Articles, Investasi, Obligasi, Personal

Obligasi Ritel ORI017 Sudah Ditawarkan: Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Investasi

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung dengan jumlah kasus positif yang semakin banyak, pemerintah menawarkan ORI017–salah satu jenis obligasi ritel untuk dibeli oleh masyarakat.

Dibuka hari Senin tanggal 15 Juni 2020 lalu, penawaran ORI017 berlangsung sampai dengan 9 Juli 2020 mendatang.

Gimana, kamu tertarik untuk ikut berinvestasi di obligasi ritel keluaran pemerintah ini? Atau, pengin tahu dulu, apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? Boleh bangetlah kalau memang mau cari-cari info dulu.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu dan jadi alasan mengapa kamu sebaiknya ikut berinvestasi di ORI017 ini.

5 Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu Ikut Investasi di Obligasi Ritel ORI017 Ini

5 Hal tentang Alokasi Arus Kas di Masa Karantina Mandiri

1. Akan dipergunakan untuk penanganan pandemi COVID-19

Mungkin kamu sudah tahu, bahwa setiap kali negara menawarkan surat utang, baik obligasi ritel maupun saving bond, selalu dibuka pula dananya bakal digunakan untuk apa. Dari mulai digunakan untuk pembangunan infrastruktur hingga mengembangkan sarana dan prasarana untuk kepentingan kita sendiri juga.

Nah, untuk kali ini, ORI017 ditawarkan pada masyarakat, dengan dana nantinya akan digunakan untuk pembiayaan penanganan COVID-19 yang sudah makan banyak korban.

So, kalau kamu pengin ikut ambil bagian untuk mengatasi COVID-19 dan juga dampak-dampaknya yang sudah sangat meluas, nah, sekarang kesempatanmu.

2. Investasi aman

Siapa yang enggak percaya dengan pemerintah negaranya sendiri? Semoga sih, kamu masih percaya akan kemampuan dan niat baik pemerintah kita untuk memulihkan ekonomi yang terpuruk belakangan, dengan peluncuran obligasi ritel ini.

ORI017 merupakan instrumen investasi yang sangat aman, meski ya tetap saja ada risikonya.

Risiko terbesar yang mungkin terjadi adalah munculnya capital loss ketika kamu menjual ORI017 dengan harga yang lebih rendah ketimbang saat membelinya. Hal ini bisa terjadi jika kamu memperdagangkan ORI017 di pasar sekunder.

Ini memang merupakan salah satu pembeda terbesar antara obligasi ritel dengan saving bond ritel. Satunya bisa diperdagangkan di pasar sekunder, sedangkan yang lainnya enggak. Kapan-kapan kita bahas khusus mengenai perbedaan antara keduanya ya, biar kamu semakin paham kalau pengin fokus berinvestasi di instrumen milik pemerintah ini.

Nah, meski ada risikonya, tetapi terbilang sangat kecil–bahkan lebih kecil ketimbang reksa dana pasar uang, karena adanya jaminan dari pemerintah.

Pembagian Dividen: Apa yang Harus Kamu Tahu?

3. Sangat terjangkau

Untuk bisa berpartisipasi di penawaran obligasi ritel pemerintah ini, kamu bisa mulai dari Rp1 juta saja, dan maksimalnya sampai Rp3 miliar.

Cukup terjangkau kan?

Cek dengan tujuan keuanganmu ya, karena ORI punya jatuh tempo selama 3 tahun, berbeda dengan SBR yang “hanya” 2 tahun. Selain itu, obligasi punya holding period, ketika investor tidak boleh memindahbukukan ORI sebelum batas waktu tertentu. Sehingga meski bisa ditransaksikan di pasar sekunder, kamu enggak bisa cepat-cepat menjualnya.

4. Dapat diperdagangkan

Nah, ini sudah beberapa kali disebutkan di atas, bahwa obligasi ritel bisa diperdagangkan di pasar sekunder, tentunya setelah beberapa waktu kemudian ya. Sesuai dengan holding period-nya. Untuk ORI017 ini, masa holding period-nya adalah 2 kali jatuh tempo pembayaran kupon yang diterimakan setiap tanggal 15.

Jika kamu bisa menjual ORI017 yang kamu miliki dengan harga yang lebih tinggi, maka kamu akan bisa mendapatkan capital gain.

Meski demikian, kamu harus paham betul akan kondisi pasar jika berminat untuk menjual ORI017 di pasar sekunder, karena harganya akan mengikuti harga pasar. Apalagi jika kamu sebenarnya niat berinvestasi di obligasi ritel demi mendapatkan kupon rutinnya setiap bulan selama 3 tahun. Begitu ORI017 ini kamu jual, kamu tidak akan bisa mendapatkan kuponnya lagi loh.

Jadi, ada banyak pertimbangan untuk dipikirkan sebelum kamu memutuskan untuk menjualnya, dan pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Obligasi Ritel ORI017 Sudah Ditawarkan: Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Investasi

5. Mudah

Untuk bisa ikut partisipasi dalam investasi obligasi ritel pemerintah ini caranya gampang banget kok. Kamu tinggal hubungi saja mitra distribusi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

Nah, kamu bisa melihat siapa saja mitra distribusi yang sudah ditunjuk pemerintah ini di website milik Kementrian Keuangan RI ini. Di situ juga sudah ada penjelasan lengkap mengenai prosedur pembelian. Kamu enggak perlu khawatir kesulitan, karena memang gampang banget.

So, sudah mulai paham tentang cara kerja obligasi ritel khususnya ORI017 ini kan? Sudah siap untuk ikut menyumbang negara dalam penanganan dampak COVID-19?

Good luck ya!

Yuk, belajar mengelola keuangan dengan lebih baik lagi! Ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial, pilih sesuai kebutuhanmu.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch