Articles, CEO BLOG, Event Review, Personal Views, Plan.id

5 Hal Yang Bisa Kita Pelajari dari Dunia Start Up di Tech In Asia 2017

Tech In Asia 2017

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari pengalaman start up dan dunia digital.

Dunia berubah dengan sangat cepat dan pusat perubahan itu ada pada dunia digital. Sebagai pemilik bisnis, apakah kamu sudah siap berhadapan dengan begitu banyak perubahan yang terjadi di sekelilingmu?

Jangan biarkan dirimu jadi dinosaurus dalam lingkunganmu. Ayo bergabung. Bahkan jika bisnismu bukan bisnis berbasis teknologi, ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari para pegiat start up ini. Silakan simak beberapa poin yang saya temukan saat menghadiri Tech In Asia Jakarta 2017.

  1. Menjadi dot connector

Seperti AirBnB, Agoda, Traveloka, Uber dadn Gojek – salah satu kesempatan terkuat dari dunia digital adalah menjadi platform yang menghubungkan manusia. Platform apa lagi yang saat ini dibutuhkan? Jejeru adalah start up yang memberikan koneksi pada informasi training. Jejuru tidak saja menghubungkan peserta dengan institusi training, tetapi juga memberikan kemampuan kepada perusahaan untuk mengelola kebutuhan training karyawannya.

  1. Bergabung dengan inkubator atau kompetisi

Akui saja, kamu gak mungkin mempelajari segala hal dalam waktu cepat. Padahal waktu adalah sangat penting dalam dunia start up. Dengan bergabung pada inkubator dan kompetisi bisnis, kamu bisa mendapatkan akses pada pendanaan, ilmu dan juga liputan media. Di Boostrap Alley hari ini ada sejumlah start up yang dihadirkan oleh Mandiri Capital FinInspire. Salah satu yang menarik adalah CelenganID. CelenganID mengkonversi uang koin menjadi e-money dan mengedukasi publik tentang masyarakat tanpa uang fisik.

Celengan ID

  1. Jangan takut pada pemain besar (atau kecil)

Menjadi start up – terutama fintech, kemungkinan besar kamu akan dianggap melakukan ‘disruption’ atau menjadi ‘pengganggu’ terhadap industri keuangan konvensional. Jadi apakah kamu akan menjadi kompetitor yang mengacaukan bisnis-bisnis besar? Tidak harus begitu! PasarPolis.com adalah salah satu pemain fintech yang memilih untuk bekerja sama dengan bank-bank besar. Pengguna platform ini tinggal memasukkan data kebutuhan asuransi mereka ke dalam PasarPolis.com dan akan menerima daftar harga terbaik. PasarPolis.com menjalin hubungan kerja sama dengan bank dan melanjutkan permintaan penggunanya ke pihak bank saat membeli asuransi. Dengan begitu, kata kuncinya berubah. Kata kunci di sini bukan lagi soal ‘disruption’ melainkan ‘collaboration’.

Pasar Polis

  1. Menggabungkan Media Sosial dengan Intelijen Artifisial

Sesungguhnya ada lho manfaat media sosial melebih unggahan foto liburan kita. Kombinasi dengan intelijen artifisial, maka kamu dapat menggunakan media sosial menjadi sebuah alat yang serba hebat untuk mengedukasi pasar, mereferensikan produk dan menghubungkan merek dengan pengguna. Inilah yang dilakukan FinStreetstart up asal Thailand yang mengadopsi Facebook Messenger dengan teknologi chatbot. Kamu bisa menghubungi FinStreet dan memberikan pertanyaan finansial. Saat dibutuhkan, chatbot FinStreet akan memberikan tips keuangan tentang bagaimana melunasi kartu kredit, hingga cara memilih kredit kepemilikan rumah.

FinStreet

  1. Pasar tanpa batas

Tentu saja dunia digital memberikan pasar tanpa batas negara. Ini juga artinya ada kesempatan untuk bekerja di pasar di luar lingkup tanah airmu sendiri. Contohnya yang dilakukan Idospa. Start up ini berasal dari Singapura – lokasi di mana spa bukan suatu industri yang terlalu besar. Idospa kemudian memulai operasi mereka di Malaysia dan sudah mengkoneksi lebih dari 1.000 operator spa sebelum hari peluncuran. Sekarang Idospa berekspansi ke Indonesia dan Thailand, dua negara tetangga dengan pasar spa yang lebih happening. Mereka menargetkan lebih dari 2.500 operator spa akan bergabung dalam jejaring ini.

Nah itu dia. Saat kamu berpikir, mari menggantung cita-cita setinggi langit, coba pikir kembali. Cita-citamu bisa terwujud lebih tinggi dari langit. Dunia digital tersedia untuk memberikan kita kesempatan bereksplorasi di luar batas konvensional.

Apakah kamu sudah siap bergabung dalam dunia tanpa batas ini? Bisnismu mungkin bisa jadi kendaraan untuk dirimu menjadi warga dunia.

Versi bahasa Inggris tersedia di ligwinahananto.com

Hubungi WA 08111500688 untuk mendapatkan pelatihan keuangan usaha sekarang!

related articleFinTech Start Up

SHARE THIS ARTICLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch