Personal, Cash Flow

7 Hal untuk Mencintai Bumi, Sekaligus Mencintai Dompet Kita

Hari ini, 22 April, diperingati sebagai Hari Bumi. Kamu sudah melakukan apa saja untuk membuktikan bahwa kamu mencintai bumi?

Bumi sudah semakin uzur, beberapa kali juga sudah “membuat ulah”–yang sebenarnya kita juga yang menyebabkannya.

Kalau kamu sempat mengamati, ada beberapa hal menarik terjadi pada bumi selama masa isolasi diri akibat pandemi COVID-19 ini terjadi. Di awal April kemarin, pertama kalinya dalam 28 tahun, udara Jakarta menjadi lebih bersih, menurut laporan United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu nilai PM2,5 rata-rata sebesar 18,46 µg/m3.

Tak hanya itu, sempat ditengarai juga, air di kanal-kanal sungai di Venesia Italia menjadi lebih bening dari biasanya, ikan lumba-lumba juga terlihat berenang lebih dekat ke pantai-pantai di sana. Pun terlihat rusa-rusa dengan santainya berkeliaran di jalanan di Jepang, demikian juga monyet-monyet di Thailand, karena berkurangnya jumlah manusia yang berkegiatan di luar rumah. Tiongkok bahkan memecahkan rekor penurunan polusi udara paling signifikan sepanjang sejarah.

The earth is healing! Thanks to Corona (?). Jangan-jangan selama ini, manusialah yang seharusnya disebut sebagai virus. Virus untuk bumi, bikin penyakit.

Well, it’s just a thought sih. However, kita bisa terus kok mencintai bumi dengan melakukan beberapa hal kecil berikut ini. Tak hanya dilakukan di Hari Bumi seperti hari ini, tetapi seharusnya bisa kita lakukan sepanjang tahun. Hal-hal berikut ini tak hanya bisa membuktikan cinta kita pada bumi, tetapi juga cinta kita pada dompet dan tabungan lo!

7 Hal untuk Mencintai Bumi

Menghindari Jeratan Utang Kartu Kredit, Ini 7 Tipnya!

1. Gunakan i-banking

Memang sesepele itu untuk mencintai bumi, seperti lebih banyak memanfaatkan i-banking alih-alih wira-wiri ke bank atau ATM. Mengurangi keharusan keluar rumah, jadi mengurangi polusi, dan juga hemat nggak perlu beli bensin.

Ayo, aktifkan i-banking-nya buat yang belum. Banyak fitur yang bisa kita gunakan ketimbang bolak-balik ke bank atau antre di ATM.

2. Going paperless

Salah satu contoh going paperless yang bisa kita lakukan adalah memilih untuk menerima tagihan atau laporan apa pun melalui email, ketimbang menerimanya dalam bentuk surat kertas.

So, kalau bisa memilih, pilihlah yang bisa dikirimkan via email ya. Memang sepele banget sih, tetapi cukup besar artinya untuk bumi.

7 Pengeluaran Rumah Tangga yang Sering Bikin Bocor Dadakan dan Tanpa Sadar

3. Belanja dari pebisnis lokal

Sekarang ini, di grup WhatsApp RT dan RW, juga grup WhatsApp wali murid sekolah sering banget ada promosi lewat, mulai dari frozen food, beras, lauk-pauk, camilan beku, sampai sayur dan buah.

Kalau ada yang dibutuhkan, beli saja dari mereka. Selain membantu tetangga kiri-kanan dan teman-teman jadi laris dagangannya, kita juga membantu perputaran bisnis pengusaha lokal.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara kita untuk mencintai bumi lo. Dengan membeli dari petani dan pebisnis lokal, berarti kita telah mendukung pemotongan jalur ekspedisi yang berpengaruh juga pada lingkungan. Less travel, less energy, less polution, right?

Lagi pula, yang lokal biasanya harganya juga lebih ramah di dompet kan?

4. Minimalkan air minum kemasan

Jika bepergian, selalulah membawa tumbler berisi air mineral dari rumah. Jangan terlalu mengandalkan untuk membeli air minum kemasan dalam botol di perjalanan.

Selain menambah jumlah sampah plastik, dengan membawa air minum sendiri, kita juga menghemat uang jajan. Tahu nggak sih, air minum kemasan ini merupakan salah satu “pencuri” terbesar yang bikin dompet kita bocor halus lo.

9 Istilah Keuangan Pribadi Paling Sederhana yang Harus Dipahami

5. Hemat air dan listrik

Matikan keran segera jika air sudah selesai digunakan. Cucilah piring dengan air yang sudah ditampung pada ember, alih-alih membiarkan air mengalir terus dari keran. Sirami tanaman dengan air bekas cucian beras–selain menghemat air, tanaman juga mendapat tambahan nutrisi dari beras. Jadi makin subur.

Begitu juga dengan listrik. Matikan lampu yang tidak terpakai, begitu juga dengan AC.

Hemat air, hemat listrik, bikin dompet hemat, pun menjadi cara terbaik untuk mencintai bumi.

6. Tanam tanaman yang menghasilkan di rumah

Hari gini, nggak perlu halaman yang luas untuk bisa menanam di rumah. Kamu bisa membuat taman vertikal, atau malah mencoba membuat akuaponik atau hidroponik. Tanamlah tanaman-tanaman yang dapat menghasilkan buah, daun, atau apa pun itu yang bisa kita manfaatkan. Mulai dari tomat, selada air, cabai, tanaman obat-obatan keluarga, sampai kangkung, bisa kok kita tanam sendiri di rumah.

Yang diperlukan hanya ketelatenan dan rasa cinta saja dari kamu.

7 Hal untuk Mencintai Bumi, Sekaligus Mencintai Dompet Kita

7. Donasi ke NGO lingkungan hidup

Kalau mampu, kamu pastinya bisa berbuat lebih banyak lagi untuk mencintai bumi. Misalnya donasi ke NGO yang mendedikasikan diri untuk merawat bumi, seperti Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, WWF Indonesia, Borneo Orangutan Survival Foundation, Yayasan Badak Indonesia, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mencari informasi di website-website resmi mereka, dan menyumbang sesuai kemampuanmu.

See? Cukup mudah kan untuk mencintai bumi? Mencintai dia saja bisa kok, masa susah sih mencintai bumi yang sudah memberikan kita segala yang dia punya?

Saat kita mencintai bumi, saat itu pula kita juga mencintai tabungan kita lo! Karena pada dasarnya, kita akan kembali ke alam, memanfaatkan apa yang ada alih-alih menggunakan uang kita untuk hal yang kurang perlu.

Sekali lagi, Selamat Hari Bumi ya! Mari mencintai bumi dengan lebih lagi.

Yuk, belajar mengelola keuangan dengan lebih baik lagi! Ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial, pilih sesuai kebutuhanmu.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch