Articles, Cash Flow, Personal

7 Alasan Mengapa Seharusnya Perempuan Mandiri Finansial

Tanggal 8 Maret diperingati sebagai International Women’s Day–sebuah perayaan untuk memperingati persamaan hak-hak perempuan. Bukan lantas perempuan harus menguasai dunia, atau makna-makna harfiah lain. Bukan. Ini bukan kompetisi perempuan dan laki-laki, melainkan sebuah awareness bahwa kita, perempuan, harus punya daya dan kekuatan untuk melakukan apa saja yang ingin dan seharusnya kita lakukan. Menjadi perempuan mandiri finansial.

Nggak bisa mungkir kan, bahwa di suatu belahan dunia, masih ada perempuan yang belum berdaya; entah tertelikung oleh budaya, mindset, hingga dirinya sendiri. Kita harus mengakui, bahwa belum banyak perempuan mandiri di dunia ini–termasuk di Indonesia.

Sedihnya, masih banyak yang beranggapan, perempuan mandiri adalah perempuan yang enggak butuh partner hidup. Hvft, so shallow. Bukan di situ poinnya. Ada banyak alasan, mengapa seharusnya perempuan itu mandiri–apalagi perempuan mandiri finansial. Itu harus! Terlepas dari statusnya sebagai apa pun, masih lajang atau sudah berkeluarga, perempuan harus bisa mandiri finansial.

7 Alasan Mengapa Seharusnya Perempuan Mandiri Finansial

Saat Gaji Istri Lebih Besar, 5 Hal yang Harus Diingat oleh Pasangan Bekerja

1. Bisa berperan sebagai pencari nafkah keluarga

Saat kita sudah berkeluarga, pada umumnya, tugas untuk mencari nafkah secara otomatis akan menjadi tugas utama suami, sebagai kepala keluarga. Sebagai istri, perempuan akan menjadi partner mengelola keuangan keluarga.

Itu yang jamak terjadi. However, setiap keluarga pasti punya impian, cita-cita, dan tujuan keuangan. Membebankan seluruh pemasukan hanya di pundak suami saja, tentu enggak salah–sepanjang sudah menjadi kesepakatan bersama. Tetapi, para suami ini didampingi oleh seorang perempuan mandiri finansial, pastilah keluarga akan lebih kuat keuangannya; lebih cepat mencapai tujuan keuangan.

Yang pasti, jika ada sesuatu yang menimpa pencari nafkah utama *knocks on wood* sebagai istri, seorang perempuan mandiri finansial bisa dengan sigap mengambil alih tugas sebagai pencari nafkah keluarga.

Tentunya, lagi-lagi, ini seharusnya sudah disepakati bersama ya.

2. Siap menghadapi kebutuhan yang selalu bertambah

Kebutuhan selalu bertambah dari waktu ke waktu, sesuai dengan tahapan hidup yang kita lalui. Dari lajang, menikah, kemudian jadi mahmud abas (mamah muda anak baru satu), lalu jadi dua anak, tiga anak, dan seterusnya, kebutuhan akan selalu menyesuaikan.

Jika seorang perempuan dapat mandiri secara finansial, maka ia akan dapat menyesuaikan dengan kondisi yang berubah setiap waktu. Karena seorang perempuan mandiri finansia biasanya juga paham, bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Dia akan dapat merencanakan langkah-langkah antisipasi, agar keuangan keluarga tetap stabil sembari memenuhi kebutuhan yang selalu bertambah.

Bonus Besar Sering Diberikan oleh Perusahaan yang Bergerak di 5 Sektor Ini

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Seorang perempuan mandiri finansial juga akan lebih percaya diri, karena mereka yang mandiri biasanya memiliki satu ciri khas: tidak mau tergantung pada orang lain. Mereka bisa mengambil keputusan secara bebas, berdasarkan pemikirannya dan mau bertanggung jawab atas keputusannya tersebut.

Demikian pula seorang perempuan mandiri finansial. Ia akan tahu, apa yang dimau dan diinginkannya, dan pasti tujuannya juga baik–demi keluarga, orang yang dicintainya, maupun dirinya sendiri.

4. Siap menghadapi masa pensiun

Seorang perempuan mandiri finansial akan siap menghadapi masa pensiun lebih daripada mereka yang kurang mandiri.

Biasanya ia juga sudah punya rencana, pengin menghabiskan masa pensiun seperti apa, dengan siapa, di mana, dan mengerjakan apa. Bahkan saat masuk ke usia pensiun pun, biasanya mereka juga masih akan terus berkarya, meskipun sudah tidak berorientasi pada penghasilan berupa uang lagi.

Seorang perempuan mandiri finansial siap untuk memutus mata rantai sandwich generation.

7 Alasan Mengapa Seharusnya Perempuan Mandiri Finansial

5. Bisa merdeka menentukan perkembangan diri sendiri

Tentu saja, karena mandiri secara finansial, seorang perempuan akan dapat menentukan ingin ke arah mana ia berkembang.

Pastinya setiap orang ingin bertumbuh menjadi lebih baik kan? Hal ini bisa dengan mudah dicapai jika seseorang sudah mandiri secara finansial. Kalau tidak, ya susah juga–karena untuk berkembang, kita akan butuh modal. Harus realistis kan?

6. Salah satu bentuk self love

Yash, enggak perlu memamerkan lipatan lemak di perut untuk di-posting di media sosial untuk bisa menunjukkan bahwa kita mencintai diri sendiri. Salah-salah, malah dilaporkan melanggar UU ITE. #ups

Menjadi perempuan mandiri finansial juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencintai diri sendiri. Dengan bisa memenuhi kebutuhan sendiri, kita sudah membuktikan bahwa kita punya self love.

Kan, untuk bisa membahagiakan orang lain, kita harus membahagiakan diri sendiri lebih dulu, betul?

5 Keterampilan Mengelola Keuangan Pribadi yang Harus Dipunyai Karyawan

7. Menjadi inspirasi untuk yang lain

Tentu saja sosok perempuan mandiri finansial selalu bisa menjadi inspirasi bagi perempuan lain yang ingin berdaya juga. Bisa jadi contoh yang baik dan nyata, enggak omong doang.

Karena itu, tunjukkan bahwa kita melek literasi keuangan, dan sebarkan semangat yang sama untuk orang-orang di sekitar kita.

Yash! So, happy International Women’s Day untuk semua perempuan di dunia.

Sudah waktunya kita untuk menjadi perempuan mandiri finansial–bisa memenuhi kebutuhan diri sendiri, tidak tergantung pada orang lain, dan punya tujuan keuangan yang jelas. Karena dengan demikian, kita bisa membahagiakan orang-orang yang kita cintai, dan tentunya, diri kita sendiri.

Kamu pun bisa belajar untuk menjadi perempuan mandiri finansial dengan ikut serta di kelas-kelas finansial online QM Financial. Cek jadwalnya, dan pilih sesuai kebutuhanmu ya!

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch