Articles, Korporasi, Training

Menghadapi Kenormalan Baru: 5 Hal Keuangan yang Harus Didorong dari Karyawan

Menghadapi kenormalan baru atau the new normal, mau enggak mau kita pun harus melakukan beberapa hal agar bisa beradaptasi dengan baik. Demikian juga, hal ini sebaiknya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan demi membantu karyawannya untuk siap.

Mengapa? Karena memang ada banyak hal yang berubah saat ini. Misalnya saja, bisnis perusahaan harus punya strategi baru, sehingga mau enggak mau juga memengaruhi operasional internal. Padahal perubahan tidak selalu mudah dijalani.

Setidaknya, karyawan harus pula dibantu untuk meningkatkan kualitas hidupnya masing-masing, sehingga mereka dapat mencapai keamanan finansial. Sudah tahu kan, bahwa ada survei yang menyatakan, bahwa 92% karyawan akan dapat bekerja dengan optimal dan happy ketika mereka mendapatkan rasa aman secara finansial?

Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk membantu karyawannya siap menghadapi kenormalan baru–yang tentunya–dari sisi finansial?

5 Hal yang Bisa Dibekalkan oleh Perusahaan pada Karyawan untuk Menghadapi Kenormalan Baru

Menghadapi Kenormalan Baru: 5 Hal Keuangan yang Harus Didorong dari Karyawan

1. Pengelolaan gaji

Banyak hal yang harus diubah ketika kita menghadapi kenormalan baru. Perusahaan pun harus berbenah, jika masih ingin terus survive hingga krisis berakhir. Mau tidak mau, hal ini juga akan memengaruhi karyawan.

Beberapa karyawan mungkin harus mengalami pengurangan gaji, karena belum bisa lembur seperti sebelumnya, belum akan ada perjalanan dinas ke luar kota, dan sebagainya; yang akhirnya mengurangi peluang karyawan untuk mendapatkan insentif, bonus, dan lain sebagainya.

Mau tak mau karyawan harus bisa hidup dari gaji pokok. Dengan keterampilan pengelolaan gaji yang baik, hal seperti ini seharusnya tidak menjadi masalah. Karena gaji besar atau kecil, mendapatkan bonus atau tidak, semua kunci soal keuangan karyawan ada pada pengelolaan gaji.

So, perusahaan dapat memberikan dorongan bagi karyawan untuk bisa mengelola gaji dengan lebih baik lagi untuk menghadapi kenormalan baru.

2. Bangun dana darurat

Selain pengelolaan gaji, perusahaan juga bisa mendorong karyawan untuk mulai membangun dana darurat.

Masa pandemi membuat kita belajar, bahwa kita harus memiliki dana cadangan ketika sewaktu-waktu pemasukan berkurang. Dengan adanya jaring pengaman finansial pertama ini, kita bisa memperpanjang napas setidaknya sampai penghasilan stabil lagi, atau sampai menemukan sumber pemasukan lainnya.

Untuk menghadapi kenormalan baru, dan agar tidak mengulangi kesalahan sebelumnya, perusahaan bisa membuatkan tabungan kolektif khusus bagi karyawan, untuk membantu mereka membangun dana darurat. Diskusikanlah dengan karyawan, jika memang memungkinkan.

Begini Cara Memulai Membuat Rencana Keuangan Kamu Sendiri di Tahun 2020

3. Edukasi pentingnya asuransi

Setiap perusahaan pasti sudah menyertakan karyawannya di program BPJS Kesehatan. Mungkin ini memang sudah cukup. Tetapi, ada baiknya, pihak perusahaan mendorong karyawan untuk mengecek, perlukah menambah dengan asuransi kesehatan swasta ataukah bentuk benefit yang lain.

Adalah sangat penting bagi setiap orang untuk memiliki asuransi kesehatan di saat wabah penyakit menyebar seperti ini. Termasuk ketika kita sudah menghadapi kenormalan baru.

Satu hal lagi, yang harus dijadikan reminder untuk para karyawan, apakah mereka semua sudah memiliki asuransi jiwa? Ada loh, survei yang menyatakan, bahwa dari 10 orang produktif di Indonesia, hanya 2 orang saja yang memiliki asuransi jiwa. Wah ….

4. Bangun aset

Adalah penting bagi karyawan untuk dapat membangun aset aktif selagi masih produktif. Untuk apa? Tentu saja, untuk “bekal” di masa depan ketika sudah tidak produktif lagi.

Perusahaan bisa melakukan sedikit survei, berapa persen dari karyawannya yang saat ini sudah siap memiliki aset aktif? Bisa jadi, belum banyak.

Karenanya, selain tentang dana darurat dan asuransi, membangun aset juga menjadi hal keuangan yang harus menjadi concern karyawan dan mesti didukung oleh perusahaan.

Membangun aset tentu saja bukan hal yang mudah bagi karyawan. Tetapi, dengan ikut terlibatnya perusahaan dalam membekalkan hal ini pada mereka, pastinya mereka akan lebih siap untuk memulainya di masa kenormalan baru ini.

7 Cara Belajar Finansial yang Menyenangkan

5. Kelola utang

Utang menjadi salah satu lilitan masalah yang kerap terjadi pada karyawan. Yah, kalau memang utang dilakukan demi tujuan keuangan yang besar dan bisa membuat kualitas hidup lebih baik–misalnya kredit kepemilikan rumah–tentunya hal ini bisa diatur. Karena ini adalah utang produktif.

Yang menjadi masalah adalah jika utangnya adalah utang konsumtif, dan sumber pinjaman uangnya dari rentenir. Wah, bisa jadi disaster. Betul?

Karenanya, penting bagi perusahaan untuk membuat karyawan menyadari pentingnya mengelola utang, mulai dari mengenali jenis utang sampai membuat rencana pembayaran cicilan yang komprehensif.

Melihat kelima hal di atas, ternyata tugas berat juga ya, untuk perusahaan demi bisa menyiapkan karyawannya untuk menghadapi kenormalan baru?

Tenang, ada QM Financial di sini!

Kesemua hal tersebut bisa dipelajari bersama QM Financial dalam sebuah training karyawan yang dikemas interaktif dengan silabus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hubungi kami melalui WhatsApp ke 0811 1500 688. Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas finansial online terbaru.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial adalah sebuah perusahaan perencana keuangan independen yang terus berkembang. Jika Anda memiliki passion dalam perencanaan keuangan, Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch