Practical Tips

3 TIPS Mudah Untuk Berhemat Saat Harga-harga Naik

Suatu hari tim NET TV datang ke kantor QM Financial. Lalu saya diminta memberikan tips berhemat saat harga-harga naik.

Aduuuuuh! Susah banget lho ngajak orang berhemat.

Apalagi kalau godaan makan enak, pernak pernik lucu dan tiket murah menuju destinasi liburan terus menggoda!

HEY! Jangan kebanyakan gaya dulu deh. Saya sendiri juga gak suka disuruh berhemat. Tapi ada kok waktu-waktu di mana saya merasa perlu ngerem dikit! Begini caranya supaya bisa mudah melakukan penghematan.

  • Potong Pengeluaran Tersier
    Yuk cari mana pengeluaran ‘gak penting’ yang terjadi setiap hari. Itu yang dipotong duluan. Cara mencarinya gini. Bayangkan kalau gak beli barang itu, hidupmu baik-baik saja. Gak happy kali, tapi baik-baik aja. CUT! Saya yakin daftar pengeluaran lifestyle akan masuk ke sini cukup banyak.
  • Cari Barang untuk Substitusi
    Kalau yang ini penghematan di sisi pengeluaran rutin. Gak bisa dihilangkan begitu saja, tapi bisa dicari penggantinya. Mulai dari ganti merek selai coklat, buah impor mahal ke buah lokal murah (iya sedih memang kalau buah impornya yang lebih murah), ganti salon spa mewah ke pijat refleksi di mall belakang rumah, hingga pindah dari taxi ke angkot. Cobain deh. Manfaat mirip, dengan harga lebih rendah.
  • Ubah Kebiasaan Hidup
    It’s not that hard. It’s just your life! Perhatikan cara kita hidup. Kebanyakan gaya atau gak sadar sama pengeluaran? Kalau memang mampu ya gak masalah. Tapi kenyataannya banyak sekali yang mengaku gak bisa menabung. Kebiasaan hidup ini langsung berpengaruh pada besarnya pengeluaran kita. Contoh yang paling sering saya lihat adalah kebiasaan menyalakan AC di rumah. Saat anak-anak libur sekolah, sontak biaya listrik di rumah meningkat. Selama ini anak-anak sekolah dari pagi hingga sore, jadi AC tidak pernah menyala di siang hari. Lalu saya membuat peraturan agar AC hanya boleh menyala di atas jam 2 siang. Dengan begitu biaya listrik bisa dinormalkan kembali. Coba cek cara Anda hidup dan temukan penghematan di sana sini.

3 Tips Mudah Berhemat (3)

Cobain ya. Ada berapa banyak pengeluaran yang berhasil Anda hemat hanya dengan 3 tips mudah di atas? Ada juga nih tips yang lebih manjur lagi supaya bisa konsisten dengan pengeluaran setiap bulan. Coba deh: belajar jujur sama diri sendiri. Apakah kita sudah hidup di gaya hidup yang sudah pantas kita nikmati? Jleb! :p

Selamat mencoba!

 

Ligwina Hananto / @mrshananto / CEO / QM Planner

 


 

Susah  menabung? Jangan banyak alasan. Yuk periksa ada ‘kebocoran’ di bagian mana sih sampai gak bisa menabung.

Konsultasi / jam dengan QMPlanner.

Hubungi: info@qmfinancial.com

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch