kenikmatan liburan, kita akan memahami bahwa pelajaran yang didapat dari perjalanan lebih berharga dan mahal dari materi apa pun yang sudah dimiliki.

Pengalaman bisa melihat puncak Eiffel Tower, atau melihat kecantikan Komodo di pulau tempat habitat mereka, merupakan pengalaman berharga dan tidak lebih bernilai dari barang apa pun. Apalagi dinikmati bersama sekeluarga, orang-orang kesayangan.

Jadi kita liburan ke mana nih? Yuk, siap-siap!

Selain beberapa manfaat di atas, dengan merutinkan agenda liburan sekeluarga, kita juga jadi lebih mudah merencanakannya. Kita jadi bisa menabung atau berinvestasi dulu. Jelas tujuannya apa, jelas pula waktunya kapan. Betul nggak?

Buatlah rekening khusus dana liburan sekeluarga, agar liburan semakin nyaman. Liburan sekeluarga wajib setahun sekali atau dua kali? Ayo aja! Rencana matang, anggaran untuk kebutuhan sehari-hari dan tujuan finansial yang lain juga aman.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch