Personal, Cash Flow

5 Tanda Kamu Sudah Mandiri Secara Finansial

Menjadi mandiri secara finansial tentulah merupakan hal atau cita-cita yang diinginkan oleh banyak orang, terutama mereka yang produktif. Kamu juga ya? Iya dong, pastinya.

Ketika kita bisa mandiri secara finansial–atau sering juga disebut bebas finansial–itu artinya kita bisa hidup tanpa perlu mengkhawatirkan uang lagi. Hmmm, sepertinya hidup bakalan terasa ringan, gitu deh.

Nah, pada tarik napas dan buang napas deh, habis membaca kalimat di atas ya?

Lalu, apa saja sih tanda kita sudah mandiri secara finansial? Mari kita lihat.

5 Tanda Kamu Sudah Mandiri Secara Finansial

6 Jenis Utang yang Biasa Melilit Para Karyawan

1. Bebas utang

Bisa membayangkan enggak, ketika kamu bisa hidup tanpa utang lagi–utang apa pun; utang kartu kredit, utang KTA, utang KPR, utang panci, utang kendaraan, utang hp? Kira-kira rasanya gimana ya?

Pasti rasanya begitu bebas merdeka! Rasanya pasti begitu leluasa! Begitulah tanda pertama kamu sudah mandiri secara finansial.

Utang merupakan salah satu pos pengeluaran terbesar dalam hidup keseharian kita, dan hal ini sebenarnya enggak salah. Karena, dengan utang yang kemudian bisa dikelola dengan baik, kita bisa meraih banyak hal. Keterampilan mengelola utang menjadi salah satu kunci juga untuk kita mewujudkan tujuan finansial.

Ketika utang sudah lunas, itu berarti dua hal: ada pos pengeluaran yang berkurang, dan salah satu (atau beberapa) tujuan keuangan kita sudah tercapai. Karena itu, bebas dari utang terasa begitu mevvah dan memuaskan, sehingga menjadi salah satu tanda mandiri secara finansial.

2. Mampu hidup sesuai gaya dan kemampuan sendiri

Selama kamu masih saja membandingkan diri sendiri dengan orang lain, susah membedakan keinginan dari kebutuhan, dan lapar mata, maka saat itu pula kamu belum mandiri secara finansial.

Bebas finansial berarti kamu sudah tak lagi terpengaruh oleh apa yang dimiliki oleh orang lain, melainkan lebih fokus pada dirimu sendiri. Dan, dengan fokus pada diri sendiri, kamu pun bisa mengenali mana yang menjadi kebutuhan prioritas, sehingga kamu pun lebih bijak mengeluarkan uang.

Dari sini, kamu pun bisa jadi membelanjakan uang lebih sedikit, meski sebenarnya kamu sangat mampu dan penghasilanmu cukup besar. Rasio pengeluaran menjadi sangat terkendali, dan rasio menabungmu menjadi besar.

Gaji Dirahasiakan atau Tidak? Berikut 3 Pertimbangannya!

3. Gaji bukan lagi pendapatan utama

Gaji dari pekerjaan kantoran dan rutin sudah tidak lagi menjadi pendapatan utama bagi orang yang sudah mandiri secara finansial.

Ibaratnya, jika dia terkena PHK atau pemotongan gaji, hal itu tidak serta merta membuatnya bangkrut. Dia bahkan masih bisa survive sampai beberapa tahun tanpa pendapatan aktif kantoran, karena dia memiliki banyak sumber pendapatan.

4. Siap pensiun

Karena gaji dari pekerjaan sudah bukan yang utama lagi, maka kamu pun siap untuk pensiun kapan pun kamu mau. Bisa dibilang, kamu sekarang mungkin masih bekerja dan mendapatkan imbalan materi, tetapi hal itu lebih karena alasan lain. Misalnya saja, kamu punya passion yang kuat di bidangmu itu, sehingga mendapatkan imbalan sudah bukan lagi motivasi utama untuk melakukannya.

Ketika kamu sudah mandiri secara finansial, maka ketika ada orang yang bertanya, “Bulan depan pensiun yuk!”, maka kamu mungkin akan dengan segera mengiyakannya tanpa ragu.

5 Tanda Kamu Sudah Mandiri Secara Finansial

5. Punya proteksi yang cukup

Ketika kamu sudah mandiri secara finansial, maka bisa dikatakan bahwa kamu memang tak mengkhawatirkan lagi soal uang dalam keseharianmu. Bahkan, ketika kamu sakit, kamu juga tak khawatir soal harus menguras tabungan, karena kamu memiliki proteksi yang lengkap.

Begitu juga ketika ada sesuatu yang menimpamu, kamu juga tak khawatir lagi, karena kamu sudah punya asuransi jiwa yang cukup untuk melindungimu (dan orang-orang yang bergantung padamu) dari risiko kerugian finansial yang bisa terjadi.

Ah, betapa bebasnya! Ya kan?

Kamu pengin bisa mandiri secara finansial seperti yang digambarkan di atas? Bisa kok, setiap orang pasti bisa mencapai level bebas finansial seperti ini. Hidup mandiri itu adalah hak setiap orang. Hanya saja, memang perlu kerja keras untuk dapat meraihnya.

Yang pertama kali harus kamu lakukan tentu saja belajar mengelola keuanganmu. Yuk, belajar! Ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial, pilih sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa mulai dulu dengan mengambil kelas Blueprint of Your Money, yang akan memberimu dasar-dasar pengelolaan keuangan yang komprehensif. Kelas ini penting banget karena merupakan fondasi paling dasar dari step by step mewujudkan cita-citamu untuk bisa mandiri secara finansial.

Baru setelah itu, kamu bisa melanjutkan ke kelas berikutnya, yaitu mengelola arus kas, dan kelas-kelas lainnya hingga akhirnya kamu dapat menjadi financial planner untuk dirimu sendiri.

Dengan menjadi financial planner untuk dirimu sendiri, maka saat itu pulalah kamu sudah melakukan langkah pertama menuju mandiri secara finansial.

Segera daftarkan diri ya, dan pilih kelas sesuai kebutuhanmu!

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Satu tanggapan untuk “5 Tanda Kamu Sudah Mandiri Secara Finansial”

  1. […] ini pertanda bagus. Semoga cicilanmu segera lunas, dan kamu pun sudah one step closer menuju kebebasan finansial. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch