Personal, Tujuan Finansial

Merencanakan Pesta Ulang Tahun Perkawinan yang Bermakna dalam 5 Langkah

Mengarungi hidup rumah tangga berdua selama sekian lama itu sungguh sesuatu, ya kan? Dibilang susah ya enggak juga, dibilang gampang ya enggak banget. Makanya, untuk sebagian pasangan suami istri, merayakan pesta ulang tahun perkawinan itu dianggap perlu, demi mengingat sebegitu lama kebersamaan tersebut.

Nggak mudah lo, bisa awet hidup bareng begini. Inget ups and downs-nya, kayak roller coaster. Bahkan sebagian kadang terpikir untuk menyerah di satu titik. Ups!

So, apakah kamu dan pasangan pengin merencanakan pesta ulang tahun perkawinan untuk berdua? Mau besar ataupun pesta kecil–atau bahkan hanya dirayakan berdua–semua tetap butuh persiapan lo! Tanpa siap-siap, bisa jadi bikin bocor anggaran, bahkan anggaran bulanan bisa terganggu.

Jadi, berikut ini ada beberapa tip untuk merencanakan pesta ulang tahun perkawinan, yang on budget tapi bermakna. Mau? Simak artikel ini sampai selesai ya.

5 Langkah Mempersiapkan Pesta Ulang Tahun Perkawinan yang Berkesan Tanpa Boros

Merencanakan Pesta Ulang Tahun Perkawinan yang Bermakna dalam 5 Langkah

1. Fokuskan pada relationship berdua

Mau merayakan pesta ulang tahun perkawinan semewah apa pun, sebaiknya kembali lagi untuk fokus pada hubungan yang sudah dibangun berdua. Pada keluarga.

Apa makna pesta ulang tahun perkawinan bagi keluarga? Apa arti perayaan tersebut? Mensyukuri yang sudah dijalani, dan dipunyai, lalu membuat rencana baru yang lebih baik ke depan? Atau, apa?

Kembalikan semuanya pada keluarga, dan terutama kualitas hubungan berdua sebagai pasangan suami istri.

Dengan begini, mau merayakan dengan cara apa pun, maknanya tetap mendalam.

2. Tentukan acara

Nah, kalau niat sudah ada dan baik, maka selanjutnya mau merencanakan acara apa pun, pasti akan jadi baik juga.

Jadi, mau ngapain nih? Mau ngadain private party saja, atau mau mengundang sejumlah tamu untuk bisa diajak bersyukur bareng? Biasanya sih, pasangan suami istri merayakan pesta ulang tahun perkawinan dengan lebih meriah ketika berulang tahun perak, emas, ataupun intan. Selain itu, juga bisa saja sih dirayakan, tapi pada umumnya hanya di lingkup keluarga saja.

Acaranya bisa makan malam bareng di resto, atau mau masak sendiri di rumah secara lebih istimewa juga bisa. Atau, ada yang merayakan pesta ulang tahun perkawinan sambil honeymoon kedua, atau backpackeran bareng.

Banyak cara untuk merayakan pesta ulang tahun perkawinan ini. Yang penting, kembali lagi, mau seperti apa pun acaranya, selalu ingat bahwa kualitas relationship berdualah yang utama.

7 Tanda Keuangan Keluarga Tidak Sehat

3. Tentukan bujet

Setelah tahu acaranya mau seperti apa, maka berikutnya tentukan bujetnya. Lagi-lagi ingat, bukan kemewahan yang utama, tapi makna di balik pesta ulang tahun perkawinan itu sendiri.

Jadi, mau bujet berjuta-juta, atau beberapa ratus ribu saja, enggak jadi masalah, seharusnya. Tapi tetap harus direncanakan, lebih baik lagi dibuat anggarannya–apalagi jika pengin membuat pesta yang meriah.

Misalnya nih, mau membuat pesta di resto, sambil mengundang sejumlah tamu: saudara atau sahabat-sahabat terdekat. Berarti yang harus dipikirkan adalah berapa jumlah tamu undangan, makanan, minuman, dan barangkali juga harus menyiapkan suvenir.

4. Tentukan tempat

Tempat ini sudah pasti harus menyesuaikan jenis acara dan juga bujet.

Misalnya, mau merayakan pesta ulang tahun perkawinan di restoran atau mau private party di rumah? Kalau di restoran, di restoran mana? Kalau di rumah, bagaimana menyiapkan tempat untuk para tamu?

Atau kalau mau merayakan ulang tahun perkawinan sembari honeymoon kedua, tentukan tujuannya yang sesuai bujet. Enggak harus terlalu jauh juga kok, yang penting sweet escape berdua.

Bulan Madu dengan Dana Terbatas? Bisa dengan 7 Tip Ini!

5. Siapkan kejutan

Biar lebih meriah, siapkan kejutan khusus untuk pasangan. Ya namanya kejutan, jangan sampai ada yang tahu dong. Siapkan sesuatu di luar dugaan pasangan, ataupun yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain, secara khusus.

Duh, pasti lebih heboh deh pesta ulang tahun perkawinan tahun ini.

Nah, gimana? Sudah siap untuk membuat rencana dan menyusun anggaran untuk pesta ulang tahun perkawinan kalian? Boleh banget lo, kalau mau mengundang tim QM Financial untuk ikut hadir di pesta. Biar lebih meriah kan?

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch