Practical Tips

3 Cara Agar Kamu Gak Ketingggalan Berkurban Tahun Ini

Tahun ini, Hari Idul Adha, atau yang lazim dikenal sebagai hari raya kurban, jatuh di hari Senin depan, 12 September 2016. Apakah kamu sudah siap berkurban tahun ini?

Hukum kurban memang sunnah, namun apabila ada rizki berlebih, sebaiknya dilaksanakan sesuai kemampuan, bisa kambing, sapi atau kerbau.

Mungkin sebagian dari kita nggak familier dengan hewan kurban berupa kerbau, ya? Ini memang ada cerita tersendiri. Dulu, di wilayah Jawa Tengah, khususnya daerah Kudus yang dikenal dengan kota kretek, menyembelih sapi merupakan hal yang dilarang. Ketika Islam dibawa masuk ke pulau Jawa, para wali sangatlah menjunjung toleransi beragama. Mayoritas penduduk di masa itu memeluk agama Hindu, sehingga sapi dianggap sebagai hewan yang suci. Karena itu, untuk berkurban pun sapi diganti menjadi kerbau.

Nah, agar kurban tahun ini tidak terlewatkan, simak 3 alternatif cara mudahnya, yuk!

1. Berkurban di Masjid

Bila kita memilih cara ini, kita cukup datang ke masjid terdekat dan menemui panitia kurban yang sudah siap membantu. Kita akan diberikan pilihan untuk berkurban sendiri atau bisa juga bersama-sama (biasanya untuk sapi yang harganya relatif tinggi).

Harga yang dipatok oleh tiap masjid memang bervariasi, di tahun ini berkisar 2-3 juta untuk sapi (1/7 bagian) atau 3 juta untuk kambing. Selain biaya untuk membeli hewan kurban, biasanya juga ada tambahan biaya untuk penyembelihan.

2. Berkurban lewat organisasi atau yayasan sosial

Untuk kamu yang super sibuk, ada beberapa organisasi yang memfasilitasi penyembelihan hewan kurban. Kita bisa menyalurkan uang kurban, diantaranya melalui http://www.dompetdhuafa.org/ (atau ada juga alternatif apps-nya di Google Playstore), https://www.rumahzakat.org/ atau melalui PKPU http://www.pkpu.org/

PKPU sendiri juga memiliki beberapa lokasi gerai kurban, diantaranya di Wisma Pondok Indah dan Pacific Place.

3. Potong sendiri hewan kurbanmu.

Bila kamu memiliki waktu luang, bagaimana kalau kamu mencoba mengelola dan menyalurkan kurbanmu sendiri? Buat panitia kecil untuk mengorganisasikan kurban, mulai dari pembelian hewan kurban, pelaksanaan penyembelihan hingga penyaluran hewan kurban. Hewan kurban bisa disembelih sejak hari Ied, hingga 3 hari sesudahnya, yang biasanya disebut sebagai hari tasyriq.

Nah, silakan pilih sendiri sesuai kemampuanmu. Semoga kurban kita tahun ini berkah dan bermanfaat, aamiin.

Selamat Berkurban!

Syaiful /Finance & Administration

 

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch