Articles, Cash Flow

5 Pengeluaran Ekstra yang Mungkin Harus Dikeluarkan Selama Pandemik Covid-19

Hai, apa kabar, kamu pembaca dan follower setia QM Financial? Semoga kamu di situ baik-baik saja, #dirumahaja atau #workfromhome dalam kondisi sehat. Yes, kondisi memaksa kita harus mengubah beberapa rencana dan rutinitas. Tapi, pada dasarnya, manusia itu kan sebenarnya makhluk yang punya daya adaptasi yang cukup tinggi, termasuk kala berada di tengah krisis. Salah satu hal yang harus segera diadaptasi adalah soal keuangan. Hmmm, sudah berapa pengeluaran ekstra kamu belanjakan sebulan terakhir ini?

Kondisi yang “memaksa” kita untuk bertahan di rumah saja “berbuah” penyesuaian juga di hal lainnya, right? Memang sih, selama di rumah aja, pos pengeluaran transportasi kita bisa berkurang, pun pos nongkrong di kafe.

Tapi, ternyata ada beberapa pos pengeluaran ekstra lain yang muncul. Apa saja? Mari kita lihat. Kamu boleh menambahkan pengeluaran ekstra lain yang mungkin ada, tapi belum tertulis berikut ini.

5 Pengeluaran ekstra yang terjadi selama #dirumahaja dan #workfromhome gara-gara Covid-19

7 Tip Mulai Kerja di Rumah Agar Tetap Efektif

1. Makanan

Mau nggak mau, seharian di rumah ya mesti ditemani camilan-camilan, makanan, dan tentu saja, minuman favorit.

Siapa hayo, yang sempat panic buying? Sudah belanja apa saja, untuk berapa bulan hidup di rumah?

Memang sih, ini adalah salah satu yang pertama langsung terlintas di kepala ya, ketika krisis melanda. Karena makanan dan minuman memang merupakan kebutuhan dasar manusia. So, wajar jadinya, kalau kita lantas punya pengeluaran ekstra untuk makanan.

Hanya saja, mari kita berharap agar kondisi segera membaik. Berbagilah dengan sesamamu, agar yang lain juga bisa memenuhi kebutuhannya. Apalagi jika ada tetangga yang sudah lansia, ada baiknya kamu malah membelanjakan sekalian untuknya, agar dia tak perlu pergi belanja dan lebih terlindung di rumah.

Lagian, kulkas di rumah seberapa besar, sampai nyetok makanan sampai berbulan-bulan? Awas, ntar malah busuk lo!

2. Vitamin

Vitamin memang merupakan salah satu suplemen yang mesti kita konsumsi untuk mempertahankan daya tahan tubuh, agar virus enggan datang pada kita.

Beberapa hari belakangan, tampaknya produk-produk vitamin pabrikan juga mulai menghilang dari pasaran. Hmmm, jangan-jangan kamu juga salah satu yang punya pengeluaran ekstra untuk ini ya?

Tapi vitamin enggak hanya bisa didapatkan dari suplemen-suplemen pabrikan. Justru kalau kita bisa mendapatkan vitamin alami, langsung dari buah atau sayur, itu akan lebih baik. Dan, vitamin yang baik tentu datang dari buah dan sayur yang segar.

Lebih baik, kalau memang pengin tambahan vitamin, alokasikan pengeluaran ekstra kamu untuk lebih banyak membeli buah dan sayur saja, dan lebih baik membelinya secukupnya demi menjaga kesegarannya. Misalnya, apel, jeruk, mangga, melon, dan buah naga adalah beberapa contoh buah yang cukup awet jika dimasukkan ke lemari pendingin. Kamu bisa beli dalam jumlah yang tak berlebihan, agar bisa menyimpannya dengan lebih baik.

Tiga atau empat hari kemudian, kamu bisa keluar lagi (tentu dengan “perlindungan” diri yang lengkap) untuk berbelanja jika sudah habis. Setelah mendapatkan apa yang kamu butuhkan, segera pulang ya!

Atau, kamu juga bisa membeli sayuran beku, yang lebih awet, sudah terpotong-potong sehingga lebih praktis disimpan.

5 Pengeluaran Ekstra yang Mungkin Harus Dikeluarkan Selama Pandemik Covid-19

3. Kuota internet

Kerja di rumah akan butuh koneksi internet yang mumpuni dan berlimpah juga. Ya gimana enggak, mesti setor ini itu di WhatsApp, email, Slack, Trello, dan seterusnya, belum lagi meeting pakai Zoom. Itu semua kan butuh kuota kan ya?

Thank goodness, ada banyak provider yang kasih keringanan sih. Itu tuh yang perlu dimanfaatkan. Kalau perlu ganti nomor sementara, demi mendapatkan keringanan harga kuota ini itu.

Lumayan lo, buat menghemat.

4. Alat penunjang kesehatan

Jadi, sudah berapa banyak beli masker sekali pakai akhir-akhir ini? Sudah sempat berebut hand sanitizer juga? Harganya mahal banget ya?

Sudah tahu belum, bahwa mencuci tangan dengan hand soap itu jauh lebih efektif untuk membunuh virus? Sabunnya juga bisa sabun apa pun kok, karena WHO pun tidak pernah menyebutkan kalau kita harus mencuci tangan dengan hand soap. Pakai sabun mandi, sabun cuci, bahkan sampo pun bisa. Yang penting, adalah cara mencuci tangannya yang benar.

Jadi, nggak perlu borong terlalu banyak juga. Ini juga salah satu pengeluaran ekstra yang banyak dikeluarkan oleh orang-orang belakangan ini. Padahal enggak harus seekstra itu juga sih.

Saya kemarin sempat bikin masker dari kain perca. Habis pakai belanja ke supermarket, langsung cuci. Lumayan menghemat, dan nggak perlu ikut berdesakan atau antre beli masker sekali pakai.

Menghindari Jeratan Utang Kartu Kredit, Ini 7 Tipnya!

5. Hiburan

Jadi merasa perlu langganan streaming film ya? Ya, bolehlah. Tapi kamu harus ingat ya, bahwa kita work from home, bukannya liburan. Semoga kamu nonton filmnya ketika pekerjaan dan kewajibanmu sudah selesai.

Mungkin kamu juga bisa pertimbangkan untuk ikut kelas-kelas saja yang sekarang banyak diadakan online. Kalau biasanya kamu terkendala karena harus kerja, kan sekarang bisa dong kamu ikuti sementara kamu work from home. Pengeluaran ekstra yang harus kamu keluarkan jadi lebih berfaedah kan?

Mau belajar lebih banyak tentang mengatur keuangan pribadi? Yuk, ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial! Cek jadwalnya, dan pilih sesuai kebutuhanmu.

Nah, gimana? Adakah pengeluaran ekstra lain yang belum disebutkan di atas? Tulis di kolom komen ya, biar bisa jadi tambahan.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Satu tanggapan untuk “5 Pengeluaran Ekstra yang Mungkin Harus Dikeluarkan Selama Pandemik Covid-19”

  1. […] So, belanja sajalah, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita tetap aman dari ancaman wabah virus korona […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Hubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial adalah sebuah perusahaan perencana keuangan independen yang terus berkembang. Jika Anda memiliki passion dalam perencanaan keuangan, Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch