Personal, Articles

Oreo Supreme: Simbol Gaya Hidup Baru 2020?

Gimana rasanya makan biskuit seharga Rp500.000 at least? Itulah yang lagi nge-hype saat ini. Kalau kamu berkunjung ke martketplace terkenal Indonesia, kamu akan bisa menjumpai Oreo Supreme ini dibanderol dengan harga Rp500.000 – Rp600.000.

Di Ebay, di mana semua produk dijual secara lelang, Oreo Supreme bisa laku seharga USD18,000, atau setara Rp269 juta per bungkus. Bahkan, update terbaru dari Forbes, masih di Ebay saat artikel ini ditulis, Oreo Supreme ditawar tertinggi di harga USD96.100, alias setara dengan Rp1,4 M!

Mahal banget ya? Tapi, teteup banyak yang beli tuh. Bahkan harganya semakin meningkat, sebagai bukti bahwa demand semakin banyak sedangkan stok hanya terbatas.

Mengapa Oreo Supreme Bisa Semahal itu?

Oreo Supreme: Simbol Gaya Hidup Baru 2020?

Oreo Supreme merupakan produk kolaborasi antara biskuit Oreo–yang memang jadi favorit banyak orang–dengan brand streetwear yang sangat populer di kalangan anak muda, terutama para hypebeast, Supreme.

Supreme, yang berawal sebagai underground brand di Amerika Serikat ini, kini memang sudah menjadi pop culture urban kekinian dengan valuasi perusahaan senilai jutaan dolar.

Konon, Oreo Supreme ini merupakan salah satu produk yang dikeluarkan khusus untuk menyambut musim panas 2020, diproduksi secara eksklusif dan terbatas. Dengan kombinasi ini–Supreme dan para pembeli loyalnya, dan biskuit Oreo yang juga memiliki penggemar tersendiri–rupanya melahirkan hype baru yang luar biasa, dan menular begitu cepat ke seluruh dunia bak virus corona.

Simbol Gaya Hidup

It’s not just about Oreo–biskuit yang enak dimakan dengan dicelup-celup ke dalam segelas susu–dan Supreme–merek fashion dengan gaya skater dan hiphop. Ini adalah soal apa yang diwakili oleh produk tersebut; eksklusif, terbatas, dan status sosial.

Begitulah kita sekarang. Apa yang bisa kita tampilkan di media sosial, menjadi “presentasi” karakter dan citra kita. Adalah penting untuk memberikan impresi istimewa bagi orang lain, demi “menanamkan” siapa diri kita di benak mereka.

Apalagi beberapa influencer juga sudah mereview biskuit Oreo merah menyala ini di akun media sosial mereka, seperti Rachel Goddard, Rachel Vennya, Nabila Zirus, hingga Kekeyi. Rasanya, sudah sahih banget jadi anak muda kekinian kalau sudah memiliki juga apa yang influencer punya. Kalau di feed kita juga ada barang yang sama dengan para selebgram ini rasanya kekerenan meningkat 7 kali lipat deh.

Tetapi, ini juga berarti, ketika ada tren lain yang datang, maka bisa saja Oreo Supreme tinggal sejarah. Secepat itu diperbincangkan, secepat itu pula dilupakan. Sama seperti tren gelang karet rainbow loom, fidget spinner, Pokemon Go, sampai mannequin challenge. Ada yang masih ingat, pasti, tapi sudah tak seistimewa itu lagi.

Bukti Ekonomi Masih Bergerak

5 Kesalahan Keuangan yang Justru Kita Lakukan Karena Terlalu Panik

Lalu, apa yang bisa kita pelajari dari viralnya Oreo Supreme–yang sering disebut dengan oreo sultan karena harganya yang di luar nalar manusia biasa ini?

Bahwa ekonomi kita masih bergerak. Bahwa, masih ada orang yang mampu memenuhi kebutuhan eksistensinya dengan membeli produk ini, dan memamerkannya di media sosial.

Tentunya dengan asumsi, bahwa mereka yang mampu membeli Oreo Supreme (semoga) sudah memiliki jaring penyelamat keuangan pribadi dengan sangat baik, mengingat pandemi virus corona ini telah membolak-balikkan ekonomi dunia sebegitu rupa. Dari sini, bisa pula disimpulkan, sudah cukup banyak orang memiliki literasi keuangan yang baik juga.

Hmmm, cukup melegakan, bukan?

Yes, dengan begini, kita jadi punya harapan besar, ekonomi dunia bisa restarting lagi anytime soon!

Tetap Peduli pada Sekitar

Dan, kamu, yang tak mau ketinggalan update tren terbaru dan sekarang juga pengin (atau malah sudah) coba icip-icip Oreo Supreme, jangan lantas melupakan lingkungan sekitarmu.

Masih mau jadi hypebeast dalam kondisi sulit seperti ini? Fine! Namun, coba tengok juga situasi di sekitarmu ya. Berbagilah dengan mereka yang membutuhkan, dan bantulah mereka yang mengalami kesulitan. Karena yang kita perlukan sekarang adalah rasa empati dan solidaritas di antara kita, agar bisa segera keluar dari krisis ini. Krisis ini tidak akan segera selesai jika tanpa campur tangan orang-orang seperti kamu; yang mampu dan masih memiliki daya untuk survive.

So, enggak cuma berburu barang-barang hype, tapi ulurkan juga tanganmu untuk mereka yang membutuhkan.

Jangan Lupa untuk Selalu Punya Dana Darurat!

Strategi Mengembalikan Dana Darurat

Karena QM Financial peduli, maka kamu akan diingatkan kembali untuk selalu memiliki dana darurat; dana yang bisa kamu pergunakan di saat-saat darurat atau krisis. Karena hidup kita tidak akan selalu baik-baik saja ke depannya.

Bagus jika dalam krisis keuangan kali ini, penghasilanmu tidak terpengaruh. Bagus, jika sekarang kamu masih mampu membeli sebungkus Oreo Supreme seharga Rp500.000. Anggaplah ini sebagai berkah, dan sudah menjadi rezekimu. Tetapi, ada baiknya enggak lupa menyiapkan diri untuk berbagai situasi buruk. Toh, hidup manusia katanya kan bagai roda; berputar, kadang di atas, kadang pula berada di bawah.

So, sebagus apa pun kondisimu sekarang, tetaplah siap suatu waktu harus menghadapi kondisi sulit juga. Salah satunya dengan menyiapkan dana darurat.

Yuk, belajar mengelola keuangan dengan lebih baik lagi! Ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial, pilih sesuai kebutuhanmu.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Hubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial adalah sebuah perusahaan perencana keuangan independen yang terus berkembang. Jika Anda memiliki passion dalam perencanaan keuangan, Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch