Articles

Menjadi Pahlawan Finansial di Masa Resesi

Resesi ekonomi tak terhindarkan lagi. BPS sudah resmi mengumumkan, bahwa Indonesia telah mengalami masa resesi semenjak ada penurunan pertumbuhan ekonomi hingga ke minus 5.32% di kuartal II, dan minus 3.49% pada kuartal III tahun 2020. Tentunya, hal ini membawa pengaruh pada kehidupan kita.

Inilah yang menjadi poin topik hangat dalam Media Briefing yang diadakan oleh QM Financial, Senin, 9 November 2020 yang lalu. QM Financial secara khusus mengajak semua orang, terutama warga negara Indonesia, untuk tetap memandang hal ini dari segi positif dan tetap optimis.

Menjadi Pahlawan Finansial

Menjadi Pahlawan Finansial di Masa Resesi

Terkhusus berbarengan dengan momen Hari Pahlawan 10 November, QM Financial mengajak semua warga Indonesia untuk dapat menjadi pahlawan finansial, yang dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga masing-masing.

Seperti yang dipaparkan oleh Ligwina Hananto, lead trainer QM Financial, bahwa peran kita sebagai Pahlawan Finansial ini sangat penting di tengah masyarakat, karena resesi telah membawa dampak yang luas, dan tak jarang di antaranya merupakan dampak yang negatif.

Namun, hal ini bisa diatasi dengan berusaha bertahan bersama. Kita pastinya ingin agar orang-orang yang berada di sekeliling kita juga mampu bertahan dan akhirnya bisa berdaya secara finansial. Untuk itu, kita akan memerlukan pengetahuan literasi keuangan yang kuat.

Belajar Finansial di Udemy

Tak terlalu sulit, kita semua bisa belajar bersama kok. Di antaranya, QM Financial memiliki banyak saluran edukasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum untuk menambah pengetahuan dan literasi keuangan, sehingga mampu menjadi pahlawan finansial bagi dirinya sendiri, keluarga, maupun untuk lingkungannya. Mulai dari yang berplatform gratis, seperti artikel-artikel di website www.qmfinancial.com, channel YouTube, Instagram, dan Twitter, hingga platform berbayar seperti QM Training–sebuah program pelatihan keuangan khusus bagi karyawan perusahaan-perusahaan–kelas finansial online (FCOS – Financial Clinic Online Series), Financial Dialogue, hingga Udemy–di mana kamu dimungkinkan untuk belajar mandiri tak terbatas ruang dan waktu, tetapi dengan materi yang terkurikulum dengan baik.

Tentunya, sudah tak perlu diragukan lagi kualitas materi literasi keuangannya, karena QM Financial sudah berpengalaman 17 tahun memberikan berbagai edukasi finansial untuk masyarakat Indonesia agar berdaya secara finansial. Tambahan lagi, tepat di momen ulang tahun ke-17 yang lalu, QM Financial juga semakin mantap dan bangga menjadi Your Financial Learning Partner.

Tetap Berdaya Secara Finansial di Masa Resesi

Produk Investasi Seperti Apa yang Paling Pas untukmu?

Bagaimana caranya agar bisa menjadi pahlawan finansial di tengah resesi?

Oleh Emiralda Noviarti, trainer QM Financial, dijelaskan secara terperinci, bahwa kita harus melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Periksa pintu penghasilan. Di kondisi seperti sekarang, banyak orang mengalami penurunan penghasilan, bahkan kehilangan sama sekali. Untuk dapat menjadi pahlawan finansial, maka kita harus memastikan bahwa penghasilan kita aman, sehingga ada uang mengalir masuk untuk kemudian diatur pengeluarannya. Jika dari penghasilan utama ternyata ada kendala, maka kita harus sigap untuk segera mencari peluang yang lain.
  • Atur ulang bujet bulanan, dalam 5 pos pengeluaran utama, yaitu untuk membayar cicilan, belanja kebutuhan hidup, investasi dan tabungan, sosial, serta lifestyle. Dalam masa resesi, kita perlu mengatur ulang agar pengeluaran bisa lebih efektif, tetapi bukan berarti berhenti belanja. Belanja justru harus terus dilakukan, agar roda perekonomian kita terus berputar. Tapi, tentunya, kita harus belanja dengan bijak. Jangan lupa untuk tetap berbagi ya, terutama jika kita masih mampu secara finansial.
  • Amankan dana darurat. Ini penting banget, apalagi di masa resesi seperti ini. Besaran dana darurat tergantung pada kondisi kita masing-masing. Paling ideal adalah 4 kali pengeluaran rutin bagi lajang, 6 kali pengeluaran rutin untuk mereka yang sudah menikah, 9 kali pengeluaran rutin untuk yang sudah berkeluarga dengan anak satu orang, dan 12 kali pengeluaran rutin untuk keluarga dengan 2 anak.
  • Pastikan memiliki proteksi yang cukup, terutama wajib banget memiliki dua asuransi terpenting, yaitu asuransi jiwa (bagi pencari nafkah) dan asuransi kesehatan untuk semua anggota keluarga.
  • Review investasi yang mungkin sudah dilakukan sampai saat ini. Apakah masih on track dengan tujuan dan jangka waktunya?

Sudah banyak orang yang bergabung menjadi pahlawan finansial setelah belajar di kelas-kelas QM Financial. Mereka kini sudah mampu berdaya secara finansial; mandiri, punya tujuan dan rencana keuangan yang realistis dan komprehensif, serta berorientasi pada kebebasan finansial.

Kapan kamu akan bergabung? Yuk, belajar mengelola keuangan dengan lebih baik lagi! Ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial, pilih sesuai kebutuhanmu.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch